SERPONG_KESEHATAN_MENGENAL-BAHAYA-DAN-PENANGANAN-BRUXISM_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Kesehatan

Mengenal Bahaya dan Penanganan Bruxism

Sebagian orang pasti pernah menggeremetakkan atau menekan gigi tanpa sadar, terutama saat tidur. Dalam istilah medis, kondisi tersebut disebut bruxism. Di mana kondisi yang tidak normal pada rongga mulut yang ditandai dengan gerakan-gerakan clinching (mengatupkan gigi pada rahang atas-bawah) dan branching (menggemeretek gigi).

Seperti dilansir dari ekahospital.com, laman resmi Rumah Sakit Eka Hospital BSD City pada Kamis (11/10/2018), bruxism merupakan kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari dan biasanya dilakukan pada saat tidur. Umumnya, pada tidur akan terdengar suara gigi geligi beradu. Karena terjadi sangat kuat, maka hal tersebut akan menimbulkan masalah kesehatan gigi, bahkan menyebabkan komplikasi masalah oral lainnya.

#R#

Gejala Bruxism

Pasien mengidap kebiasaan bruxism ditandai dengan sering mengeluh pusing. Ketika bangun tidur pun akan selalu merasa lelah, sulit membuka mulut lebar karena rahang terasa kaku, dan dapat menyebabkan kelaian pada tulang dan rahang sendiri.

Khusus pada anak, kebiasaan ini akan menyebabkan masalah dalam maloklusi atau hubungan antara rahang atas dan bawah yang menyimpang dari bentuk normal. Hal itu dikarenakan pertumbuhan gigi posterior, yakni gigi pengunyah makanan yang tak sempurna dapat menyebabkan menurunnya pertumbuhan vertikal dari gigi pengunyah bagian atas.

#R#

Tak hanya itu, beberapa gejala juga timbul pada bagian rongga mulut. Di antaranya email gigi akan retak, gigi depan dan belakang lebih pendek, kerusakan jaringan pendukung gigi, dan terdapat kegoyangan pada gigi.

Penanganan Bruxism

Untuk penanganan dan perawatan kasus bruxism, pasien akan dibuatkan alat khusus dental guard atau night guard sesuai dengan susunan gigi gelili penderita. Alat ini akan digunakan pada saat tidur untuk mencegah kerusakan lebih lanjut sekaligus menghentikan penderita dari kebiasaan tersebut.

Alat tersebut dibuat dari ermoplasty yang memiliki struktur lapisan yang keras pada luar permukaan dataran kunyahnya sehingga dapat menekan tekanan yang berlebihan dari gigi, tetapi memiliki permukaan yang halus pada bagian sampingnya. Sehingga memberikan kenyamanan pada gusi dan gigi pada saat digunakan sewaktu tidur.

Nah, bagi Anda yang tanpa sadar kerap melakukan kebiasaan tersebut atau mengalami bruxism, segeralah konsultasi ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tak kita inginkan.

[Baca Juga: Ingin Gigi Terlihat Cantik? Ikuti Tips Berikut Ini]

[Baca Juga: Dokter Gigi RS Pondok Indah Favorit Anak-anak]

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  4 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.