Mengenal Boderline Personality yang Dialami Ariel Tatum

Kesehatan

Mengenal Boderline Personality yang Dialami Ariel Tatum

Ariel Tatum yang Anda kenal sebagai aktris dan penyanyi ini didiagonosa memiliki gangguan kesehatan mental. Arien dinyatakan memiliki Boderline Personality Disorder (BPD) atau kepribadian ambang sejak usianya 13 tahun. Melalui tayangan Youtube Q&A Metro TV yang dipublikasikan pada 28 Oktober 2019, Ariel mengakui dirinya menderita gangguan kesehatan jiwa BPD.

Mengenal Boderline Personality yang Dialami Ariel Tatum

BPD Biasanya ditunjukkan dengan perubahan suasana hati atau mood yang sangat cepat dan ekstrem atau mood swing. Kemudian ditunjukkan pula dengan perilaku impulsif. Biasanya pernah berada dalam hubungan yang tidak sehat. Melansir laman yourhealthmind.org (29/10/2019), BPD dapat diketahui dengan gejala-gejala sebagai berikut.

  • Takut ditinggalkan orang lain
  • Memiliki hubungan yang luar biasa intens dan tidak stabil
  • Memiliki perasaan rendah diri
  • Bertindak secara impulsif dengan cara yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain
  • Berkali-kali melukai diri sendiri, menunjukkan perilaku bunuh diri, atau berpikir tentang bunuh diri
  • Mudah tersinggung atau cemas
  • Mengalami perasaan terisolasi, merasa kesepian atau hampa
  • Mengalami kemarahan yang luar biasa intens, sehingga tidak mampu mengendalikannya
  • Ketika stres, menjadi sangat curiga terhadap orang lain

[Baca Juga: Mari Ubah Stigma Negatif Terhadap Layanan Kesehatan Jiwa]

Ada beberapa perawatan yang paling sering digunakan untuk mengelola BPD. Berikut penjelasannya yang dirangkum PingPoint.co.id dari borderlinepersonalitydisorder.org (29/10/2019), antara lain:

  1. Dialectical behavior therapy (DBT) fokus pada konsep mindfulness atau memperhatikan emosi saat ini. DBT adalah pengobatan yang paling banyak dipelajari untuk BPD dan yang terbukti paling efektif.
  2. Mentalization-based therapy (MBT) adalah terapi bicara yang membantu orang mengidentifikasi dan memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain.
  3. Transference-focused therapy (TFP) dirancang untuk membantu pasien memahami emosi dan masalah interpersonal mereka melalui hubungan antara pasien dan terapis. Pasien kemudian menerapkan wawasan yang mereka pelajari untuk situasi lain.
  4. Good Psychiatric Management (GPM) terapi ini memberi para profesional kesehatan mental "perkakas" atau alat bantu yang mudah diadopsi untuk pasien dengan gangguan kepribadian yang parah.

Pengobatan tidak dapat menyembuhkan BPD sepenuhnya, tapi dapat membantu mengobati kondisi lain yang sering menyertai BPD, seperti depresi, impulsif, dan kecemasan.

[Baca Juga: Noriyu: Kesehatan Jiwa Generasi Muda Butuh Big Data Pemerintah]

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan self care yang meliputi: olahraga yang teratur, kebiasaan tidur yang baik, makan makanan sehat, minum obat sesuai resep, dan dapat mengendalikan stres. Perawatan diri yang baik dapat membantu mengurangi gejala umum BPD seperti perubahan suasana hati, perilaku impulsif, dan mudah marah.

Jangan sepelekan penyakit mental, karena ini sama pentingnya dengan penyakit fisik. Penyakit mental tidak akan membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain bila segera diatasi atau datang ke ahli psikologi untuk dilakukan terapi. Jangan malu untuk memeriksa kondisi kesehatan mental Anda mulai dari sekarang.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.