Mengenal Budaya Tionghoa Lebih Dekat Lewat Mooncake Festival

Berita Kawasan

Mengenal Budaya Tionghoa Lebih Dekat Lewat Mooncake Festival

13 September 2019 ini bertepatan dengan hari Mooncake Festival atau Festival Pertengahan Musim Gugur. Perayaan ini merupakan hari raya panen dan salah satu festival terpenting di Tiongkok. Perayaan ini dilaksanakan pada hari kelima belas bulan delapan pada kalender Tionghoa. Jika pada tanggalan Masehi biasanya jatuh pada minggu kedua September atau Oktober. Perayaan ini juga dilaksanakan di Jepang, Korea Selatan, dan Vietnam.

Sejarah Mooncake Festival

Festival ini pertama kali digelar pada zaman Dinasti Xia dan Shang (2.000-1.1600 SM). Pada saat itu masyarakat meminta hasil panen yang baik dengan cara memuja bulan. Pemujaan yang dilakukan petani merupakan ungkapan rasa syukur kepada dewi karena sudah diberikan hasil panen yang berlimpah.

[Baca Juga: Ini Restoran Chinese Food “Jadul” di Kebayoran Baru Jakarta]

Kemudian pada tahun 1127-1279 M orang mulai melakukan tradisi mengirimkan kue bulan kepada keluarga sebagai simbol keutuhan keluarga. Kemudian, tradisi ini makin lama jadi makin populer dan bermunculan kebiasaan lain seperti menanam pohon, menyalakan lentera, dan penampilan tari naga. Keturunan Tionghoa yang menjalankan budayanya dengan erat, saat Mooncake Festival biasanya akan berkumpul bersama keluarga sambil menikmati kue bulan dan arak.

Begini Bentuk Perayaan Mooncake Festival

Biasanya pada perayaan ini, anggota keluarga yang tinggal jauh akan pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga besar. Bisa dibilang, perayaan hari bulan merupakan hari raya terbesar kedua untuk orang Tiongkok setelah Imlek.

Melansir dari berbagai sumber (13/9/2019) Di Tiongkok, warga mengenakan pakaian tradisional dan melakukan upacara untuk penyembahan bulan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk syukur kepada dewi karena mereka masih memiliki keluarga yang utuh dan harmonis.

[Baca Juga: Ini Kuliner Tionghoa Peranakan Langka di Sekitar Glodok]

Masyarakat akan menyalakan lilin berbentuk teratai yang kemudian akan dihanyutkan ke sungai. Biasanya kebiasaan ini dibarengi ucapan doa dan permintaan untuk melancarkan rezeki dan diberikan kehidupan yang sehat serta bahagia. Bahkan, di beberapa wilayah China, masih ada masyarakat yang membuat nasi ketan untuk menjadi penganan manis. Jajan ini akan dibentuk bulan sekaligus menyimbolkan kebersamaan.

Selain itu, masyarakat juga menghiasi jalan, rumah, kantor dengan lentera tradisional yang dibuat dari kertas dan diisi lampu. Penyebutan Mooncake Festival disetiap negara berbeda-beda, di Korea perayaan ini disebut chuseok, orang Jepang menyebutnya dengan Tsukimi, sedangkan di Indonesia menyebutnya dengan Hari Kue Bulan.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.