Mengenal dan Memahami Ular Bersama Yayasan Sioux Indonesia

Berita Kawasan

Mengenal dan Memahami Ular Bersama Yayasan Sioux Indonesia

Mungkin dari Anda masih banyak yang takut dengan hewan yang bernama ular. Hewan melata tersebut dikenal sangat mematikan. Apalagi jika sudah terkena bisanya, efeknya dapat menyebabkan cacat hingga kematian. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba membunuh ular saat hewan tersebut ada di dekat manusia.

Atas keprihatinan terhadap ular-ular tersebut, empat aktivis pramuka akhirnya membentuk gerakan yang dinamakan Sioux Indonesia pada tahun 2008. Lembaga non-profit ini bertujuan untuk mengubah paradigma negatif masyarakat tentang ular. Padahal menurut ketua Yayasan Sioux Indonesia, Aji Rachmat, ular tidak akan menyerang manusia jika tidak merasa terancam.

[Baca Juga: Begini Cara Waspadai Serbuan Ular Pada Musim Hujan]

Berdasarkan wawancara via telepon oleh PingPoint.co.id (12/12/2019), Aji menjelaskan, berdirinya Sioux Indonesia juga untuk meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan masyarakat terhadap ular. Harapannya adalah agar masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam mencegah kepunahan ular.

Mengenal dan Memahami Ular Bersama Yayasan Sioux Indonesia

Sioux Indonesia sendiri memiliki salah satu tim yang bertugas untuk menangani situasi darurat. Seperti misalnya jika ada ular yang tiba-tiba masuk ke dalam rumah warga. Tim yang diberi nama Sioux Snake Rescue atau disingkat tim SSR ini siap datang untuk melakukan sweeping dan mengamankan ular tersebut dari rumah ke tempat perlindungan yang lebih aman atau melepaskan ular ke habitat asli.

Selain tim SSR, lembaga ini juga memiliki beberapa program lain seperti memberikan edukasi tentang ular ke berbagai perumahan, sekolah-sekolah dan beberapa instansi. Materi yang dibahas biasanya seputar pengenalan ular hingga materi penanganan dan apa yang harus dilakukan apabila berhadapan dengan ular.

Mengenal dan Memahami Ular Bersama Yayasan Sioux Indonesia

Ada pula program Snake Handling Training. Sesuai dengan namanya, pelatihan ini memungkinkan kalian agar bisa menangani ular. Yayasan ini pun beberapa kali diundang ke perusahaan untuk mengadakan Snake Handling Training.

Terakhir, Yayasan Sioux Indonesia juga terus memperbarui pengetahuan mereka dengan sering mengadakan riset yang kemudian diarsipkan menjadi sebuah katalog yang diberi nama Katalog Ular Indonesia.

[Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Gigitan Ular?]

Sementara itu untuk para relawan, Aji mengatakan, yayasan yang dipimpinnya itu aktif membuka sistem volunteer atau kerelawanan sejak tahun 2004. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 750 relawan yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia.

Bagi kalian yang membutuhkan jasa Sioux Indonesia, kalian bisa menghubungi Sioux Snake Rescue (SSR) di nomor 0817-6800-446. Atau bisa juga mengakses Instagram Sioux Indonesia di @ular_Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.