Mengenal Dan Mengetahui Khasiat Artemisia Argyi

Kesehatan

Mengenal Dan Mengetahui Khasiat Artemisia Argyi

Artemisia Argyi adalah tanaman abadi , tegak keabu-abuan, herba setinggi sekitar satu meter, dengan cabang pendek dan rimpang yang merayap. Tumbuhan asli ini berasal dari Cina, korea, Jepang, Mongolia, dan Timur Jauh Rusia. Tanaman ini tumbuh di lereng gunung yang kering, tepi sungai yang curam, tepi kayu oak, semak belukar pantai, gurun dan sepanjang tepi jalan.

Melansir dari beberapa literatur, Artemisia Argyi umumnya dikenal dengan wormwood. Dalam penggunaan tradisional tanaman ini memiliki serat halus yang digunakan sebagai bahan pengikat untuk stempel atau segel. Selain itu, tanaman Ini memiliki kemampuan untuk menahan minyak dan pigmen cinnabar atau batu mineral tanpa pengeringan selama beberapa dekade.

Mengenal Dan Mengetahui Khasiat Artemisia Argyi

Tanaman ini bisa dijadikan bahan sayuran untuk makanan. Biasanya orang Cina menjadikan olahan makanan seperti tumisan, sup, bahkan campuran adonan bakpao. Tak hanya sekedar bahan panganan saja, mengonsumsi Artemisia Argyi ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan manusia. Sekarang telah banyak produk kesehatan yang mengandung ekstrak Artemisia Argyi yang dapat Anda dapatkan di toko online. Dijual mulai dari produk kesehatan untuk tubuh sampai perawatan kecantikan.

[Baca Juga: Minuman Kesehatan dari Algaseries Disarankan Bagi Atlet Muda]

Penasaran apa saja khasiat yang terkandung dalam Artemisia Argyi? Dalam artikel kali ini, PingPoint.co.id akan menjelaskan manfaatnya kesehatan bagi manusia, yaitu dalam pengobatan tradisional Tiongkok, Artemisia Argyi dianggap memiliki sifat pahit, menyengat dan hangat, fungsi terkait dengan meridian hati, limpa dan ginjal. Jadi tanaman ini bagus untuk kesehatan hati, limpa dan ginjal. Tak hanya itu, kandungan antiseptik yang terdapat di dalamnya bermanfaat sebagai obat penurun panas dan obat penahan darah. Ramuan ini juga dapat meningkatkan suplai darah ke daerah panggul serta merangsang menstruasi, membantu mengobati infertilitas, dismenore, asma, dan batuk.

[Baca Juga: 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan]

Kegunaan lain adalah moksibusi atau pengobatan akupunktur, dimana ramuan tersebut dibakar dalam ujung jarum akupunktur. Selain itu, daunnya memiliki sifat antibakteri serta mengandung minyak atsiri yang bermanfaat bagi kesehatan dan dapat digunakan menjadi pengobatan asma dan bronkitis. Penelitian telah membuktikan aksi antibakteri dari daun ini efektif melawan bakteri jahat dalam tubuh. Adapun khasiat lain adalah untuk kecantikan kulit, produk yang mengandung ekstrak ini dapat melembapkan dan mengencangkan kulit.

Jika Anda ingin mencoba, Anda mungkin bisa coba dulu seperti pelembap bibir, minyak esens, atau foot patch. Sekarang sudah banyak terjual produk-produk ekstrak Artemisia Argyi. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.