TEBET_KAWASAN_MENGENAL GOAL BALL CABOR BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018 UNTUK ATLET TUNANETRA_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-04.jpg

Berita Kawasan

Goal Ball, Cabor Baru Atlet Tunanetra di Asian Para Games 2018

Setelah Boccia, adalagi cabang olahraga khusus yang baru dimainkan di Asian Para Games 2018. Cabang olahraga baru ini bernama goal ball. Berbeda dengan boccia yang dimainkan oleh atlet penyandang celebral palsy, goal ball dimainkan oleh atlet tunanetra.

Goal ball termasuk dalam 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Para Games 2018. Dalam permainan ini, para atlet harus mengandalkan indera pendengaran mereka. Menurut Internasional Blind Sport Federation (IBSA) yang dilansir dari juara.bolasport.com, goal ball pertama kali dikenalkan di Austria oleh Hanz Lorenzen dan German Sepp Reindle pada tahun 1946 lalu.

Olahraga ini dibuat dalam rangka bentuk rehabilitasi korban perang dunia kedua yang mengalami kebutaan. Tahun 1976, goal ball secara resmi masuk ke cabang olahraga yang dipertandingkan di Paralimpiade.

Goal ball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau perorangan yang saling berhadapan dengan dua kategori yaitu putera dan puteri. Goal ball dimainkan dengan menggelindingkan bola ke arah gawang lawan. Sedangkan lawan akan menjaga gawang untuk menghindari bola yang datang agar tidak masuk. Sama seperti sepak bola, pemain yang berhasil memasukkan bola ke gawang akan mendapatkan poin.

TEBET_KAWASAN_MENGENAL GOAL BALL CABOR BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018 UNTUK ATLET TUNANETRA_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-03.jpg

Jika permainan ini dilakukan secara beregu, tim akan terdiri dari tiga orang yang bertugas untuk menjaga gawang yang berukuran memiliki ukuran 9 m dan tinggi 1,3 m. Goal ball memiliki tiga area, yaitu landing, netral, dan team area.

Landing area adalah area depan garis gawang, netral area yang berada di tengah lapangan dan team area merupakan daerah gawang. Pemain yang bertugas melempar bola harus mengenai landing area supaya terhitung poin. Durasi pertandingan goal ball adalah dua set permainan dalam jangka waktu 12 menit.Pemain bisa berganti sebanyak tiga kali tiap timnya.

Karena permainan ini mengandalkan indera pendengaran, semua pengunjung yang ada di arena pertandingan tidak diperkenankan untuk mengeluarkan suara. Karena suara sekecil apapun yang dikeluarkan bisa menganggu pemain. Permainan akan dimulai jika wasit mengucapkan kata ‘play’. Jika pemain mencetak poin, maka wasit akan berisul sebanyak dua kali.

TEBET_KAWASAN_MENGENAL GOAL BALL CABOR BARU DI ASIAN PARA GAMES 2018 UNTUK ATLET TUNANETRA_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-01.jpg

Untuk menyelenggarakan permainan ini, pemain membutuhkan kacamata google dan bola. Tidak seperti bola pada umumnya, bola pada goal ball biasanya terbuat dari karet mirip bola dalam permainan bola basket. Namun bola ini di desain agar tak memantul terlalu tinggi. Kacamata yang digunakan atlet bufungsi melindungi mata atlet dari bola.

Sebelumnya, tim Indonesia pernah mengikuti pertandingan ini pada Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Namun sayang, pada ajang ini timnas belum meraih medali. Diharapkan pada ajang Asian Para Games 2018 di Indonesia cabang olahraga ini akan menyumbangkan medali. Pertandingan goal ball akan dilaksanakan di Balai Kartini, Jl. Gatot Subroto No.Kav. 37, RT.6/RW.3, Kuningan, Kuningan Timur, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950.

Read More

Artikel Lainnya

Lagu Kembali Ke Awal Ciptaan Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

Berita Kawasan

Kembali Ke Awal Karya Glen Fredly Jadi Soundtrack Film Twivortiare

19 July 2019, 21:00  |  10 Views

Setelah merilis lagu Orang Biasa, Glen Fredly kembali merilis single Kembali ke Awal yang juga dijadikan sebagai original soundtrack film Twivortiare dari rumah produksi MD Pictures.

TP PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

Berita Kawasan

Tim Penggerak PKK Bina Kesehatan Keluarga di Tangerang

19 July 2019, 20:00  |  8 Views

PKK memberikan segala macam informasi mulai dari hidup tertib dan teratur, standar gizi dan wawasan kesehatan.

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

Bisnis

Nilai Transaksi di IFRA 2019 Capai Rp793 Miliar

19 July 2019, 19:00  |  7 Views

Nilai transaksi yang dicapai membuat panitia IFRA 2019 semakin optimistis dalam membatu memajukan industri franchise Indonesia melalui pameran berkualitas.

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

Berita Kawasan

Asian Development Tour Siap Digelar di Gunung Geulis Golf

19 July 2019, 18:00  |  7 Views

Turnamen golf Asian Development Tour akan diikuti 144 pegolf dari hampir 20 negara. Turnamen golf internasional ini berhadiah senilai total 75.000 USD.


Comments


Please Login to leave a comment.