ads
PIK_KESEHATAN_MENGENAL IMPLAN KOKLEA DI RS PIK_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Mengenal Implan Koklea di RS PIK

Gangguan pendengaran atau tunarungu acap kali terjadi semenjak lahir terhadap buah hati Anda. Hal ini umumnya dapat mempengaruhi tumbuh kembang mereka akibat terhambatnya proses komunikasi. Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk yang juga dikenal dengan nama RS PIK memiliki solusi yang dapat membantu menangani gangguan ini yang dinamakan ‘Implan Koklea’. Artikel ini akan mengulas mengenai prosedur medis tersebut.

Apa dan Bagaimana Cara Kerja Implan Koklea

Sebelum mengulasnya, ada baiknya bila Anda mengetahui terlebih dahulu siapa penemu dari implan koklea. implan ini pertama kali ditemukan oleh Andre Djourno dan Charles Eyries pada 1957. Namun pada tahap ini, implan tersebut menggunakan teknik stimulasi yang satu saluran.

Implan koklea multichannel modern yang saat ini banyak digunakan sebagaimana dilansir dari laskerfoundation.org merupakan hasil pengembangan profesor dari Australia bernama Graeme Clark pada tahun 1970-an.

[Baca Juga: Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok]

Implan Koklea atau Cochlear Implant merupakan perangkat neuroprostetik yang ditanamkan melalui prosedur bedah untuk membantu orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran berat agar bisa mendengar suara. Metode implan ini mengganti proses mendengar akustik (normal) dengan yang bersifat elektrik.

Implan Koklea bekerja dengan melakukan bypass ke bagian telinga yang rusak dan dengan stimulasi listrik ke syaraf pendengaran. Otak pun akan beradaptasi dengan metode pendengaran tersebut dan akhirnya dapat mengubah sinyal listrik yang masuk ke saraf sebagai suara dengan ini buah hati Anda pun dapat mendengar lagi.

Implan Koklea terdiri dua komponen yaitu luar dan dalam. Berikut ini komponen tersebut:

  • Komponen luar umumnya diletakkan di belakang telinga tapi untuk anak-anak, komponen ini ada juga yang bisa dipasangkan ke pakaian. Komponen ini memiliki bagian yang terdiri dari prosesor suara yang memiliki mikrofon, alat-alat elektronik termasuk cip DSP (digital signal processor), baterai dan kumparan yang mentransmisikan sinyal ke implan di seluruh kulit.
  • Komponen dalam, inilah implan yang ditanamkan di dalam telinga. Implan ini memiliki kumparan yang berguna untuk menerima sinyal, elektronik dan kumpulak elektroda yang ditempatkan di dalam koklea yang berguna untuk merangsang saraf koklea.

Berdasarkan advancedbionics.com, cara kerja implan koklea dimulai dengan ditangkapnya suara di sekitar buah hati Anda oleh mikrofon yang terletak di bagian prosesor suara. Kemudian suara yang telah diolah oleh komponen luar pun dikirim ke bagian implan. Elektroda lalu mengantarkan sinyal suara listrik itu ke syaraf pendengaran.

Manfaat Implan Koklea

Berdasarkan penjelasan laman resmi RS PIK, implan koklea tidak mengobati ketulian secara sepenuhnya. Namun alat ini meningkatkan kemampuan mendengar buah hati Anda sehingga kualitas berkomunikasinya pun membaik.

Implan yang bisa digunakan segala usia ini diklaim tergantung terhadap faktor seberapa lama individu mengalami kondisi gangguan pendengaran. Pasalnya, semakin lama anak Anda menderita gangguan ini maka hal ini akan mempengaruhi daya rangsangan ia untuk mendengar suara dari luar.

Namun umumnya dalam masa enam bulan pertama usai anak Anda menjalani proses penanaman implan koklea, ia akan mulai mengenali berbagai suara. Khususnya, bila Anda terus mengajaknya berinteraksi maka ia akan semakin mengenal rangsangan suara yang dikeluarkan Anda serta keluarga dan dengan ini kemampuan komunikasinya pun dapat semakin meningkat.

Bila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai prosedur ini, Anda langsung bisa mendatangai RS PIK di Jalan Pantai Indah Utara 3, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Anda juga bisa menghubungi klinik implan koklea di RS PIK dengan menghubungi nomor telepon (021) 5885175.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  11 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  5 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads