Hindari 3 Hal Ini untuk Jaga Imunitas Tubuh pada Bulan Ramadan urin

Kesehatan

Mengenal Infeksi Saluran Kemih pada Perempuan

Pernahkah Anda merasa terus-terusan ingin buang air kecil? Atau merasa nyeri saat ingin buang air kecil? Bisa jadi Anda terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau orang Indonesia biasa menyebut anyang-anyangan. Mari kita kenali infeksi saluran kemih bersama Dr. Boy Abidin, SpOG pembawa acara Dr.OZ Indonesia yang bertugas di Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading, saat Acara Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita, Sabtu (26/5/2018).

Infeksi saluran kemih bisa terjadi karena adanya koloni bakteri E-Coli di saluran kemih. Uniknya, penderita ISK atau anyang-anyangan ini lebih banyak wanita dibandingkan pria. Hal ini disebabkan karena saluran pembuangan kecil maupun besar pada perempuan cenderung pendek atau jaraknya dekat, sehingga bakteri lebih mudah berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan Infeksi Kandung Kemih

Selain itu, perempuan yang sedang mengalami keputihan juga sangat berpotensi terkena infeksi saluran kemih karena bakteri penyebab keputihan berpotensi menjalar ke saluran kemih. Sayangnya, ISK ini sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang, padahal kalau Anda biarkan anyang-anyangan bisa menyiksa. Selain itu, anyang-anyangan merupakan penyakit yang bisa berulang. Walaupun sempat mereda, tapi bisa saja Anda kembali terkena Infeksi Saluran Kemih.

Menurut Dr. Boy Abidin, SpOG (K) yang bertugas di rumah sakit yang tak jauh dari Hotel Harris Kelapa Gading ini infeksi saluran kemih dibagi ke dalam dua tingkatan. Pertama adalah tingkatan bawah, di tingkat ini Anda mungkin masih bisa menyepelekan karena gejalanya terlihat tak terlalu serius. Gejala yang biasa timbul di tingkatan bawah adalah buang air kecil terasa perih, tidak bisa menahan pipis, BAB biasa dilakukan di malam hari, dan pipis tidak tuntas.

[Baca Juga: Mengenal Infeksi Saluran Kemih pada Perempuan]

Sedangkan infeksi saluran kemih bagian atas, jauh lebih buruk gejalanya, karena sudah infeksi yang terjadi mengakibatkan dampak negatif ke bagian tubuh yang lain. Biasanya jika Anda sudah ada di tahap tingkatan atas, Anda akan merasakan gejala demam tinggi, nafsu makan berkurang, menggigil, nyeri pada pinggang, dan mual.

Jika Anda sudah bersih tapi tetap terkena infeksi saluran kemih mungkin Anda kurang minum air putih. Sudahkah Anda minum air putih sesuai anjuran? Jika digeneralisasikan, mengkonsumsi air putih yang ideal dalam sehari adalah 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Perjalanan jauh juga bisa jadi salah satu penyebab Anda terkena anyang-anyangan.

Hindari Penggunaan Paper Towel atau Tisu untuk Hal Ini

Kebiasaan menahan buang air kecil saat dalam perjalanan yang menjadi masalah dan harus Anda ubah. Selain itu, aktivitas seksual juga menjadi jembatan bakteri atau kuman berpindah dari alat kelamin ke saluran kemih. Kemudian adalah diabetes, pengidap penyakit ini juga rentan terkena infeksi saluran kemih karena imunitasnya menurun serta biasanya pasien diabetes sering kali bolak-balik ke toilet.

Perempuan hamil dan menopause juga sangat rentan terkena infeksi saluran kemih. Kehamilan biasanya menyebabkan Anda sering mengalami keputihan sehingga kumannya menjadi penyebab anyang-anyangan. Sedangkan perempuan yang sudah menopause organ intimnya lebih tipis sehingga bakteri lebih mudah masuk.

Dr. Boy Abidin berpesan untuk para perempuan yang sedang hamil, jika sudah merasakan gejala infeksi saluran kemih, sebaiknya segera datang ke dokter. Pasalnya jika tidak ditangani dengan benar, Infeksi Saluran Kemih akan membahayakan bayi. Infeksi saluran kemih ini bisa memicu kelahiran bayi prematur, bayi dengan berat badan rendah, hipertensi, gagal ginjal, preeklampsia, bahkan kematian janin.

[Baca Juga: 7 Penyakit Ini Rentan Menyerang Perempuan]

Untuk itu, perempuan diwajibkan menjaga kebersihan uretra atau saluran pembuangan urin ke luar tubuh. Pada perempuan, lubang saluran ini ada pada vagina, tepatnya berada di atas lubang reproduksi. Cara menjaga kebersihannya perlu lebih ekstra akibat posisinya yang demikian. Yaitu dengan menggunakan toilet yang bersih dan kering; setelah buang air kecil atau besar bersihkan dengan benar dengan gerakan dari atas ke bawah, bukan sebaliknya; setelah dibilas dengan air yang bersih, pastikan bagian selangkangan Anda kering dengan menggunakan tisu atau handuk.

Jika Anda merasakan gejala infeksi saluran kemih, Anda bisa kunjungi dokter kandungan di rumah sakit terdekat atau kunjungi Dr. Boy Abidin, SpOG dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.