Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik

Kecantikan dan Fashion

Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik

Kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam atau lilin pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu atau biasa dikenal dengan kain batik. Kain Batik adalah salah satu ciri khas budaya Indonesia. Selain motif dan coraknya indah, Batik mewarisi kekayaan adat dan tradisi yang harus tetap dilestarikan dan dijaga. Membahas tentang Batik, mungkin ada sebagian dari Anda yang belum mengenal jenis dan proses pembuatannya.

Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik

Menurut Herry Lisbijanto dalam buku Batik ( Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013) , berikut empat jenis batik yang didasari teknik pembuatannya :

1. Batik Tulis

Batik tulis adalah batik yang dibuat secara manual menggunakan tangan dengan alat bantu canting untuk menerakan malam pada corak batik. Cara pembuatan batik dengan melukiskan sebuah pola pada kain dengan menggunakan tangan, alat-alat yang diperlukan antara lain; Canting, Gawangan, Wajan, kauli, Anglo, Tipas atau Tepas. Pembuatan batik tulis membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi karena setiap titik dalam motif berpengaruh pada hasil akhirnya. Motif yang dihasilkan dengan cara ini tidak akan sama persis. Kerumitan ini yang menyebabkan harga batik tulis sangat mahal. Jenis batik ini dipakai Raja, pembesar Keraton, dan bangsawan sebagai simbol kemewahan.

Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik

2. Batik Cap

Batik cap adalah batik yang dibuat dengan menggunakan cap atau semacam stempel motif batik yang terbuat dari tembaga. Cap digunakan untuk menggantikan fungsi canting sehingga dapat mempersingkat waktu pembuatan. Batik cap dihasilkan dari proses pencelupan semacam alat yang dibuat dari tembaga yang sudah dibentuk sedemikian rupa pada kain. Motif batik cap dianggap kurang memiliki nilai seni karena semua motifnya sama persis. Harga batik cap cukup murah karena dapat dibuat secara massal.

3. Batik Kombinasi (Cap dan Tulis)

Batik Kombinasi, tulis dan cap adalah batik yang dibuat dalam rangka mengurangi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada produk batik cap, seperti motif besar dan seni coretan yang tidak dapat dihasilkan dengan tangan. Dalam proses pembuatan batik kombinasi ini memerlukan persiapan-persiapan yang rumit, terutama pada penggabungan motif yang ditulis dan motif capnya, sehingga efisiensinya rendah hampir sama dengan batik tulis, dan nilai seni produknya disamakan dengan batik cap. Adapun proses pembuatannya melalui tahap persiapan, pemulaan untuk motif besar, pembatikan motif yang tidak dapat dicap, pencapan, pewarnaan, pelorodan dan penyempurnaan.

Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik

4. Batik Printing

Batik printing disebut juga dengan batik sablon, karena proses pembatikan jenis batik ini sangant mirip dengan proses penyablonan. Motif batik telah di buat dan desain diprint di atas alat offset atau sablon, sehingga dapat sangat memudahkan pengerjaan batik khususnya pewarnaan dapat langsung dilakukan dengan alat ini.

Menurut Riyanto dalam buku Katalog Batik Indonesia, tentang proses pembuatan batik adalah sebagai berikut :

5. Pencucian Mori

Tahap pertama adalah pencucian kain mori untuk menghilangkan kanji, dilanjutkan dengan pengloyoran memasukkan kain ke minyak jarak atau minyak kacang dalam abu merang/londo agar kain menjadi lemas, dan daya serap terhadap zat warna lebih tinggi. Agar susunan benang tetap baik, kain dikanji kemudian dijemur, selanjutnya dilakukan pengeplongan kain mori dipalu untuk menghaluskan lapisan kain agar mudah dibatik.

6. Nyorek atau Mola

Membuat pola di atas kain dengan cara meniru pola yang sudah ada (ngeblat). Contoh pola biasanya dibuat di atas kertas dan kemudian dijiplak sesuai pola di atas kain. Proses ini bisa dilakukan dengan membuat pola di atas kain langsung dengan canting maupun dengan menggunakan pensil. Agar proses pewarnaan bisa berhasil dengan bagus atau tidak pecah, perlu mengulang batikan di kain sebaliknya. Proses ini disebut gagangi.

Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik

7. Membatik Atau Nyanting

Menorehkan malam batik ke kain mori yang dimulai dengan nglowong, menggambar garis luar pola dan isen-isen. Di dalam proses isen-isen terdapat istilah nyecek yaitu membuat isian di dalam pola yang sudah dibuat, misalnya titik-titik. Ada pula istilah nruntum yang hampir sama dengan isen-isen namun lebih rumit. Lalu dilanjutkan dengan nembok, mengeblok bagian pola yang tidak akan diwarnai atau akan diwarnai dengan warna yang lain.

8. Medel

Pencelupan kain yang sudah dibatik ke cairan warna secara berulang kali hingga mendapatkan warna yang dikehendaki.

9. Ngerok dan Nggirah

Malam pada kain mori dikerok dengan lempengan logam dan dibilas dengan air bersih, kemudian diangin-anginkan hingga kering.

10. Mbironi

Menutup warna biru dengan isen pola berupa cecek atau titik dengan malam.

11. Nyoga

Pencelupan kain untuk memberi warna coklat pada bagian-bagian yang tidak ditutup malam.

Mengenal Jenis Dan Proses Pembuatan Batik

12. Nglorot

Melepaskan malam dengan memasukkan kain ke dalam air mendidih yang sudah dicampuri bahan untuk mempermudah lepasnya lilin. Kemudian dibilas dengan air bersih dan diangin-anginkan.

Pastinya membuat Anda lebih bangga untuk menggunakan batik, setelah Anda mengetahui proses pembuatan batik yang menuntut banyak kesabaran. Batik bisa digunakan kapan saja dan cocok dipadu-padankan dengan apa saja. Batik juga bisa digunakan dalam keadaan yang formal maupun informal. Semua tergantung Anda mencocokannya. Cintai produk Indonesia dan mari lestarikan bersama.

[Baca Juga: Kelurahan Cikini Akan Gelar Kelas Batik di Museum Tekstil]

[Baca Juga: Cara Merawat Batik Agar Tahan Lama dan Tak Luntur]

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.