Mengenal Layanan IGD di Rumah Sakit Dekat Cilandak KKO

Kesehatan

Mengenal Layanan IGD di Rumah Sakit Dekat Cilandak KKO

Informasi mengenai layanan gawat darurat penting Anda ketahui agar bisa mendapatkan penanganan medis dengan cepat saat terjadi serangan penyakit atau pun kecelakaan. Untuk warga kawasan Cilandak KKO, Anda termasuk beruntung karena ada dua rumah sakit besar yang bisa dijadikan pertimbangan.

Sedikit tentang nama Jalan Cilandak KKO. Singkatan KKO berasal dari Korps Komando Angkatan Laut alias Marinir. Tidak jelas mengapa kata Korps Komando akhirnya disingkat hanya menjadi KKO. Dulu, pasukan khusus atau pasukan komando lainnya juga menggunakan singkatan yang berbeda-beda. Ada Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat TNI AU), Kopasandha (Komando Pasukan Sandi Yudha) untuk TNI AD. Namun, sekarang semua menggunakan nama seragam: Pakhas AL, Paskhas AU, dan Paskhas AD.

Di kawasan jalan tersebut, ada dua rumah sakit bersar yang letaknya tidak terlalu jauh. Pertama tentunya Rumah Sakit Marinir Cilandak yang terletak di Jalan Raya Cilandak KKO, RT03/RW05, Cilandak Tim, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560. Kemudian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu yang baru dibuka pada akhir tahun 2015 yang beralamat di Jalan TB Simatupang No. 1, RT. 1 RW. 5, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550.

RS Marinir Cilandak

Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Marinir Cilandak beroperasi 24 jam dengan dokter dan perawat professional. Kesiapan layanan itu terlihat dari mobil ambulan Rumah Sakit Marinir Cilandak dilengkapi dengan sistem penanggulangan gawat darurat, sehingga kecepatan dan keakuratan penanganan pasien gawat darurat lebih maksimal sertaterjamin.

RS TNI AL yang sering disebut Rumkital ini berawal dari sebuah klinik kecil di Cilandak, menempati ruangan di Mess Bintara KKO. Sesuai kebijaksanaan TNI AL pada saat itu, dengan pertimbangan diperlukannya sebuah rumah sakit untuk melayani prajurit-prajurit KKO, maka kemudian Balai Pengobatan dikembangkan menjadi rumah sakit dengan status Rumah Sakit Korps Komando TNI AL (RS KO) pada 22 Maret 1968.

Pada November 1984, terjadi ledakan hebat di gudang amunisi Ksatrian Cilandak. Fasilitas bangunan fisik yang belum lama diresmikan ikut hancur akibat ledakan tersebut. Tahun 1987, berbagai upaya perbaikan dan peningkatan fasilitas fisik bangunan mulai dilaksanakan secara bertahap, hingga sekarang menjadi Rumah Sakit Tingkat II.

Selain IGD yang bisa diandalkan, RS Marinir Cilandak ini juga membuka jam pelayanan poliklinik pada sore hari. Penambahan jam sore ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien di Poliklinik Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital). Poliklinik yang biasanya buka dari pagi sampai jam 13.00 WIB, kini pelayanan sampai jam 17.00 WIB.

Layanan diperuntukkan bagi masyarakat umum selain untuk anggota dan keluarga TNI. Poli sore di Rumkital juga tetap menerima pasien BPJS. Jenis pelayanan yang ada yaitu poli penyakit dalam, poli bedah, poli bedah urologi, poli kandungan, poli mata, poli THT, poli kulit dan kelamin, poli kesehatan jiwa, poli syaraf, poli jantung, dan poli gigi.

Untuk rawat inap, jumlah tempat tidur di Rumkital ada sekitar 217 buah. Rumkital Cilandak juga dilengkapi pelayanan penunjang kamar operasi, CT Scan, Nicu, ICU, dan Medical Check Up yang semua bisa untuk umum.

RSUD Pasar Minggu

Penanganan pasien di IGD membutuhkan pertolongan cepat dan tepat. IGD di RSUD Pasar Minggu memberikan layanan lengkap dan terpadu mencangkup pelayanan Laboratorium, Radiologi, dan Farmasi. IGD dilengkapi dengan peralatan medis terkini dan didukung dengan tenaga kesehatan perawat, serta dokter jaga yang terlatih dan terampil, intensitas, dokter spesialis dan sub-spesialis on call yang siap menolong pasien dengan berbagai masalah kesehatan dan memerlukan pelayanan gawat darurat.

RSUD Pasar Minggu merupakan salah satu Rumah Sakit Milik Pemerintah Daerah Tipe B Non Pendidikan yang terletak di pusat kota Jakarta Selatan. Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu melayani pasien Umum dan BPJS. Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan efektif untuk memberikan nilai terbaik, sehingga menjadi pilihan utama bagi semua masyarakat dan perusahaan.

Rumah sakit ini memiliki luas tanah 25.087 meter persegi, luas dasar 4.381 meter persegi dan luas bangunan 43.495,78 meter persegi. Bangunan RSUD Pasar Minggu terdiri dari 1 lantai basement, 3 lantai podium, dan 9 lantai tower. Untuk pasien pengguna BPJS pun, layanan pendaftaran pasien bisa berlangsung cepat. Layanan mereka juga tidak menomorduakan peserta BPJS.

Sistem pelayanan yang ada cukup modern untuk ukuran rumah sakit pemerintah. Tidak kalah dengan pelayanan sekelas rumah sakit swasta besar. Mulai pendaftaran, pemeriksaan pasien, terapi, hingga penebusan obat dilakukan secara cepat. Pasien sama sekali tidak direpotkan dengan prosedur administrasi.

Bersadarkan informasi di atas, penanganan situasi gawat darurat di dua rumah sakit yang berada di kawasan Cilandak KKO ini dapat diandalkan. Jangan lupa membawa kartu BPJS Anda. Dengan menggunakan kartu BPJS, meskipun tanpa rujukan dan tidak sesuai wilayah yang tertera di kartu, pasien yang masuk IGD tetap akan mendapatkan layanan.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  9 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  6 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  8 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  12 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.