Mengenal Lebih Dalam Bandar Udara Kemayoran di Masa Lalu

Berita Kawasan

Mengenal Lebih Dalam Bandar Udara Kemayoran di Masa Lalu

Mendengar nama Kemayoran, tak salah jika dikaitkan dengan lagu Keroncong Kemayoran maupun acara tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ), tapi tak sedikit juga yang mengingatnya sebagai lokasi bandar udara internasional pertama di Indonesia. Jika Anda ke kawasan Kemayoran saat ini, hanya sedikit jejak sejarah yang tersisa dari Bandar Udara Internasional Kemayoran. Mungkin hanya bekas bangunan ATC 9 (Air Traffic Control) dan bangunan apron yang masih berdiri tegak.

Bandar Udara Kemayoran menjadi bandar udara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional. Landasan bandar udara ini dibangun pada tahun 1934 dan secara resmi dibuka pada tanggal 8 Juli 1940. Pengelolaan bandar udara ini oleh pemerintah Hindia Belanda dipercayakan kepada Koningkelije Nederlands Indische Luchtvaart Maatschapij.

[Baca Juga: Asal-usul Nama Kemayoran Jakarta]

Namun tanggal 6 Juli 1940 atau dua hari sebelum dibuka secara resmi, bandar udara ini sudah mulai beroperasi, dimulai dengan pesawat pertama yang mendarat jenis DC-3 Dakota milik maskapai KNILM (Koningkelije Nederlands Indische Luchtvaart Maatschapij) yang diterbangkan dari Lapangan Terbang Tjililitan. Kemudian pada tanggal 7 Juli 1940, sebuah DC-3 dengan registrasi PK-AJW juga menjadi pesawat yang pertama bertolak dari Kemayoran menuju Australia.

Mengenal Lebih Dalam Bandar Udara Kemayoran di Masa Lalu

Pameran Kedirgantaraan pertama juga diselenggarakan di Kemayoran, bertepatan dengan hari ulang tahun Ratu Wilhelmina pada tanggal 31 Agustus 1940. Selain memamerkan pesawat milik KNILM, sejumlah pesawat-pesawat pribadi yang bernaung dalam Aeroclub di Batavia ikut meramaikannya.

Saat suasana penjajahan Jepang yang semakin memanas, membuat bandar udara Kemayoran pun tak luput dari serangan pesawat-pesawat penyerang milik Angkatan Udara Kekaisaran Jepang. Pada tanggal 9 Februari 1942, kondisi tersebut memaksa KNILM mengungsikan pesawatnya ke Australia dan pada akhirnya berhasil diduduki oleh Angkatan Udara Kekaisaran Jepang pada bulan Maret 1942.

Peristiwa yang terjadi di kota Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945, memaksa Jepang menyerah kepada pihak Sekutu pada Agustus 1945. Segera saja bandar udara ini langsung diambil alih oleh pihak Sekutu dan Nederlandsch Indië Civil Administratie, karena pada ketika itu pemerintah Indonesia berkedudukan di kota Yogyakarta.

Mengenal Lebih Dalam Bandar Udara Kemayoran di Masa Lalu

Pada tanggal 1 Agustus 1947, Bandar Udara Internasional Kemayoran menjadi saksi lahirnya maskapai penerbangan KLM Interinsulair Bedrijf yang kemudian dinasionalisasikan menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia, yakni Garuda Indonesian Airways.

Di era 1950an, pengelolaan penerbangan sipil dan pelabuhan udara langsung dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Mulai tahun 1958 dikelola oleh Djawatan Penerbangan Sipil, yang sekarang lebih dikenal sebagai Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sekitar tahun 1960 pengelolaan Kemayoran diserahkan kepada BUMN yang diberi nama Perusahaan Negara Angkasa Pura Kemayoran. Selanjutnya pemerintah menambah modal dengan mengalihkan bangunan terminal, bangunan penunjang lain, landasan pacu, taxiway, apron, hanggar dan peralatan operasional.

Mengenal Lebih Dalam Bandar Udara Kemayoran di Masa Lalu

Memasuki era 1970an, padatnya jadwal penerbangan di Bandar Udara Kemayoran membuat pemerintah harus memindahkan penerbangan internasional ke Bandar Udara Halim Perdanakusuma, tepatnya pada tanggal 10 Januari 1974. Namun penerbangan domestik seluruhnya masih bertahan di Kemayoran.

Di pertengahan tahun 1970an, Bandar Udara Kemayoran dianggap terlalu dekat dengan basis militer Indonesia, Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Penerbangan sipil di area tersebut menjadi padat, sedangkan lalu lintas udara meningkat cepat, dan berpotensi mengganggu lalu lintas internasional. Hal itu yang kemudian pemerintah berencana untuk memindahkan aktivitas bandar udara ini ke bandar udara yang baru.

Mengenal Lebih Dalam Bandar Udara Kemayoran di Masa Lalu

Selanjutnya Bandar Udara Kemayoran perlahan mulai berhenti beroperasi pada tanggal 1 Januari 1983 dan resmi berhenti beroperasi pada tanggal 31 Maret 1985 tepatnya pukul 00:00 WIB dengan dimulainya pemindahan aktivitas penerbangan ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta hingga sekarang.

Sebelum benar-benar beralih fungsi, Bandar Udara Kemayoran pernah menjadi tempat test flight pesawat buatan Industri Pesawat Terbang Nusantara, CN-235 dan sempat menjadi tuan rumah ajang dirgantara Indonesian Air Show pada tahun 1986.

Mengenal Lebih Dalam Bandar Udara Kemayoran di Masa Lalu

Konon Bandar Udara Kemayoran ini pernah disinggahi oleh beragam pesawat terbang mutakhir kala itu, mulai dari DC-10 hingga Boeing 747-200, bahkan pesawat supersonik Concorde. Selain itu, Bandar Udara Kemayoran pernah masuk ke dalam cerita komik Tintin dalam judul Flight 714 (Penerbangan 714), dengan menampilkan terminal bandar udara dan menara pemandu lalu lintas (ATC Tower) sesuai dengan kondisi sebenarnya.

[Baca Juga: Lebaran dan Liburan Seru di Jakarta Fair Kemayoran]

Menara ATC tersebut merupakan menara ATC pertama di Asia Tenggara telah ditetapkan menjadi cagar budaya berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 495 tahun 1993, yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirja. Menara ini merupakan bagian dari Bandara Internasional Kemayoran yang memiliki peran amat penting dalam lalu lintas penerbangan komersial internasional di Indonesia.

Angkasa Pura I sebagai salah satu pengelola bandara di Indonesia, berencana untuk memulai pembangunan Museum Bandara Kemayoran Indonesia, sebagai upaya menyelamatkan cagar budaya bekas Bandara Kemayoran sebagai bandara komersial tertua di Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.