PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Betawi Melalui Museum di Setu Babakan

Masyarakat Betawi memiliki banyak benda sejarah serta beragam unsur budaya yang di era modern sekarang terasa sulit untuk dilihat. Padahal ini merupakan elemen penting dari masyarakat yang menjadi penduduk asli dari Kota Jakarta. Demi mencegah ditelan zaman sekaligus memberikan edukasi bagi pengunjung mengenai berbagai objek yang dekat dengan budaya Betawi, Museum Betawi hadir di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan.

Museum Betawi di Zona A

Museum Betawi sendiri berlokasi di Zona A PBB Setu Babakan yang dibagi menjadi lantai. Museum ini terbuka untuk umum dengan pengunjung yang diberikan kesempatan untuk merasakan berbagai objek yang tak terlepas dari kehidupan masyarakat Betawi. Dari mulai benda-benda rumah tangga sampai kesenian bisa dilihat di museum berlantai tiga ini.

[Baca Juga: Ini Suasana Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan]

Di lantai satu ketika Anda mengunjunginya, Anda bisa melihat berbagai benda populer di kebudayaan Betawi seperti kuliner hingga pakaian adatnya. Seperti dekorasi kembang kelapa yang kerap menghiasi hajatan masyarakat Betawi, ornamen gigi balang yang menjadi ciri khas di rumah adat Betawi, lalu ada ondel-ondel yang memang menjadi ikon Kota Jakarta. Kemudian dari sisi baju adat, ada batik betawi, lalu pakaian sadariah untuk pria dan kerancang encim untuk perempuan, dan tak lupa juga golok yang menjadi senjata tradisional Betawi. Sedangkan dari kulinernya ada makanan kerak telor, bir pletok, dan kembang goyang.

Oleh-Oleh Kuliner Betawi

Di lantai dua Museum Betawi, pihak Unit Pengelola Kawasan PBB Setu Babakan fokus untuk menunjukkan benda-benda yang kerap ada di rumah keluarga Betawi. Seperti lemari, meja makan, kursi, sampai piring serta gelas makan. Menariknya, berbagai perabotan ini banyak yang terinspirasi dari budaya masyarakat Tionghoa yang menjadi cerminan proses akulturasi di era Batavia dulu.

Area terakhir di Museum Betawi adalah di lantai tiga dengan mayoritas fokus benda-benda yang dipamerkan adalah yang berhubungan dengan kesenian. Salah satunya adalah tehyan yang merupakan alat musik gesek di Betawi yang diadaptasi dari budaya Tionghoa dan kerap digunakan dalam acara musik tanjidor. Selain itu, di lantai ini juga dipamerkan foto-foto para seniman ternama Betawi.

[Baca Juga: PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta]

Menariknya, Museum Betawi ini ke depannya akan ditambah koleksinya serta konsepnya yang dibuat sedemikian rupa agar bisa menggambarkan bagaimana siklus kehidupan masyarakat Betawi. “Ini baru embrio Museum Betawi, nanti ke depannya kita pengen museum ini bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai siklus kehidupan orang Betawi. Bagaimana sisi kehidupan orang Betawi dari dia lahir sampai dia meninggal seperti benda-benda apa yang dia gunakan dan upacara apa yang dia kerjakan," ujar perwakilan Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Bukhori kepada PingPoint.co.id (18/2/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.