Jaladara-1

Hobi dan Hiburan

Mengenal Lebih Dekat Kereta Uap Wisata Jaladara

Pariwisata merupakan salah sektor yang cukup terdampak saat pandemi. Oleh karena itu, perlu peran semua pihak untuk kembali mendorong industri pariwisata tanah air kembali pulih seperti sedia kala. Sehubungan dengan hal tersebut, Komunitas pecinta loko kereta “Semboyan Satoe Community “ (SSC) pekan lalu melakukan trip wisata menggunakan Kereta Wisata Jaladara.

Trip wisata yang diikuti oleh 50 orang anggota SSC dari Jogja dan Jawa Tengah ini dimaksudkan sebagai upaya kampanye untuk kembali berwisata, sehingga roda perekonomian, terutama ekonomi di sektor pariwisata kembali bergerak. Selama perjalanan, penumpang disuguhi suasana keramaian kota Solo dengan deretan toko, mall, rumah penduduk dan lalu lintasnya.

Aktivis Komunitas Pecinta Loko Kereta Api Yoga Bagus Prayogo menjelaskan , perjalanan wisata bukan sekadar aktivitas bersuka ria. Selama berwisata, anggota melakukan aktivitas transaksi ekonomi sehingga secara tak langsung akan berpengaruh terhadap pergerakan sektor ekonomi mulai dari tingkat UMKM sampai sektor industri yang lebih besar.

Jaladara-2

Tiket Edmonson Kereta Uap Jaladara

“Jika aktifitas ini dilakukan secara simultan, maka perekonomian pariwisata akan kembali berputar, karena multiplier effect dari sektor wisata ini sangat besar," ujar Yoga kepada wartawan Sabtu (14/11/2021 )

Selanjutnya Yoga menjelaskan bahwa, trip wisata kali ini sengaja memilih memakai Kereta Wisata Jaladara karena ini dinilai sangat istimewa. Kereta Jaladara merupakan kereta api yang beroperasi mulai Stasiun Purwosari hingga Stasiun Solo Kota dengan jarak tempuh 6 kilometer dan kereta ini digerakkan menggunakan lokomotif uap D 1410, yang sebelumnya hanya menjadi pajangan di Taman Mini Indonesia Indah.

Atas permintaan Presiden Joko Widodo, Lokomotif ini kemudian dioperasikan kembali dengan dipasang pada gerbong Kereta Jaladara menjadi kereta wisata , agar masyarakat dapat belajar tentang sejarah kereta api, sekaligus merasakan sensasi naik kereta uap pada masa lalu.

Jaladara-3

Ruang Penumpang Kereta Uap Jaladara

Jaladara digerakkan dengan bahan bakar kayu jati, dan setiap perjalanan rata-rata menghabiskan sebanyak 5 kubik kayu jati. Berdasarkan sejarahnya, Lokomotif D 1410 merupakan lokomotif uap yang didatangkan oleh Staatsspoorwegen pada tahun 1921 dari pabrik Hanomag-Hannover Jerman. Lokomotif ini sejak pertama kali dioperasikan memiliki performa yang baik, sehingga D14 pernah dipergunakan sebagai lokomotif kedinasan penarik kereta api penumpang dan barang di wilayah pegunungan Jawa Barat. Persebaran D14 berpusat di Djatinegara dan Cianjur.

[Baca Juga: Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang]

“Jika dilihat dari nomor seri pabrik 9653 dengan susunan roda 2-8-2T, maka tipe D14 merupakan lokomotif langsir kelas berat pada awalnya dan merupakan jenis yang mirip dengan tipe D50. Kereta penumpang yang digunakan Jaladara adalah tipe CR16 dan CR144 yang merupakan kereta penumpang kayu bergandar 2 dan dilengkapi rem tangan," ujar Yoga.

Selanjutnya Yoga menambahkan, CR16 merupakan kelas 3 yang dipergunakan untuk angkutan pasar dimana ada pintu geser besar untuk mempermudah naik turun penumpang dan pedagang pasar, sedangkan CR144 merupakan kereta kayu kelas 3 yang dilengkapi dengan toilet.

Jaladara-4

Kereta Jaladara berhenti di Stasiun Solo Kota

“Toilet ini merupakan modifikasi sewaktu armada ini disiapkan untuk kereta wisata. Kedua kereta ini sebelumnya dipersiapkan untuk kereta wisata Banjar-Pangandaran dan sekitar 1998, kedua kereta ini dikirim ke Ambarawa untuk dipreservasi dan kemudian dipergunakan untuk kereta wisata di Solo," Yoga menjelaskan.

Paket wisata menggunakan Kereta Uap Jaladara ini terbuka untuk umum dan beroperasi setiap akhir pekan, dengan biaya antara Rp200.000 per orang untuk sekali perjalanan.


Read More

Kereta Wisata Jaladara

Kereta Wisata

+62271-713674.
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.