ads
PURI KEMBANGAN_KESEHATAN_MENGENAL LEBIH JAUH ANESTESI_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Mengenal Lebih Jauh Tindakan Anestesi

Banyak yang sudah mengenal istilah bius atau anestesi. Tetapi istilah medis ini kerap menimbulkan kekhawatiran. Sebab banyak yang masih belum mengenal anestesi dan cenderung mengaitkan dengan tindakan medis bius total. Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah atau yang dikenal dengan nama RS Puri Indah memiliki klinik yang dapat menepis kekhawatiran Anda.

Sebelum membahas mengenai klinik tersebut, ada baiknya Anda lebih mengenal apa itu anestesi. Artikel ini akan mengulasnya baik dari jenis hingga kegunaan anestesi.

Anestesi dan Jenisnya

Anestesi berasal dari bahasa Yunani berarti ‘tanpa sensasi’. Tindakan medis ini dilakukan guna menghilangkan sensasi atau kesadaran secara sementara. Langkah yang termasuk anestesi adalah pemberian analgesia atau pereda nyeri, relaksasi otot hingga kondisi tidak sadarkan diri. Anestesi diberikan kepada pasien agar memungkinan prosedur medis yang memicu rasa sakit yang berat, seperti bedah, dilakukan tanpa rasa sakit.

Secara umum, tindakan anestesi sendiri memiliki tiga jenis kategori. Berikut ini penjelasan kategori dari anestesi.

  1. General Anesthesia atau bius total. Tindakan ini berfungsi untuk menekan aktivitas sistem saraf pusat dan mengakibatkan pasien tidak sadarkan diri serta kehilangan sensasi total di tubuhnya.
  2. Anestesi Lokal yang berfungsi untuk menghilangkan rasa pada titik tertentu di tubuh kita yang biasanya dilakukan untuk prosedur bedah ringan dengan keadaan pasien yang masih tetap dalam keadaan sadar.
  3. Anestesi Regional berfungsi untuk menghilangkan sensasi pada daerah tertentu di tubuh pasien. Namun prosedur ini bukan hanya memblokir rasa nyeri di satu titik saja karena mati rasa terasa di area yang lebih besar bila dibandingkan anestesi lokal.

Manfaat utama dari anestesi adalah untuk kesehatan pasien. Pasalnya, rasa sakit yang diredam saat dan usai operasi menyebabkan berkurangan stres fisiologis dan menghilangkan potensi rasa nyeri yang kronis.

Penjelasan singkat manfaat anestesi seperti ini, transmisi nyeri atau nosisepsi sebenarnya tidak terprogram di dalam tubuh Anda. Sebab, proses ini sebenarnya bersifat dinamis jadi saat ada rangsangan atau sensasi menyakitkan yang terus menerus membuat sistem di tubuh menjadi peka sehingga rasa nyeri tidak bisa dikendalikan dan meningkatkan rasa nyeri yang kronis. Itulah langkah pencegahan pun dilakukan demi mengurangi atau mengendalikan rasa nyeri tersebut yang biasanya timbul saat prosedur bedah dan di sinilah peran dari anestesi.

Risiko Anestesi

Walau bersifat sebagai tindakan pencegahan rasa sakit, setiap tindakan medis pasti ada risikonya baik yang kecil atau besar. Namun beberapa efek samping ini terbilang bisa dihitung kasusnya. Perhitungan kasarnya adalah 1 berbanding 1.000 pasien, hingga 1 berbanding 10.000 pasien yang merasakannya.

Sementara itu, anestesi juga memiliki efek samping. Efek sampingnya bisa berbagai macam keluhan seperti sebagai berikut.

  1. Ada yang bersifat cukup sering terjadi yaitu ketika pasien merasakan efek mual, muntah, batuk, pusing, gatal-gatal hingga bengkak di area yang sebelumnya disuntik untuk memasukkan obat bius.
  2. Bersifat jarang ketika pasien merasakan nyeri otot, inkonetinensia urin (mengompol), muncul cedera di bibir atau gigi atau lidah, menderita moodswing, bahkan mimpi buruk.
  3. Bersifat sangat jarang ketika pasien mendadak menderita cedera di matanya, alergi obat berat, cedera saraf, kelumpuhan, bahkan hingga kematian. Selain karena komplikasi yang bisa saja terjadi, risiko anestesi juga bisa dipicu dari keadaan pasiennya baik dari kesehatannya fisik dan psikologinya. Karena itulah diperlukan persiapan diri agar proses anestesi berjalan dengan baik.

Persiapan diri ini bisa dilakukan dengan mendatangi klinik anestesi seperti yang ada di RS Puri Indah. Di klinik ini, pasien akan diberikan pelayanan konsultasi dan pemeriksaan untuk persiapan anestesi sebelum menjalani tindakan pembedahan. Layanan itu mulai pemeriksaan diri hingga penjelasan teknik anestesi yang akan dijalani. Klinik ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan kekhawatiran dalam proses pembiusan.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kasus Obesitas Bisa Ditangani dengan Bedah Bariatrik

Kesehatan

Kasus Obesitas Bisa Ditangani dengan Bedah Bariatrik

21 March 2019, 18:00  |  8 Views

Tindakan bedah bariatrik ini dapat dilakukan apabila pasien sudah dikategorikan sebagai obesitas morbid dan memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang tinggi.

Juara Futsal Kecamatan Pasar Minggu Siap Tampil di FORST Tingkat Kota

Berita Kawasan

Juara Futsal, Pasar Minggu Siap Tampil di FORST Tingkat Kota

21 March 2019, 12:00  |  15 Views

Tiga kelurahan di Pasar Minggu menjadi juara dalam kategori futsal dari usia yang berbeda dan mereka siap tampil di FORST Tingkat Kota.

ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

Bisnis

ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan

21 March 2019, 17:00  |  4 Views

Keterbatasan bukanlah menjadi pembatas. Hal itulah yang menjadi semangat ThisAble Enterprise untuk terus berdayakan ekonomi disabilitas.

Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia

Pendidikan

Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia

21 March 2019, 14:00  |  15 Views

Kini seluruh pelajar di Indonesia bisa berkreativitas di mading yang telah memiliki platform madingsekolah.id yang bisa dibaca dan diunggah dimana pun dan kapan pun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads