Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diidap Justin Bieber

Kesehatan

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diidap Justin Bieber

Baru-baru ini nama penyanyi asal Amerika Serikat Justin Bierber sangat ramai diperbincangkan karena pengakuannya mengenai penyakitnya secara eksklusif dalam pemberitaan TMZ. Ternyata selama ini, suami dari Hailey Baldwin mengidap penyakit lyme. Tak heran jika tampilannya seperti pengguna narkoba yang terkesan teler dan berantakan. Penyanyi lagu Yummy ini juga menanggapi artikel eksklusif TMZ lewat instagram resminya.

“Saat banyak orang mengatakan Justin Bieber terlihat seperti sampah, terlihat seperti pengguna obat-obatan terlarang, dan banyak tuduhan serta cacian lainnya. mereka tidak tahu jika, saya didiagnosis dengan penyakit Lyme. Bukan hanya itu, saya juga memiliki masalah serius monokronis, yang dapat memengaruhi kesehatan kulit, fungsi otak, energi, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan,” tulisnya di Instagram.

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diidap Justin Bieber

Ia juga menyebutkan, proses pengobatan dan bagaimana perjuangannya menghadapi penyakit ini akan tayang pada documenter berjudul Seasons yang akan tayang pada 27 Januari mendatang. Sejak unggahannya ini, banyak masyarakat yang mulai membicarakan penyakit lyme. Sebenarnya, apa itu lyme?

Lyme pada dasarnya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri genus Borrelia sp yang ditularkan lewat gigitan kutu. Infeksi ini dapat menganggu berbagai kesehatan tubuh. Mengutip dari kompas.com (10/1/2019), gejala penyakit lyme biasanya ditandai dengan demam, sakit kepala, kelelahan, dan ruam kulit.

[Baca Juga: Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah]

Pencegahan Penyakit Lyme

Karena penyakit ini diakibatkan oleh gigitan kutu, maka untuk menghindarinya Anda bisa mengurangi untuk beraktivitas di area berumput karena kutu pembawa penyakit lyme biasa tinggal di daerah berumput, kutu ini juga hidup di tubuh tikus dan hewan pengerat lainnya. Selain itu, biasakan setelah mengunjungi tempat berumput segera bersihkan badan.

Pengobatan Penyakit Lyme

Penyakit Lyme biasanya diobati dengan antibiotik. Walau terlihat sederhana, namun penderita harus mengkonsumsi obat selama dua minggu hingga satu bulan tergantung seberapa besar dampak yang Anda alami. Jika ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa sembuh namun 10-20 persen pasien bisa saja mengalami post treatment Lyme disease syndrome selama kurang lebih enam bulan, dengan gejala sakit kepala, nyeri otot atau sendi, lelah, sulit tidur, gangguan kognitif, dan kehilangan pendengaran seperti dilansir dari alodokter.com.

[Baca Juga: Puluhan Korban Banjir di Kelurahan Kwitang Mulai Terserang Penyakit]

Jangan sampai Anda menyepelekan penyakit ini, karena jika tak segera ditangani penderita akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup parah seperti artritis, mati rasa pada tangan, aritmia, gangguan ingatan jangka pendek, gangguan mental, sulit diajak komunikasi, sulit berkonsentrasi, dan lainnya.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.