Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diidap Justin Bieber

Kesehatan

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diidap Justin Bieber

Baru-baru ini nama penyanyi asal Amerika Serikat Justin Bierber sangat ramai diperbincangkan karena pengakuannya mengenai penyakitnya secara eksklusif dalam pemberitaan TMZ. Ternyata selama ini, suami dari Hailey Baldwin mengidap penyakit lyme. Tak heran jika tampilannya seperti pengguna narkoba yang terkesan teler dan berantakan. Penyanyi lagu Yummy ini juga menanggapi artikel eksklusif TMZ lewat instagram resminya.

“Saat banyak orang mengatakan Justin Bieber terlihat seperti sampah, terlihat seperti pengguna obat-obatan terlarang, dan banyak tuduhan serta cacian lainnya. mereka tidak tahu jika, saya didiagnosis dengan penyakit Lyme. Bukan hanya itu, saya juga memiliki masalah serius monokronis, yang dapat memengaruhi kesehatan kulit, fungsi otak, energi, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan,” tulisnya di Instagram.

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diidap Justin Bieber

Ia juga menyebutkan, proses pengobatan dan bagaimana perjuangannya menghadapi penyakit ini akan tayang pada documenter berjudul Seasons yang akan tayang pada 27 Januari mendatang. Sejak unggahannya ini, banyak masyarakat yang mulai membicarakan penyakit lyme. Sebenarnya, apa itu lyme?

Lyme pada dasarnya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri genus Borrelia sp yang ditularkan lewat gigitan kutu. Infeksi ini dapat menganggu berbagai kesehatan tubuh. Mengutip dari kompas.com (10/1/2019), gejala penyakit lyme biasanya ditandai dengan demam, sakit kepala, kelelahan, dan ruam kulit.

[Baca Juga: Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah]

Pencegahan Penyakit Lyme

Karena penyakit ini diakibatkan oleh gigitan kutu, maka untuk menghindarinya Anda bisa mengurangi untuk beraktivitas di area berumput karena kutu pembawa penyakit lyme biasa tinggal di daerah berumput, kutu ini juga hidup di tubuh tikus dan hewan pengerat lainnya. Selain itu, biasakan setelah mengunjungi tempat berumput segera bersihkan badan.

Pengobatan Penyakit Lyme

Penyakit Lyme biasanya diobati dengan antibiotik. Walau terlihat sederhana, namun penderita harus mengkonsumsi obat selama dua minggu hingga satu bulan tergantung seberapa besar dampak yang Anda alami. Jika ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa sembuh namun 10-20 persen pasien bisa saja mengalami post treatment Lyme disease syndrome selama kurang lebih enam bulan, dengan gejala sakit kepala, nyeri otot atau sendi, lelah, sulit tidur, gangguan kognitif, dan kehilangan pendengaran seperti dilansir dari alodokter.com.

[Baca Juga: Puluhan Korban Banjir di Kelurahan Kwitang Mulai Terserang Penyakit]

Jangan sampai Anda menyepelekan penyakit ini, karena jika tak segera ditangani penderita akan mengalami gangguan kesehatan yang cukup parah seperti artritis, mati rasa pada tangan, aritmia, gangguan ingatan jangka pendek, gangguan mental, sulit diajak komunikasi, sulit berkonsentrasi, dan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.