Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus

Kesehatan

Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus

Setiap orangtua selalu berharap anaknya lahir dalam keadaan sehat baik dari segi fisik mau pun psikisnya. Memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) bukanlah hal yang mudah bagi orang tua mana pun. Perhatian orangtua sangat penting bagi tumbuh kembang mereka. Melansir dari situs parenting.com (3/9/2019), berikut beberapa ciri anak berkebutuhan khusus:

Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus

1. Kontak Mata Tidak Fokus

Umumnya, anak-anak dengan kondisi kebutuhan khusus memiliki kontak mata yang tidak fokus. Saat kita memandang kedua matanya, ia dengan cepat akan memalingkan pandangannya. Anak yang berkebutuhan khusus terlihat tidak nyaman jika harus memandang sesuatu dalam waktu lama. Anak-anak dengan kondisi kebutuhan khusus baik itu autisme, downsyndrom dan ADHD cenderung memiliki raut wajah yang datar, tanpa ekspresi, tanpa motivasi juga tanpa keinginan. Anak-anak ini juga cenderung cuek dengan sekitarnya.

2. Lebih Suka Menyendiri

Anak dengan kebutuhan khusus beberapa anak merasa nyaman dengan dunianya sendiri. Jadi tidak suka bersosialisasi dengan orang sekitarnya.

3. Emosional

Para ahli menyebutkan jika anak-anak ini memiliki psikologis yang emosional. Emosional di sini bukan hanya lebih mudah marah melainkan juga lebih mengarah pada perasaan kesepian, depresi, merasa berbeda, merasa tidak bisa seperti teman-temannya dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Edukasi Khusus bagi Orangtua Penyandang Difabel]

4. Kesulitan Berkomunikasi

Kesulitan berkomunikasi ini bisa terjadi karena kelainan fisik pada anak atau karena memang anak kesulitan mengungkapkan apa yang ada di hatinya. Kesulitan berkomunikasi pada anak berkebutuhan khusus ini terjadi karena tumbuh kembang anak yang mengalami keterlambatan.

Adapun ciri-ciri tersebut, jika anak Anda tergolong ABK maka sebagai orangtua, Anda perlu belajar memahami dan mendampingi, agar mereka selalu percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Perlu dipahami bahwa kondisi anak berkebutuhan khusus bukan penyakit yang menular. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya. Jadi interaksi dengan anak berkebutuhan khusus tidak akan membawa dampak pada orang lain. Anak berkebutuhan khusus dapat tetap bersosialisasi dalam masyarakat.

Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus

Setelah mengetahui ciri-ciri anak berkebutuhan khusus, Anda perlu mendapatkan diagnosis yang tepat mengenai kondisi anak tersebut. Setelah mendapatkan konsultasi dengan pakar medis yang dibutuhkan, secara umum ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika mendampingi ABK. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mendampingi anak berkebutuhan khusus, di antaranya:

  • Selalu Memberikan Motivasi

Tak bisa dipungkiri bahwa ada sebagian anak berkebutuhan khusus yang merasa sedih bahkan stres karena berbeda dengan anak-anak lain. Oleh karena itu, tugas orangtua dan pendamping yaitu selalu memotivasi dan membantu ABK mencapai potensinya.

  • Menyekolahkan di Tempat yang Tepat

Pendidikan adalah instrumen penting bagi anak-anak tak terkecuali adalah anak berkebutuhan khusus. Anda harus secara aktif mendukung dan berpartisipasi dalam memasukkan sekolah anak berkebutuhan khusus, tentunya di sekolah yang sesuai pada kurikulum ABK atau homeschooling.

  • Memberikan Keterampilan Hidup

Jika ABK mendapatkan pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan keterampilan hidup sesuai minat dan potensinya, maka anak tersebut akan bisa hidup lebih mandiri. Sebaliknya, jika tidak ditangani secara tepat, maka kemampuan anak akan mengalami hambatan dalam perkembangannya.

  • Bergabung dalam Komunitas atau Perkumpulan

Adanya komunitas atau perkumpulan ABK akan membawa dampak positif bagi mereka untuk saling bersosialisasi, bermain, dan berbagi. Demikian juga bagi Anda sebagai orangtua, keluarga, atau pun pendamping. Komunitas juga biasanya akan banyak informasi kegiatan, seminar atau acara yang berkaitan dengan perkembangan dan kepedulian ABK.

[Baca Juga: Pelajar Sekolah Luar Biasa Unjuk Bakat di Pencanangan HUT Ke-492 DKI]

Jika memang Anda memutuskan untuk memperoleh bantuan pendamping atau perawat untuk anak berkebutuhan khusus, maka carilah pendamping yang tepat, sabar, tentunya bisa memberi dukungan yang dapat meningkatkan tumbuh kembangnya. Ada berbagai tantangan yang perlu dihadapi ABK, juga orangtua dan pendampingnya. Konsultasikan ke dokter penanganan apa saja yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak Anda. Dan juga Anda harus tetap semangat dalam menjalani setiap kegiatannya. Mereka anak yang layak memiliki masa depan.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.