KELAPA GADING_KESEHATAN_MENGENAL METODE MEDIA PENANGANAN TUMOR TANPA BEDAH

Kesehatan

Mengenal Metode Medis Penanganan Tumor Tanpa Bedah

Penderita tumor terkadang merasa khawatir dalam penanganan medis yang harus dijalani karena acap kali bedah menjadi metode yang disarankan. Namun tahukah Anda di RS Gading Pluit terdapat metode minimal invasif tanpa bedah untuk menangani tumor? Metode yang menjadi layanan unggulan di RS Gading Pluit ini dikenal dengan nama Terapi Cryo atau Cryotherapy.

Terapi Cryo (Cryotherapy)

Sebagaimana dilansir dari emedicine.medscape.com, metode medis ini sebenarnya berasal dari dua kata di bahasa Yunani Kuno. Cryo yang berarti dingin dan therapy yang memiliki makna menyembuhkan. Terapi cryo atau juga yang dikenal dengan nama “terapi dingin” merupakan metode yang memanfaatkan suhu rendah atau dingin di dalam dunia medis. Terapi ini biasanya diterapkan untuk menangani hingga mengobati berbagai kerusakan terhadap jaringan di tubuh, baik yang jinak atau ganas.

Metode terapi ini biasanya melibatkan dialirkannya nitrogen cair atau gas argon yang memiliki tekanan tinggi menggunakan aplikator mirip jarum yang bernama cryoprobe. Aliran itu menciptakan suhu yang sangat dingin ketika mengalami kontak dengan jaringan yang ditargetkan, biasanya jaringan tumor.

Selain untuk menangani tumor di jaringan kulit, terapi cryo juga bisa diterapkan untuk tumor yang bersarang di dalam tubuh. Biasanya, dokter akan menggunakan alat bantu seperti ultrasound, magnetic resonance (MR) atau computed tomography (CT) untuk memandu pergerakan cryoprobe demi menangani tumor yang berada di dalam tubuh.

Penggunaan Terapi Cryo (Cryotherapy)

Penggunaan terapi cryo yang umumnya diterapkan untuk gangguan yang terjadi pada permukaan kulit memiliki istilah topical cryotherapy. Terapi ini biasanya digunakan dalam kasus pasien yang menderita lesi kulit dan mata.

Sebagaimana dikutip dari Radiologyinfo.org, berikut ini berbagai penyakit yang dapat ditangani melalui terapi cryo yakni Tumor kulit, Skin tags atau daging tumbuh, Retinoblastoma atau kanker kulit yang kerap dialami oleh anak-anak di bagian belakang retinanya, Nodules atau tumbuhnya jaringan abnormal di tubuh. Nodules juga dapat terbentuk di bawah kulit hingga di bagian organ dalam manusia, dan Kanker prostat, hati dan serviks juga bisa ditangani menggunakan terapi cryo jika bedah reseksi tidak memungkinan untuk dilakukan.

Selain itu, terapi cryo juga dapat diterapkan untuk mengobati tumor yang berada di area-area di dalam kulit sampai dalam tubuh. Contoh tumor pada organ ginjal, tulang (termasuk di bagian tulang belakang), paru-paru dan payudara.

Prosedur Terapi Cryo (Cryotherapy)

Metode medis ini memanfaatkan nitrogen atau argon untuk menciptakan suhu yang sangat dingin demi menghancurkan jaringan tumor. Untuk menghancurkan jaringan yang berada permukaan kulit, dokter akan mengoleskan nitrogen cair menggunakan kapas atau disemprotkan ke jaringan yang bermasalah.

Sedangkan untuk tumor dalam tubuh, dokter perlu panduan dari layar mesin USG atau CT. Sebagaimana dilansir dari gadingpluit-hospital.com, sambil memerhatikan layar, dokter kemudian memasukkan jarum atau cryoprobe untuk mengalirkan gas argon yang telah didinginkan pada suhu sangat rendah yang mencapai minus 160 derajat celsius.

Tidak lama setelah gas tersebut dialirkan, sel tumor di dalam tubuh Anda pun akan membeku dan mati. Pihak RS Gading Pluit melalui laman resminya menegaskan bahwa metode medis terapi cryo tidak akan merusak sel yang berada di sekitar tumor.

Usai membekukan sel tumor tersebut, suhu pun dikembalikan dengan suhu tubuh yang normal. Terapi ini diklaim menimbulkan luka yang sangat kecil, rasa sakit yang minim dengan masa pemulihan pasien yang cepat.

Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda langsung bisa mengunjungi RS Gading Pluit yang berlokasi di Jalan Boulevard Timur Raya, Kelapa Gading, Jakarta Tua. Anda juga bisa menghubungi rumah sakit ini di nomor telepon (021) 5521001, 4520201.

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

Kuliner

Bakmitopia Dukung Garda Depan dengan Program Food For The Heroes

09 April 2020, 17:00

Food For The Heroes merupakan program Bakmitopia untuk mendukung mereka yang berada di garda depan penanganan pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.