MENGENAL METODE PENDIDIKAN MONTESSORI UNTUK ANAK YANG LEBIH MANDIRI

Pendidikan

Mengenal Metode Pendidikan Montessori untuk Anak

Memilih sekolah untuk buah hati bukanlah perkara yang mudah, tentunya Anda harus memperhatikan banyak aspek agar buah hati Anda dapat bersekolah di tempat yang terbaik. Saat memilih tempat bermain dan belajar, tentu Anda akan memperhatikan berbagai macam aspek. Misalnya saja metode pendidikan yang digunakan. Beberapa tahun kebelakang, muncul beberapa sekolah yang menggunakan metode pendidikan Montessori, termasuk Brainy Brunch, sekolah Islam internasional Montessori yang terletak di Tebet Jakarta Selatan.

Apa Itu Montessori?

Dilansir dari hellosehat.com, Montessori merupakan sebuah metode pendidikan yang ditemukan derta dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori. Wanita lulusan sekolah kedokteran ini merupakan dokter wanita pertama di Italia yang lulus pada tahun 1969. Karena pekerjaannya, ia kerap kali bertemu anak-anak yang akhirnya membuat ia memulai dunia pendidikan anak-anak berdasarkan hasil penelitiannya terhadap perkembangan intelektual anak yang mengalami keterbelakangan mental.

Metode ini menggunakan penekanan terhadap aktivitas pengarahan diri pada anak, pengamatan dari guru sebagai fasilitator, menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar dengan tingkat perkembangan anak, serta peran aktivitas fisik dalam menyerap pelajaran secara akademis maupun praktik langsung.

Metode Montessori juga mengajarkan anak untuk menggunakan peralatan auto correction untuk membantu belajar. Penggunaan peralatan ini bertujuan agar anak mudah mengerti perihal benar atau salahnya perbuatan yang telah mereka lakukan, sehingga anak bisa mengoreksi dirinya sendiri tanpa perlu diberi tahu pendidiknya. Untuk itu, sekolah yang menggunakan metode ini tidak ada sistem reward dan punishment.

Perbedaan Dengan Metode Pendidikan Lain

Metode Montessori masih melibatkan guru dan murid namun, di sekolah Montessori anak diajari untuk melakukan kebiasaan sehari-hari seperti melipat baju, mencuci piring setelah makan, atau merapikan tempat tidur sendiri. Anak-anak juga akan belajar sambil bermain. Mereka akan diajak bermain dengan menggunakan permainan yang mendidik. Anak-anak juga tidak dipaksa untuk belajar seperti kurikulum yang ditentukan metode pendidikan regular.

Anak-anak juga dibebaskan untuk bereksplorasi dengan aturan bebas berbatas. Anak-anak bisa melakukan apapun tanpa banyak larangan, misalnya saja membolehkan anak mengobrol asal tidak mengganggu teman lainnya. Metode pendidikan Montessori dibagi menjadi lima area belajar, yaitu pembelajaran melalui panca indra, latihan kehidupan sehari-hari, matematika, dunia sekitar, dan bahasa.

Manfaat Metode Montessori pada Anak

Jika Anda memilih sekolah yang menggunakan metode Montessori, apa manfaatnya untuk buah hati Anda? Berikut enam manfaat menggunakan Montessori sebagai metode pendidikan:

  1. Melatih Kerja Sama

    Biasanya anak balita belum masih mengedepankan kepentingan dirinya sendiri, jangankan bekerja sama, mungkin buah hati Anda tidak memiliki banyak teman karena kesulitan bersosialisasi. Di sekolah yang menggunakan metode ini, anak diarahkan untuk berbagi dan bekerja sama dengan teman-teman sekolahnya dalam setiap kegiatan. Aktivitas ini juga dilakukan untuk mengajarkan anak agar menghormati orang lain.
  2. Mendorong Anak Menjadi Mandiri

    Seperti pemaparan di atas, metode ini akan mendorong anak lebih mandiri dalam kegiatan sehari-hari. Guru sebagai fasilitator akan mengarahkan buah hati Anda untuk fokus pada hal yang mereka sukai, sehingga hal ini terbentuk menjadi suatu kebiasaan belajar mandiri. Anak juga diajari untuk menggunakan dan mengenal fungsi barang-barang sehari-hari, sehingga Anak tahu baik dan buruknya untuk mereka tanpa perlu diingatkan.
  3. Mengasah Bakat

    Guru sebagai fasilitator dilatih untuk secara jeli melihat bakat anak muridnya. Begitu sang fasilitator melihat bibit bakat sang anak murid, guru ditugaskan untuk turut serta mengasah dan mengembangkan kemampuan si kecil
  4. Anak Menjadi Lebih Kreatif

    Di sekolah yang menggunakan metode Montessori, anak akan dibiarkan memilih kegiatan yang ingin mereka lakukan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Sehingga si kecil akan lebih bebas berkreasi sesuai apa yang mereka inginkan. Hal ini juga bertujuan agar anak menganggap sekolah merupakan kegiatan yang menyenangkan bukannya mengerikan atau membosankan.

Setelah mengenal metode Montessori lebih dalam, tertarik kah Anda untuk menyekolahkan si kecil ke sekolah Montessori seperti yang ada di Tebet Jakarta Selatan? Walaupun begitu, hasil akan lebih maksimal jika Anda juga menerapkan metode ini di rumah.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

Berita Kawasan

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

04 April 2020, 17:00

Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi jika ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemkab Bogor ajak warga Bogor untuk siaga penuh bersama pemerintah.

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

Berita Kawasan

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

04 April 2020, 16:00

Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Tak mau ambil risiko, Pemprov hentikan sementara penataan kawasan empat stasiun di Jakarta.

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

04 April 2020, 15:00

Untuk menjalankan physical distancing, Disnaker Kota Depok memberlakukan sistem pembuatan kartu kuning secara online.


Comments


Please Login to leave a comment.