Mengenal Pemenang IDEAthon Kemenristekdikti, Crane Pemulasaran

Berita Kawasan

Mengenal Pemenang IDEAthon Kemenristekdikti, Crane Pemulasaran

Di situs covid19.go.id, pemerintah melaporkan penambahan orang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 689 kasus, pada Rabu (13/5/2020) lalu. Dengan demikian total kasus menjadi 15.438, rinciannya, total 3.287 pasien penyintas dan 1.028 pasien lainnya dilaporkan tutup usia. Sementara itu, Kota Surabaya menjadi wilayah yang memiliki kasus terbanyak se-Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan total 870 orang. Sebanyak 115 orang berstatus penyintas, dan pasien meninggal 97 orang.

Bukan cuma masyarakat awam yang terpapar virus SARS-CoV-2, beberapa dokter dan tenaga medis lainnya pun ada juga yang terinfeksi. Hal ini membuat Walikota Surabaya Tri Rismaharini jadi kebingungan. Sebab, secara teori, hampir mustahil jika tim medis terpapar lantaran dalam bertugas sudah dilengkapi alat pelindung diri (APD).

[Baca Juga: Menristek Dukung Apple Academy untuk Cetak Ahli IT di Indonesia]

Belakangan dia sadar ada kemungkin apa bila meningkatkan sterilisasi di lingkungan kerja tim medis. Selain itu juga, risiko penularan sangat rentan terjadi saat prosesi pemakaman jenazah pasien COVID-19 oleh petugas. “Namun mengapa masih bisa tertular? Saya pikir saat melepasnya itu dia harus steril dahulu. Sehingga virusnya sudah mati sebelum kita melepas APD tersebut,” kata Risma sebagaimana diberitakan surabaya.go.id.

Beruntung, ada donasi yang bisa membantu mewujudkan harapan Risma khususnya soal meminimalisir penularan dari jenazah pasien COVID-19. Donasi datang dari kalangan akademisi asal Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), yang membawa crane pemulasaran jenazah otomatis, robot service (rose) dan bilik sterilisasi APD.

Mengenal Pemenang IDEAthon Kemenristekdikti, Crane Pemulasaran

Donasi diberikan langsung kepada Risma oleh Rektor ITTS, Tri Arif Sarjono. Dari ketiga donasi, crane lah yang paling menarik perhatian. Pria yang karib disapa Arif ini menyebut, bahwa yang dia bawa merupakan inovasi dan teknologi terbaru ITTS yang mampu mengantarkan jenazah ke liang lahat tanpa ada kontak fisik secara langsung dengan petugas.

Crane ini terdiri dari tiga bagian. Pertama, keranda yang berfungsi membawa jenazah dari ruang jenazah ke ambulans dan ke liang lahat yang digerakkan dengan konsol dan dipegang oleh operator. “Bagian kedua yang terpasang di atas liang lahat. Fungsinya untuk menurunkan peti mati dari keranda menuju liang lahat,” bebernya.

[Baca Juga: Ini Strategi Wali Kota Surabaya Berantas COVID-19 di Rapat UCLG Aspac]

Untuk membawa peti jenazah ke atas liang lahat, arif memastikan operator harus mengarahkan keranda mendekati liang lahat. Kemudian, operator beserta tim memasang rel roda keranda membujur di atas liang lahat agar crane dapat melintang di atas liang lahat. “Lalu operator menaikkan keranda peti jenazah di atas liang lahat dengan menggunakan rel. Setelah diangkat baru keranda dan relnya dipindahkan supaya peti dapat masuk ke dalam liang lahat,” jabarnya.

Fakta lain dari teknologi yang dirancang Arif bersama Helmy Widiantara, dosen teknik komputer dan mitra kesehatan ITTS dari hospital equipment, Yusfi Achmad ini rupanya adalah salah satu karya yang telah menjadi inovasi terbaik dari 5.590 peserta yang berkompetisi ajang IDEAthon 2020 yang diselenggarakan Kemenristekdikti/BRIN.

Mengenal Pemenang IDEAthon Kemenristekdikti, Crane Pemulasaran

Sebelumnya, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) mengumumkan pemenang IDEAthon Indonesia 2020 yang fokus dalam penanganan COVID-19 di Indonesia. Ada 17 tim yang akan mendapatkan pendanaan untuk segera mengimplementasikan idenya. Crane pemulasaran ini termasuk dari 17 tim tersebut.

Dalam video konferensi Jumat 8 Mei 2020, Menteri Ristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro menerangkan melibatkan masyarakat untuk mencari solusi dalam penanganan COVID-19. Itulah tujuan dari IDEAthon yang sudah digelar sejak 13 April lalu, selain dia membentuk Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19.

“Kami menyelenggarakan ini untuk menjaring berbagai ide dari kelompok masyarakat. Tidak hanya dari sisi penyakit atau kesehatannya, tapi juga bagaimana kita bisa memitigasi dampak ekonomi dan sosialnya,” ujar Bambang dilansir tempo.co.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 4 months lalu
    emma

    Bola165 juga memberikan banyak Promo Bonus Istimewa yang tiada duanya antara lain : - Bonus New Member Up To 2 Jt - Bonus Next Deposit Up To 1 Jt /hari (bisa BerXX) - Bonus Cashback Mingguan 5% - Bonus Rolling Mingguan Up To 0.8% - Bonus TurnOver Poker Up To 0.6% - Bonus Referral Up To 5% - Dan masih Banyak Lagi segera bergabung bersama kami, dan raih berbagai macam promonya, Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)