KELAPA-GADING_KESEHATAN_MENGENAL-PROGRAM-KAMPUNG-KB-YANG-DI-TUNJUKAN-UNTUK-KESEJAHTERAAN-MASYARAT_EMIL_1100-X-600-px.jpg

Kesehatan

Mengenal Program Kampung KB untuk Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu program yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang ditujukan untuk kesehatan serta kesejahteraan masyarakat adalah ‘Kampung KB (Keluarga Berencana)’. Sayangnya program yang saat ini sudah diterapkan di ratusan wilayah DKI Jakarta, termasuk Kelapa Gading Jakarta, masih kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat luas. Karena itulah artikel ini akan mengulas mengenai program tersebut.

Program Kampung KB sebenarnya mulai dicanangkan pada Januari 2016. Kala itu, program ini dibentuk karena kurangnya pembahasan mengenai program Keluarga Berencana di Indonesia semenjak era Orde Baru (salah satunya melalui iklan ‘dua anak cukup’). Karena itulah melalui Kependudukan Keluarga Berencara dan Pembangunan Keluarga atau KKBPK, program Kampung KB pun direalisasikan guna mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas di Nusantara.

Pemilihan program ini juga bertujuan menerapkan undang-undang terkait Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Di mana undang-undang ini mengarahkan pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN untuk menangani masalah pembangunan keluarga dan bukan sekadar fokus terhadap pengendalian penduduk.

Dalam realisasinya, sebagaimana dilansir dari kampungkb.bkkbn.go.id, sasaran utama dalam pelaksasaan Kampung KB merupakan keluarga, baik yang memiliki balita, remaja serta lansia. Namun program ini juga berlaku untuk pasangan usia subur, lansia, remaja. Salah satu langkah yang dilakukan oleh BKKBN serta perangkat pemerintahan setempat adalah melakukan berbagai penyuluhan di Kampung KB, seperti mengenai pernikahan dini serta perceraian dan penggunaan alat kontrasepsi.

Kampung KB pada dasarnya adalah mengembalikan program KB agar masyarakat lebih sejahtera dan mampu melakukan delapan fungsi keluarga (fungsi agama, fungsi sosial, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi pelestarian lingkungan, fungsi reproduksi) dari BKKBN.

“Keluarga Berencana tidak hanya dimaknai sebagai upaya pengendalian kelahiran semata, akan tetapi juga membangun kesadaran setiap keluarga agar memiliki dukungan sosial-budaya, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan yang memadai agar kegidupan keluarga menjadi sejahtera,” ucap Sigit Priohutomo selaku Pelaksana Tugas Kepala BKKBN, terkait Kampung KB sebagai upaya mempercepat terwujudnya kualitas sumber daya manusia pada September 2018, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com.

Kampung KB sendiri di DKI Jakarta tercatat ada sekira 122 yang terbagi atas Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Pusa, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Adminitrasi Jakarta Timur. Di Kelapa Gading Jakarta sendiri terhitung ada dua Kampung KB yakni satu di Kelapa Gading Timur, satu lagi di Pegangsaan Dua.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.