tamplate foto pingpoint [Autosaved].jpg

Kesehatan

Mengenal Snoozelen Therapy, Layanan Baru di Brawijaya Clinic Kemang

Brawijaya Clinic Kemang menawarkan layanan baru yang masih jarang ditemui di pusat kesehatan lainnya. Termasuk dalam bagian layanan Child Development Center atau CDC, layanan ini bernama Snoozelen Therapy. Melansir akun Instagram resmi @brawijayaclinic_kemang, mereka menawarkan layanan ini untuk anak-anak yang menderita autisme, ADHD, down syndrome, hiperaktif, dan lain-lain.

Mengenal Snoozelen Therapy

Snoozelen Therapy merupakan suatu aktifitas yang dirancang untuk mempengaruhi Sistem Saraf Pusat melalui pemberian stimulus yang cukup pada sistem sensori primer dan sensori sekunder. Stimulasi yang akan diberikan kepada pasien selama proses terapi antara lain adalah pengelihatan, pendengaran, sensor sentuhan, dan juga penciuman.

Kata Snoozelen sendiri diambil dari 2 kata: snoeffelen (to sniff): mencium bau, aktif, dinamis; dan dozelen (to doze) tidur sebentar, nyaman rileks. Atau dengan kata lain, pengertian Snoezelen adalah lingkungan atau tempat yang mengembangkan multisensoris dengan cara relaksasi.

dr. Amendi Nasution, Sp.KFR (K) selaku tim dokter tumbuh kembang anak di Brawijaya Clinic Kemang menyampaikan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari Snoozelen Therapy yang diantaranya adalah menjadi peluang untuk anak mendapatkan relaksasi, eksplorasi dan ekspresi diri. Tak hanya itu, Snoozelen Therapy juga dapat memberikan stimulasi dasar yang terkadang tidak diperoleh oleh si pasien.

Selain ditujukan untuk anak-anak penderita autism, ADHD, down syndrome, dan juga hiperaktif, lebih spesifik lagi terapi ini juga dapat ditujukan kepada anak-anak yang memiliki kondisi sulit konsentrasi, mudah teralihkan, takut, sulit memulai aktifitas, kurangnya kontak mata, sulit berekspresi, sulit memberikan reaksi pada lingkungan, dan juga tidak percaya diri pada kemampuannya.

Alur Pelaksanaan Terapi

Untuk mendapatkan layanan Snoozelen Therapy di Brawijaya Clinic Kemang, Pointers harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan para dokter tumbuh kembang anak. Selanjutnya, para dokter akan memberikan diagnosa terhadap keluhan dan juga riwayat tumbuh kembang pasien tersebut. Setelah sampai pada tahap terapi, pasien dianjurkan untuk melakukan terapi sebanyak 10 kali lalu diberikan evaluasi.

Terapi yang dilaksanakan di dalam ruangan dengan lighting, audio, dan juga aroma ini sangat bergantung pada kondisi anak sebagai pasien. Kondisi dan juga respons anak terhadap terapi ini dapat menentukan apakah tujuan terapi sudah tercapai atau masih kurang. Hal tersebut tentunya dapat berbeda-beda di setiap anak. Maka, keberhasilan Snoozelen Therapy tidak memiliki patokan yang pasti.


Read More

Brawijaya Clinic Kemang

Klinik Medis

+622122717656
None

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.