SERPONG_KESEHATAN_MENGENAL-TINGKAT-KEPARAHAN-WASIR-YANG-PERLU-DIWASPADAI_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Kesehatan

Mengenal Tingkat Keparahan Wasir yang Perlu Diwaspadai

Apakah Anda pernah mengalami pendarahan pada anus? Jika pernah, ada kemungkinan besar menderita wasir atau ambeien. Wasir atau dikenal dengan nama Hemoroid ini merupakan penyakit yang kerap diderita oleh banyak masyarakat Indonesia. Biasanya disebabkan oleh pola hidup yang buruk.

Bagi penderitanya, wasir tentu sangat mengganggu. Ini disebabkan oleh kondisi ketidaknyamanan yang terjadi pada bagian anus yang mengalami pembengkakkan dan ditandai dengan benjolan. Memang tidak mematikan, namun penyakit ini perlu diwaspadai agar tidak terjadi hal-hal lain yang tidak kita inginkan.

Seperti dilansir laman bethsaidahospitals.com, Jumat (5/10/2018), laman resmi Bethsaida Hospital Gading Serpong, Tangerang, wasir merupakan jaringan dan pembuluh darah yang mengatur pengeluaran kotoran. Terkadang, jaringan dan pembuluh darah tersebut dapat mengalami bengkak yang muncul keluar melewati anus.

Awalnya penderita akan mengalami gejala utama yang mudah dideteksi, yaitu keluarnya darah saat buang air besar. Hal ini dapat terjadi akibat lemahnya jaringan penyangga pembuluh darah di daerah anus.

Penyakit wasir juga mempunyai stadium tertentu dibedakan dari tingkat keparahannya. Ada empat stadium ambeien yang umumnya terjadi, di antaranya sebagai berikut:

Ambeien Stadium I

Stadium ini ditandai dengan mulai timbulnya rasa tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal di dalam anus. Kejadian ini biasanya Anda rasakan saat duduk dan berjalan. Tanda-tanda lain adalah sering terasa gatal dan panas di sekitar anus. Penyakit ini bisa diobati dengan herbal ambeien.

Ambeien Stadium II

Stadium ini ditandai dengan adanya bercak darah pada kotoran yang keluar dari anus. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan kotoran pada pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Dalam stadium ini biasanya muncul tonjolan berwarna ungu kehitaman yang keluar dari dubur saat Anda jongkok dan BAB. Namun benjolan itu bisa masuk dengan sendirinya.

Ambeien Stadium III

Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan dari anus yang tidak bisa kembali masuk dengan sendirinya. Anda harus memasukkannya dengan jari tangan untuk bisa kembali dalam posisi normal. Pastinya keluarnya tonjolan itu disertai dengan tetesan atau bercak-bercak darah karena adanya luka pada pembuluh darah yang membengkak.

Ambeien Stadium IV

Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan yang tidak bisa kembali masuk lagi meski pun sudah dimasukkan dengan jari tangan. Tonjolan itu selalu kembali keluar disertai dengan bercak-bercak darah. Pada stadium ini, Anda dianjurkan untuk menjalani tindakan penyembuhan secara medis. Bisa dengan operasi, tembak laser dan sebagainya. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk melakukan penggabungan tindakan medis dengan herbal ambeien. Proses penyembuhan dan pemulihannya jauh lebih cepat dibanding jika Anda tidak melakukan penggabungan.

Lalu Bagaimana Penanganannya?

Jika penderita sudah mengalami wasir atau ambeien tingkat empat, pasien butuh penanganan medis yang tepat. Salah satu teknik medis yang bisa digunakan adalah teknik stapler. Teknik ini bertujuan mengurangi jumlah prolapse pada ambeien dengan mengambil sebagian jaringan mucosa di atas linear dentata, sehingga hemoroid kembali ke dalam rektum.

Proses bedah minimal invasif ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya memakan waktu sekira 1 jam. Setelah menjalani proses operasi pun pasien dapat langsung kembali beraktivitas seperti biasanya. Hal ini menjadikan teknik ini sebagai pilihan utama untuk dilakukan apabila pasien mengalami wasir. Rasa sakit operasinya pun hanya sedikit dan hasil bentuk operasinya pun lebih baik.

Pengobatan ambeien dengan teknik stapler tersebut, bisa Anda temui di Bethsaida Hospital Gading Serpong. Rumah sakit ini terletak di Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Kav 29, Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang 15810.


Read More

Artikel Lainnya

Tiramisusu.jpg

Kuliner

Tiramisusu, Oleh-Oleh Viral Khas Bandung

16 April 2021, 18:01

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang saat ini tengah viral adalah Tiramisusu. Tiramisusu merupakan produk terbaru dari Chocomory besutan Cimory. Tak kalah lezat dengan Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.


Comments


Please Login to leave a comment.