SERPONG_KESEHATAN_MENGENAL-TINGKAT-KEPARAHAN-WASIR-YANG-PERLU-DIWASPADAI_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Kesehatan

Mengenal Tingkat Keparahan Wasir yang Perlu Diwaspadai

Apakah Anda pernah mengalami pendarahan pada anus? Jika pernah, ada kemungkinan besar menderita wasir atau ambeien. Wasir atau dikenal dengan nama Hemoroid ini merupakan penyakit yang kerap diderita oleh banyak masyarakat Indonesia. Biasanya disebabkan oleh pola hidup yang buruk.

Bagi penderitanya, wasir tentu sangat mengganggu. Ini disebabkan oleh kondisi ketidaknyamanan yang terjadi pada bagian anus yang mengalami pembengkakkan dan ditandai dengan benjolan. Memang tidak mematikan, namun penyakit ini perlu diwaspadai agar tidak terjadi hal-hal lain yang tidak kita inginkan.

Seperti dilansir laman bethsaidahospitals.com, Jumat (5/10/2018), laman resmi Bethsaida Hospital Gading Serpong, Tangerang, wasir merupakan jaringan dan pembuluh darah yang mengatur pengeluaran kotoran. Terkadang, jaringan dan pembuluh darah tersebut dapat mengalami bengkak yang muncul keluar melewati anus.

Awalnya penderita akan mengalami gejala utama yang mudah dideteksi, yaitu keluarnya darah saat buang air besar. Hal ini dapat terjadi akibat lemahnya jaringan penyangga pembuluh darah di daerah anus.

Penyakit wasir juga mempunyai stadium tertentu dibedakan dari tingkat keparahannya. Ada empat stadium ambeien yang umumnya terjadi, di antaranya sebagai berikut:

Ambeien Stadium I

Stadium ini ditandai dengan mulai timbulnya rasa tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal di dalam anus. Kejadian ini biasanya Anda rasakan saat duduk dan berjalan. Tanda-tanda lain adalah sering terasa gatal dan panas di sekitar anus. Penyakit ini bisa diobati dengan herbal ambeien.

Ambeien Stadium II

Stadium ini ditandai dengan adanya bercak darah pada kotoran yang keluar dari anus. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan kotoran pada pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Dalam stadium ini biasanya muncul tonjolan berwarna ungu kehitaman yang keluar dari dubur saat Anda jongkok dan BAB. Namun benjolan itu bisa masuk dengan sendirinya.

Ambeien Stadium III

Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan dari anus yang tidak bisa kembali masuk dengan sendirinya. Anda harus memasukkannya dengan jari tangan untuk bisa kembali dalam posisi normal. Pastinya keluarnya tonjolan itu disertai dengan tetesan atau bercak-bercak darah karena adanya luka pada pembuluh darah yang membengkak.

Ambeien Stadium IV

Stadium ini ditandai dengan keluarnya tonjolan yang tidak bisa kembali masuk lagi meski pun sudah dimasukkan dengan jari tangan. Tonjolan itu selalu kembali keluar disertai dengan bercak-bercak darah. Pada stadium ini, Anda dianjurkan untuk menjalani tindakan penyembuhan secara medis. Bisa dengan operasi, tembak laser dan sebagainya. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk melakukan penggabungan tindakan medis dengan herbal ambeien. Proses penyembuhan dan pemulihannya jauh lebih cepat dibanding jika Anda tidak melakukan penggabungan.

Lalu Bagaimana Penanganannya?

Jika penderita sudah mengalami wasir atau ambeien tingkat empat, pasien butuh penanganan medis yang tepat. Salah satu teknik medis yang bisa digunakan adalah teknik stapler. Teknik ini bertujuan mengurangi jumlah prolapse pada ambeien dengan mengambil sebagian jaringan mucosa di atas linear dentata, sehingga hemoroid kembali ke dalam rektum.

Proses bedah minimal invasif ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya memakan waktu sekira 1 jam. Setelah menjalani proses operasi pun pasien dapat langsung kembali beraktivitas seperti biasanya. Hal ini menjadikan teknik ini sebagai pilihan utama untuk dilakukan apabila pasien mengalami wasir. Rasa sakit operasinya pun hanya sedikit dan hasil bentuk operasinya pun lebih baik.

Pengobatan ambeien dengan teknik stapler tersebut, bisa Anda temui di Bethsaida Hospital Gading Serpong. Rumah sakit ini terletak di Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Kav 29, Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang 15810.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.