Mengenal Ultramarathon dan Perbedaannya dengan Nomor Lari Jarak Jauh Lain

Kesehatan

Mengenal Ultramarathon dan Bedaannya dengan Lari Jarak Jauh Lain

Ultramarathon semakin marak diselenggarakan dalam event-event lari level nasional maupun internasional. jika pada marathon jarak yang harus ditempuh itu 42 kilometer 195 meter, maka jarak ultramarathon jauh lebih dari itu.

Dilansir dari runnersworld.com (16/7/2019), biasanya jarak tempuh ultramarathon dimulai dari jarak 50 kilometer hingga ratusan kilometer. Ultramarathon atau yang dikenal dengan ultra running ini memiliki deadline waktu, misalnya 7 jam, atau 36 jam, atau berhari-hari, tergantung sejauh apa jarak yang harus ditempuh pelari.

Tak ada catatan pasti sejak kapan ultramarathon menjadi salah satu jenis olahraga yang dipertandingkan. Namun, salah satu ajang bertajuk Comrades Marathon merupakan pertandingan tertua, bahkan terbesar di dunia yang dimulai sejak tahun 1921. Pada 24 Mei 1921, ajang ultramarathon pertama kali dipertandingkan dengan batasan waktu dan jarak tempuh sekitar 89 kilometer.

[Baca Juga: Ingin Coba Ultramarathon? Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya]

Jenis olahraga ini sudah diakui oleh International Amateur Athletic Federation (IIAF). Lomba lari ultramarathon memiliki dua jenis lomba, yakni standard an non-standar. Kategori standar biasanya mempunyai jarak nomor 50 kilometer, 100 kilometer, 100 mil, dengan waktu tempuh 24 jam, 200 kilometer, 48 jam, bahkan 1.000 kilometer.

Salah satu charity run yang menggunakan sistem ultramarathon ialah Run To Care yang diinisiasi SOS Children’s Villages yang akan diadakan di Bali, pada 26-28 Juli 2019. Lari amal Run To Care berjarak 150 kilometer dan memiliki misi untuk mewujudkan kehidupan yang berkualitas bagi ribuan anak.

Konsep Run To Care ini melibatkan 300 pelari, lebih dari 6400 donatur, hingga puluhan mitra korporasi yang berkomitmen mewujudkan masa depan ribuan anak yang ada di SOS Children’s Villages.

Mengenal Ultramarathon dan Perbedaannya dengan Nomor Lari Jarak Jauh Lain

Kembali Ke Alam

Berlari dengan jarak yang sangat jauh ini ternyata dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental para pelari. Karena tidak sedikit peserta ultramarathon yang menjadikan lomba sebagai kepuasan batin. Karena sensasi berlari dan melewati batas diri merupakan hal yang dikejar para pelari, bukan lagi hanya soal piala ataupun medali.

Mengutip dari Telegraph, Damian Hall mengatakan bahwa berpartisipasi dalam ultramarathon lebih mudah dibandingkan mengikuti marathon. Karena lokasi ultramarathon biasanya dilakukan di tempat yang dekat dengan alam bukan di perkotaan layaknya marathon biasa.

[Baca Juga: 300 Pelari Run To Care Siap Wujudkan Mimpi Ribuan Anak Indonesia]

Hal ini memicu lebih banyak otot pada tubuh untuk bergerak. Lalu, mental seseorang juga menjadi lebih baik karena berolahraga di alam bebas dapat memicu efek biofilia, suatu keadaan atau keinginan bawah sadar Anda untuk berdekatan dengan alam yang dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan mental. Jadi, sudah tertarik untuk mencoba ultramarathon?


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.