Mengenal Ultramarathon dan Perbedaannya dengan Nomor Lari Jarak Jauh Lain

Kesehatan

Mengenal Ultramarathon dan Bedaannya dengan Lari Jarak Jauh Lain

Ultramarathon semakin marak diselenggarakan dalam event-event lari level nasional maupun internasional. jika pada marathon jarak yang harus ditempuh itu 42 kilometer 195 meter, maka jarak ultramarathon jauh lebih dari itu.

Dilansir dari runnersworld.com (16/7/2019), biasanya jarak tempuh ultramarathon dimulai dari jarak 50 kilometer hingga ratusan kilometer. Ultramarathon atau yang dikenal dengan ultra running ini memiliki deadline waktu, misalnya 7 jam, atau 36 jam, atau berhari-hari, tergantung sejauh apa jarak yang harus ditempuh pelari.

Tak ada catatan pasti sejak kapan ultramarathon menjadi salah satu jenis olahraga yang dipertandingkan. Namun, salah satu ajang bertajuk Comrades Marathon merupakan pertandingan tertua, bahkan terbesar di dunia yang dimulai sejak tahun 1921. Pada 24 Mei 1921, ajang ultramarathon pertama kali dipertandingkan dengan batasan waktu dan jarak tempuh sekitar 89 kilometer.

[Baca Juga: Ingin Coba Ultramarathon? Ini 5 Hal Persiapan Wajibnya]

Jenis olahraga ini sudah diakui oleh International Amateur Athletic Federation (IIAF). Lomba lari ultramarathon memiliki dua jenis lomba, yakni standard an non-standar. Kategori standar biasanya mempunyai jarak nomor 50 kilometer, 100 kilometer, 100 mil, dengan waktu tempuh 24 jam, 200 kilometer, 48 jam, bahkan 1.000 kilometer.

Salah satu charity run yang menggunakan sistem ultramarathon ialah Run To Care yang diinisiasi SOS Children’s Villages yang akan diadakan di Bali, pada 26-28 Juli 2019. Lari amal Run To Care berjarak 150 kilometer dan memiliki misi untuk mewujudkan kehidupan yang berkualitas bagi ribuan anak.

Konsep Run To Care ini melibatkan 300 pelari, lebih dari 6400 donatur, hingga puluhan mitra korporasi yang berkomitmen mewujudkan masa depan ribuan anak yang ada di SOS Children’s Villages.

Mengenal Ultramarathon dan Perbedaannya dengan Nomor Lari Jarak Jauh Lain

Kembali Ke Alam

Berlari dengan jarak yang sangat jauh ini ternyata dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental para pelari. Karena tidak sedikit peserta ultramarathon yang menjadikan lomba sebagai kepuasan batin. Karena sensasi berlari dan melewati batas diri merupakan hal yang dikejar para pelari, bukan lagi hanya soal piala ataupun medali.

Mengutip dari Telegraph, Damian Hall mengatakan bahwa berpartisipasi dalam ultramarathon lebih mudah dibandingkan mengikuti marathon. Karena lokasi ultramarathon biasanya dilakukan di tempat yang dekat dengan alam bukan di perkotaan layaknya marathon biasa.

[Baca Juga: 300 Pelari Run To Care Siap Wujudkan Mimpi Ribuan Anak Indonesia]

Hal ini memicu lebih banyak otot pada tubuh untuk bergerak. Lalu, mental seseorang juga menjadi lebih baik karena berolahraga di alam bebas dapat memicu efek biofilia, suatu keadaan atau keinginan bawah sadar Anda untuk berdekatan dengan alam yang dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan mental. Jadi, sudah tertarik untuk mencoba ultramarathon?


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.