SERPONG_PROPERTI_MENGHILANGKAN BAU ASAP ROKOK DI DALAM RUMAH_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Menghilangkan Bau Asap Rokok di Dalam Rumah

Ada banyak jenis bau yang bisa mencemari udara di dalam rumah. Salah satunya adalah bau asap rokok. Bau ini bisa timbul karena adanya kegiatan merokok di dalam atau dekat rumah. Masalahnya, bau ini tidak hanya mengganggu penciuman, tetapi juga berisiko mengancam kesehatan. Sebab dengan adanya bau tersebut, berarti racun yang terkandung dalam asap rokok memang masih ada di dalam rumah. Di sisi lain, bau asap rokok ini juga terkadang sulit dilihangkan.

Untuk bisa menghilangkan bau asap rokok ini, ada satu hal yang bisa dilakukan penghuni rumah yaitu jangan merokok lagi atau membiarkan tamu membakar rokok di lingkungan rumah. Tetapi, jika memang kebiasaan merokok itu sulit dihilangkan, cobalah secara perlahan atau bertahap. Barengi upaya tersebut dengan langsung menghilangkan bau asap setelah melakukan kegiatan merokok.

Cara untuk menghilangkan bau asap rokok selain dengan berhenti merokok ini memang cukup panjang dan merepotkan. Tapi, hal ini perlu dilakukan agar bau asap rokok tidak terperangkap, serta demi bersih dan sehatnya udara yang ada di dalam rumah. Bahkan siapa tahu, dengan melakukan kegiatan ini secara rutin setiap habis merokok, Anda yang memang perokok bisa berhenti karena merasa kerepotan dengan berbagai hal yang harus dilakukan setelahnya. Adapun cara menghilangkan asap tersebut adalah dengan:

1. Membuka Semua Lubang Ventilasi

Jika ingin bau asap segera hilang setelah kegiatan merokok selesai, maka bukalah semua ventilasi yang ada di rumah, baik ventilasi permanen seperti lubang sirkulasi udara, maupun ventilasi buka-tutup seperti pintu dan jendela rumah. Ini agar asap rokok tidak terperangkap di bagian dalam atau interior rumah. Cara ini juga bisa meminimalisir dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh asap rokok itu sendiri. Ingat, semakin banyak ventilasi yang dibuka, maka akan semakin baik karena udara yang tercemar bisa digantikan dengan udara baru yang lebih segar serta sehat.

2. Segera Dibersihkan

Setelah buka semua ventilasi, segera bersihkan semua asbak yang jadi wadah abu rokok. Kosongkan asbak lalu cuci menggunakan air hangat dan sabun cair anti bakteri. Ganti juga semua asbak yang tersimpan di dalam rumah dengan mangkuk kecil berisi bubuk soda kue atau cuka putih. Bahan dapur ini akan menyerap bau, namun harus sering diganti karena hanya efektif selama dua jam. Sementara sebagai catatan, biarkan semua ventilasi buka-tutup tetap terbuka selama proses penghilangan bau ini berlangsung.

3. Bersihkan Perabot Berbahan Kain

Selesai dengan peralatan rokok, beralih ke perabot berbahan kain seperti sofa dan karpet. Sebab biasanya, bahan ini akan menyerap dan menyimpan bau, termasuk bau dan kandungan racun yang ada dalam asap rokok. Gunakan semprotan khusus untuk menghilangkan bau rokok pada perabot ini. Atau sebagai alternatif, taburi permukaan kain yang berbau dengan bubuk soda kue, biarkan beberapa saat, lalu sedot sisanya dengan mesin pengisap debu.

Jika semua hal itu dilakukan, maka bau asap rokok tidak akan berada terlalu lama di dalam rumah. Udara pun akan segera terganti dengan yang baru sehingga lebih segar dan menyehatkan. Bila memungkinkan, tempatkan pula beberapa tanaman hias di dalam rumah. Sebab memang, ada beberapa jenis tanaman yang bisa menyaring udara kotor atau tercemar, dan menggantinya dengan udara yang lebih bersih


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.