Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Berita Kawasan

Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Banyaknya antusias warga yang memanfaatkan libur Lebaran dengan berwisata, salah satunya ke Museum Sejarah Jakarta, membuat pihak pengelola melakukan penambahan loket pintu masuk, yakni di pintu barat dan pintu utara. Hal tersebut di lakukan untuk mengantisipasi antrean panjang yang ingin masuk ke Museum Sejarah Jakarta.

Loket pintu masuk ditambahkan selama empat hari, yaitu pada tanggal 6-9 Juni 2019 sebagaimana dikatakan Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Sri Kusumawati. "Kami membuka dua pintu loket, yaitu loket barat dan pintu loket utara untuk mengantisipasi antrean panjang pengunjung Museum Sejarah Jakarta," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (7/6/2019).

Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Dia juga menjelaskan, waktu kunjungan Museum Sejarah Jakarta selama libur Lebaran diperpanjang menjadi 12 jam. Sehingga, musim libur Lebaran kemarin, pengunjung bisa datang dari pukul 08.00 hingga 20.00. Tujuan perpanjangan jam operasional Museum Sejarah Jakarta adalah untuk memberikan kesempatan bagi para pengunjung dari luar kota atau daerah yang ingin mengunjungi museum ini. 

[Baca Juga: Disparbud DKI Menata Jalur Di Kota Tua untuk Tingkatkan Wisatawan]

Seorang pengunjung yang datang dari Mampang Prapatan Hendra (37) mengaku baru pertama kali mengunjungi Museum Sejarah Jakarta. Dia yang mengajak istri dan kedua anaknya berwisata ke Museum Sejarah Jakarta mengaku takjub dengan tata pamer dan ruang museum yang dihadirkan di dalamnya.

Menurutnya, nuansa masa lalu begitu kental saat masuk ke area dalam Museum Sejarah Jakarta. Selain itu, ragam koleksi seperti ruang koleksi meriam dan pedang, miniatur kapal layar, senjata api kuno dan blueprint pembangunan kota, serta peralatan yang digunakan saat Zaman Batu seolah mengajaknya ke masa kolonial.

"Ternyata di sini banyak menyimpan koleksi yang bisa mengajak kita seolah-olah kembali ke masa kolonial dan tahu perjalanan sejarah Jakarta," tuturnya.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Sementara, terkait jumlah pengunjung, Koordinator  Pemandu Wisata UP Museum Kesejarahan Jakarta Amat Kusaini Al Alexs mengutarakan, pengunjung yang datang ke museum yang berada di kawasan Kota Tua ini berjumlah mencapai 11.600 orang pada Lebaran hari kedua.

Jumlah tersebut menunjukan, Museum Sejarah Jakarta masih menjadi lokasi favorit wisata pengunjung kawasan Kota Tua selama libur Lebaran.

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.