Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Berita Kawasan

Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Banyaknya antusias warga yang memanfaatkan libur Lebaran dengan berwisata, salah satunya ke Museum Sejarah Jakarta, membuat pihak pengelola melakukan penambahan loket pintu masuk, yakni di pintu barat dan pintu utara. Hal tersebut di lakukan untuk mengantisipasi antrean panjang yang ingin masuk ke Museum Sejarah Jakarta.

Loket pintu masuk ditambahkan selama empat hari, yaitu pada tanggal 6-9 Juni 2019 sebagaimana dikatakan Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Sri Kusumawati. "Kami membuka dua pintu loket, yaitu loket barat dan pintu loket utara untuk mengantisipasi antrean panjang pengunjung Museum Sejarah Jakarta," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (7/6/2019).

Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Dia juga menjelaskan, waktu kunjungan Museum Sejarah Jakarta selama libur Lebaran diperpanjang menjadi 12 jam. Sehingga, musim libur Lebaran kemarin, pengunjung bisa datang dari pukul 08.00 hingga 20.00. Tujuan perpanjangan jam operasional Museum Sejarah Jakarta adalah untuk memberikan kesempatan bagi para pengunjung dari luar kota atau daerah yang ingin mengunjungi museum ini. 

[Baca Juga: Disparbud DKI Menata Jalur Di Kota Tua untuk Tingkatkan Wisatawan]

Seorang pengunjung yang datang dari Mampang Prapatan Hendra (37) mengaku baru pertama kali mengunjungi Museum Sejarah Jakarta. Dia yang mengajak istri dan kedua anaknya berwisata ke Museum Sejarah Jakarta mengaku takjub dengan tata pamer dan ruang museum yang dihadirkan di dalamnya.

Menurutnya, nuansa masa lalu begitu kental saat masuk ke area dalam Museum Sejarah Jakarta. Selain itu, ragam koleksi seperti ruang koleksi meriam dan pedang, miniatur kapal layar, senjata api kuno dan blueprint pembangunan kota, serta peralatan yang digunakan saat Zaman Batu seolah mengajaknya ke masa kolonial.

"Ternyata di sini banyak menyimpan koleksi yang bisa mengajak kita seolah-olah kembali ke masa kolonial dan tahu perjalanan sejarah Jakarta," tuturnya.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Sementara, terkait jumlah pengunjung, Koordinator  Pemandu Wisata UP Museum Kesejarahan Jakarta Amat Kusaini Al Alexs mengutarakan, pengunjung yang datang ke museum yang berada di kawasan Kota Tua ini berjumlah mencapai 11.600 orang pada Lebaran hari kedua.

Jumlah tersebut menunjukan, Museum Sejarah Jakarta masih menjadi lokasi favorit wisata pengunjung kawasan Kota Tua selama libur Lebaran.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.