Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Berita Kawasan

Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Banyaknya antusias warga yang memanfaatkan libur Lebaran dengan berwisata, salah satunya ke Museum Sejarah Jakarta, membuat pihak pengelola melakukan penambahan loket pintu masuk, yakni di pintu barat dan pintu utara. Hal tersebut di lakukan untuk mengantisipasi antrean panjang yang ingin masuk ke Museum Sejarah Jakarta.

Loket pintu masuk ditambahkan selama empat hari, yaitu pada tanggal 6-9 Juni 2019 sebagaimana dikatakan Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Sri Kusumawati. "Kami membuka dua pintu loket, yaitu loket barat dan pintu loket utara untuk mengantisipasi antrean panjang pengunjung Museum Sejarah Jakarta," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (7/6/2019).

Mengintip Antusias Warga Berwisata ke Museum Sejarah Jakarta di Libur Lebaran

Dia juga menjelaskan, waktu kunjungan Museum Sejarah Jakarta selama libur Lebaran diperpanjang menjadi 12 jam. Sehingga, musim libur Lebaran kemarin, pengunjung bisa datang dari pukul 08.00 hingga 20.00. Tujuan perpanjangan jam operasional Museum Sejarah Jakarta adalah untuk memberikan kesempatan bagi para pengunjung dari luar kota atau daerah yang ingin mengunjungi museum ini. 

[Baca Juga: Disparbud DKI Menata Jalur Di Kota Tua untuk Tingkatkan Wisatawan]

Seorang pengunjung yang datang dari Mampang Prapatan Hendra (37) mengaku baru pertama kali mengunjungi Museum Sejarah Jakarta. Dia yang mengajak istri dan kedua anaknya berwisata ke Museum Sejarah Jakarta mengaku takjub dengan tata pamer dan ruang museum yang dihadirkan di dalamnya.

Menurutnya, nuansa masa lalu begitu kental saat masuk ke area dalam Museum Sejarah Jakarta. Selain itu, ragam koleksi seperti ruang koleksi meriam dan pedang, miniatur kapal layar, senjata api kuno dan blueprint pembangunan kota, serta peralatan yang digunakan saat Zaman Batu seolah mengajaknya ke masa kolonial.

"Ternyata di sini banyak menyimpan koleksi yang bisa mengajak kita seolah-olah kembali ke masa kolonial dan tahu perjalanan sejarah Jakarta," tuturnya.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Sementara, terkait jumlah pengunjung, Koordinator  Pemandu Wisata UP Museum Kesejarahan Jakarta Amat Kusaini Al Alexs mengutarakan, pengunjung yang datang ke museum yang berada di kawasan Kota Tua ini berjumlah mencapai 11.600 orang pada Lebaran hari kedua.

Jumlah tersebut menunjukan, Museum Sejarah Jakarta masih menjadi lokasi favorit wisata pengunjung kawasan Kota Tua selama libur Lebaran.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.