Ini yang Dorong Bisnis King Kobra Eksis Selama Puluhan Tahun

Bisnis

Mengintip Bisnis Restoran dan Pengobatan Alternatif Darah Ular Kobra

Jika Anda termasuk orang yang kerap berkeliling di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat, maka Anda tak akan asing lagi dengan area Jalan Mangga Besar. Area ini kerap terkenal dengan hiburan malamnya serta berbagai sajian kuliner yang ramai di kala matahari telah terbenam. Namun di antara semua bisnis yang tersedia di kawasan ini, ada satu usaha yang terbilang unik serta ekstrem yang sudah eksis lama. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah para pengusaha darah ular kobra.

Di antara sejumlah pedagang darah ular kobra yang mayoritas menjajakan usahanya dalam bentuk tenda atau kaki lima, ada satu pengusaha yang memiliki toko permanen dan sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Dengan nama King Kobra, PingPoint.co.id berkesempatan berdialog dengan pemiliknya Erika Mayasari. Ia menyebut, usaha ini dibangun oleh kakeknya yang berasal dari Tiongkok.

Ini yang Dorong Bisnis King Kobra Eksis Selama Puluhan Tahun

“King Kobra berdirinya sudah lama, istilahnya sudah turun temurun (dengan) berdirinya kurang lebih dari tahun 1965. Kakek saya yang bangun dan dari dulu (usahanya) sudah bentuk resto bukan kaki lima,” ungkap Erika kepada PingPoint.co.id di Restoran King Kobra, Jalan Mangga Besar Raya No.93C, Taman Sari, Jakarta Barat (27/1/2020).

Menurut Erika, berdirinya King Kobra tak terlepas dari pengetahuan kakeknya ketika ia masih tinggal di Tiongkok. Di mana pengobatan menggunakan darah serta empedu ular kobra menjadi sesuatu yang umum diketahui. Kemudian ketika ia pindah ke Indonesia, Erika melanjutkan, kakeknya kerap membantu kenalannya yang menderita sakit dengan memberikan rekomendasi pengobatan alternatif dari reptil beracun itu yang ternyata disebut ampuh. Berbekal pengetahuan inilah, kakek Erika pun mulai membangun bisnis King Kobra.

[Baca Juga: Ini yang Dorong Bisnis King Kobra Eksis Selama Puluhan Tahun]

Dari segi produk yang ditawarkan, King Kobra pada dasarnya memiliki konsep restoran serta pengobatan. Walau bentuknya restoran tapi semua menu yang ditawarkan memang cukup ekstrem dengan contoh biawak goreng, buaya goreng, sate ular, piton goreng, sop ular, dan masih banyak lagi. Menariknya, semua menu ini berdasarkan klaim Erika juga memiliki manfaat pengobatan alternatif juga, seperti membantu mengobati penyakit kulit hingga asma.

Namun mayoritas yang datang ke King Kobra menurut Erika adalah para konsumen yang memang mencari pengobatan alternatif. Dengan kebanyakannya mengetahui mengenai bisnisnya ini dari mulut ke mulut yang disebut sudah merasakan manfaat dari mengonsumsi darah serta ramuan empedu ular yang ada di King kobra.

Ini yang Dorong Bisnis King Kobra Eksis Selama Puluhan Tahun

Ular-ular yang ada di King Kobra pun terbilang beragam. Dari mulai ular jenis kobra hitam, lanang sapi, kali mangsa, belang, hijau, tanah, piton, hingga yang termahal adalah king kobra. Menariknya, banyak persepsi yang memandang khasiat pengobatan medis dari ular-ular ini berasal dari darahnya. Menurut Erika ini tak sepenuhnya benar. Pasalnya, khasiat utama dari konsumsi reptil ini justru dari empedu serta arak khusus. Dengan Erika yang menyebut, sajian arak inilah yang membedakan King Kobra dengan pengusaha serupa lainnya di Mangga Besar. Namun terdapat catatan, bahwa usai minum ramuan ini, konsumennya tidak boleh minum air kelapa, teh, susu, serta kopi selama beberapa jam. Karena minuman tersebut dapat menetralisir khasiatnya.

[Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Gigitan Ular?]

“Kita pakai ramuan spesial, arak obat bukan hanya arak biasa. Customer-nya biasanya datang untuk pengobatan diabetes, pernapasan, dan yang paling banyak itu buat masalah kulit. Kalau penyakit kulit, pengobatannya ada luar dan dalam. Kalau dalam melalui empedu dan makanan, kalau luarnya ada minyak ular dan biawak,” ujar Erika.

Ia menambahkan, berbagai sajian yang ada di King Kobra memiliki harga yang beragam, untuk makanan dimulai dari Rp25.000 sedangkan untuk ramuan darah serta empedu ular dimulai dari Rp100.000. Dengan biasanya Erika mendengarkan terlebih dahulu apa keluhan dari konsumennya dan dari sinilah, ia bisa memberikan rekomendasi apa yang harus dikonsumsi.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 4 months lalu
    kelly

    Jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info Dan kamu hanya perlu bermain game untuk menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? Kunjungi situs nya sekarang juga. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE

  • Natasya88 2 years, 4 months lalu
    Natasya88

    Banyak orang yang telah ambil Hadiah Angpao 5% Hingga meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga (tinggal klik tulisan "Click Disini" <ahref="https://dupa88.co/promotion" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>