Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Berita Kawasan

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Lebaran Betawi kembali digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pada 19-21 Juli 2019, Lebaran Betawi digelar meriah di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dalam perhelatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir di hari ketiga, yakni tanggal 21 Juli 2019 dan mengapresiasi penyelenggaraan Lebaran Betawi ke-12.

"Alhamdulillah pertama kalinya Lebaran Betawi diselenggarakan di Lapangan Monas, tempat kita bersama. Saya bukan hanya menyambut baik, tapi kita dukung Monas menjadi tempat untuk kegiatan Lebaran Betawi,” ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (21/7/2019).

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi untuk menyelenggarakan event yang bertujuan untuk melestarikan budaya Betawi ini. Menurut Anies, gelaran Lebaran Betawi menjadi salah satu pengembangan tradisi Betawi. Sejak tahun 2008, Lebaran Betawi dianggap sebagai ajang menguatkan persaudaraan di kalangan masyarakat Betawi dan masyarakat Jakarta.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Akan Jamu Warga di Lebaran Betawi]

Perhelatan Lebaran Betawi yang mengusung tema Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia ini berlangsung meriah dengan melibatkan seluruh pihak Pemerintah Kota dari lima wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Setiap wilayah berpartisipasi mulai dari menghadirkan produk, makanan, promosi wisata, hingga replika rumah adat dari enam kawasan tersebut.

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Seperti Pemkot Jakarta Pusat misalnya, pihaknya menampilkan produk-produk unggulannya dari delapan kecamatan yang ada di kawasannya. Salah satu stand dari kawasan Jakarta Pusat yang mengundang banyak perhatian masyarakat di Lebaran Betawi 2019 adalah stand Kecamatan Sawah Besar karena menghadirkan kerak telor raksasa. Pihak kecamatan sengaja menghadirkan kerak telor berukuran besar sebagai hal baru dalam peringatan Lebaran Betawi tahun ini sebagaimana dilansir pusatjakarta.go.id (21/7/2019).

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Keramaian pun terlihat juga di Rumah Kampung Kota Admistrasi Jakarta Timur yang ada di Lebaran Betawi 2019. Rumah kampung tersebut terdiri dari Rumah Walikota dan 10 pendopo Kecamatan yang dihiasi interior dan eksterior yang dibuat dengan khas budaya Betawi. Sehingga, Rumah Kampung Kota Jakarta Timur ramai dikunjungi pengunjung sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (21/7/2019).

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Bagi-bagi Bingkisan Lebaran Betawi di Monas]

Selain itu, kemeriahan Lebaran Betawi juga dikarenakan dengan adanya Sorendo-rendo, yaitu parade dengan peserta berjumlah sekitar 2.000 orang yang memakai baju adat khas nusantara dengan berjalan kaki mulai dari Balai Kota Jakarta, berputar di Bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas (Pintu Patung Thamrin). Di hari terakhir event ini, ragam seni budaya Betawi juga ditampilkan, seperti Tarian Garapan, Silat Kolosal, Samrah Betawi, Qasidah, dan Band Betawi. 

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Apakah Anda hadir dan menyaksikan berbagai pameran dan pertunjukan seni budaya yang ada di Lebaran Betawi 2019 kemarin?


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.