Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Berita Kawasan

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Lebaran Betawi kembali digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pada 19-21 Juli 2019, Lebaran Betawi digelar meriah di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dalam perhelatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir di hari ketiga, yakni tanggal 21 Juli 2019 dan mengapresiasi penyelenggaraan Lebaran Betawi ke-12.

"Alhamdulillah pertama kalinya Lebaran Betawi diselenggarakan di Lapangan Monas, tempat kita bersama. Saya bukan hanya menyambut baik, tapi kita dukung Monas menjadi tempat untuk kegiatan Lebaran Betawi,” ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (21/7/2019).

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi untuk menyelenggarakan event yang bertujuan untuk melestarikan budaya Betawi ini. Menurut Anies, gelaran Lebaran Betawi menjadi salah satu pengembangan tradisi Betawi. Sejak tahun 2008, Lebaran Betawi dianggap sebagai ajang menguatkan persaudaraan di kalangan masyarakat Betawi dan masyarakat Jakarta.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Akan Jamu Warga di Lebaran Betawi]

Perhelatan Lebaran Betawi yang mengusung tema Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia ini berlangsung meriah dengan melibatkan seluruh pihak Pemerintah Kota dari lima wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. Setiap wilayah berpartisipasi mulai dari menghadirkan produk, makanan, promosi wisata, hingga replika rumah adat dari enam kawasan tersebut.

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Seperti Pemkot Jakarta Pusat misalnya, pihaknya menampilkan produk-produk unggulannya dari delapan kecamatan yang ada di kawasannya. Salah satu stand dari kawasan Jakarta Pusat yang mengundang banyak perhatian masyarakat di Lebaran Betawi 2019 adalah stand Kecamatan Sawah Besar karena menghadirkan kerak telor raksasa. Pihak kecamatan sengaja menghadirkan kerak telor berukuran besar sebagai hal baru dalam peringatan Lebaran Betawi tahun ini sebagaimana dilansir pusatjakarta.go.id (21/7/2019).

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Keramaian pun terlihat juga di Rumah Kampung Kota Admistrasi Jakarta Timur yang ada di Lebaran Betawi 2019. Rumah kampung tersebut terdiri dari Rumah Walikota dan 10 pendopo Kecamatan yang dihiasi interior dan eksterior yang dibuat dengan khas budaya Betawi. Sehingga, Rumah Kampung Kota Jakarta Timur ramai dikunjungi pengunjung sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (21/7/2019).

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Bagi-bagi Bingkisan Lebaran Betawi di Monas]

Selain itu, kemeriahan Lebaran Betawi juga dikarenakan dengan adanya Sorendo-rendo, yaitu parade dengan peserta berjumlah sekitar 2.000 orang yang memakai baju adat khas nusantara dengan berjalan kaki mulai dari Balai Kota Jakarta, berputar di Bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas (Pintu Patung Thamrin). Di hari terakhir event ini, ragam seni budaya Betawi juga ditampilkan, seperti Tarian Garapan, Silat Kolosal, Samrah Betawi, Qasidah, dan Band Betawi. 

Mengintip Kemeriahan Lebaran Betawi di Monas

Apakah Anda hadir dan menyaksikan berbagai pameran dan pertunjukan seni budaya yang ada di Lebaran Betawi 2019 kemarin?

Read More

Artikel Lainnya

Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Berita Kawasan

250 Pedagang Pasar Tradisional Di Jogja Jalani Rapid Test

05 June 2020, 19:00

Untuk memetakan sebaran COVID-19, pemkot Yogyakarta lakukan kegiatan rapid test untuk para pedagang tradisional.

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gelar Uji Coba PPBD 2020 Online Tingkat SMP

05 June 2020, 18:00

Pekan ini, Pemkot Medan mulai membuka PPDB 2020 secara online sekaligus menggelar uji coba untuk memudahkan pendaftaran anak sekolah tingkat SMP di tengah pandemi COVID-19.

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

Pendidikan

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

05 June 2020, 17:30

Isu yang ramai beredar tentang kenaikan uang kuliah atau UKT di masa pandemi Covid-19, mendapat respon dari Kemendikbud

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar WhiteLivesMatter

Hobi dan Hiburan

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar #WhiteLivesMatter

05 June 2020, 17:00

Sebuah survei menunjukkan, mayoritas masyarakat Amerika Serikat bersimpati dengan aksi protes atas pembunuhan George Floyd. Begitu juga dengan fans K-Pop.


Comments


Please Login to leave a comment.