Mengintip Kisah Unik di Balik Dodol Betawi

Kuliner

Mengintip Kisah Unik di Balik Dodol Betawi

Dodol dikenal sebagai kuliner manis khas Indonesia dengan berbagai wilayah di Nusantara memiliki versinya masing-masing. Dengan salah satunya adalah dodol khas Jakarta atau yang dikenal dengan nama dodol betawi. Menariknya, walau pada dasarnya dodol betawi memiliki bahan dasar yang serupa dengan dodol nusantara lainnya seperti santan kelapa, gula merah, garam, gula pasir, beras atau tepung ketan tapi terdapat kisah unik di balik pembuatannya. Di mana ini melibatkan status sosial sampai ajang cari jodoh di Budaya Betawi.

Pada dasarnya kuliner khas Jakarta ini memiliki tekstur yang lengket serta rasa yang manis yang kehadirannya sebenarnya dinantikan masyarakat Betawi di setiap momen besar. Dari mulai hajatan pernikahan sampai Lebaran, khusus momen hajatan, kehadiran dodol betawi diharapkan dapat menciptakan rumah tangga yang baik untuk pasangan yang menikah dan terus lengket seperti dodol betawi.

Mengintip Kisah Unik di Balik Dodol Betawi

Namun sebenarnya dodol yang saat ini semakin langka itu ternyata juga memiliki makna unik bagi masyarakat Betawi. Dengan makna pertama adalah terkait status sosial dari keluarga saat momen lebaran. Karena ternyata di zaman dulu dipercaya bahwa bila ada keluarga yang tak menyajikan dodol betawi di rumahnya maka kondisi ekonomi dari keluarga tersebut tengah tak stabil!

“Zaman dulu orang Betawi pas lebaran, kalau kagak ada dodol berarti dia orang yang enggak cukup, pada saat mau lebaran duitnya enggak cukup. Jadi dodol itu ‘kue sombong’. Artinya bila dia ngaduk dua atau tiga kuali, wah berarti duitnya banyak. Tapi kalau enggak ngaduk sampai jadi omongan,” tutur perwakilan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Bukhori kepada PingPoint.co.id (18/2/2020). Sekadar informasi, ngaduk itu merupakan istilah di masyarakat Betawi untuk mendeskripsikan proses pembuatan dodol Betawi.

[Baca Juga: Agar Tak Punah, Inilah Dorongan Pengusaha Dodol Betawi Nyak Mai]

Selain menjadi kue sombong, dodol Betawi juga memiliki arti tersendiri bagi para pencari jodoh dulu. Karena proses pembuatan dodol Betawi yang memakan waktu hingga tujuh sampai delapan jam dengan api sedang, para pemuda zaman dulu memanfaatkannya untuk berkenalan dengan putri dari keluarga yang tengah membuat dodol.

“Pembuatan dodol itu ajang tempat pertemuan jodoh, zaman saya masih dulu. Jadi misalnya malam ini mau lebaran, tetangga sekampung pada ngaduk dodol, rumah ini, rumah ono. Nah kita incer, misalnya Nyak Manih ngaduk dodol yang ngapiin siape aje ye? Kita udah tahu mana yang cakep si A atau si B, nah kita ngelakiin,” tutur pria yang akrab disapa Babeh itu sambil berkelakar.

[Baca Juga: Agar Tak Punah, Inilah Dorongan Pengusaha Dodol Betawi Nyak Mai]

Ia menyebut, ngelakiin merupakan istilah di Betawi dalam proses pembuatan dodol ketika kaum hawa kesulitan mengaduk dodol yang sudah semakin mengeras dan kaum adam yang bertugas untuk meneruskan pekerjaannya. Proses ngelakiin ini menurut Bukhori juga penting untuk kemampuan silat pemuda Betawi karena semakin memperkuat kuda-kuda.

Jadi ketika ngelakiin, perempuan bertugas memastikan kondisi api dengan pemuda yang bertugas terus mengaduk. Dalam momen inilah keduanya sekaligus berkenalan lebih dekat. Kemudian selang beberapa jam, proses pembuatan dodol Betawi ini juga akan digantikan orang lain dan menjadi kesempatan untuk si pemuda dengan perempuan yang disukainya untuk mengobrol lebih jauh.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    ayo sini pada merapat... asik main game dapat berbagai macam bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di QQHarian,club rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>