CONG-Bisnis-Mengintip-Konsep-Flash-Sale-di-Harbolnas-2018-Emil.jpg

Bisnis

Mengintip Konsep Flash Sale di Harbolnas 2018

Salah satu metode yang digunakan beragam e-commerce di Indonesia dalam memberikan promo untuk menarik perhatian konsumen adalah melalui flash sale. Mendekati Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2018 dari mulai Shopee, Tokopedia, Elevenia, Lazada Indonesia dan Blibli.com merupakan contoh dari perusahan e-commerce yang memanfaatkan metode ini. Jadi apa sebenarnya flash sale itu? Artikel ini akan mengulasnya.

Pada dasarnya flash sale merupakan diskon atau promosi yang ditawarkan e-commerce kepada para konsumen dalam waktu yang singkat. Biasanya, jumlah produk yang ditawarkan pun terbatas dengan potongan harga yang tinggi dan terkadang jauh dari harga promosi yang biasa ditawarkan secara normal.

[Baca Juga: Sambut Harbolnas 2018, Lazada Siapkan Grand Year End Sale]

Metode ini pun dipergunakan para e-commerce yang ikut dalam kegiatan Harbolnas 2018. Anda bisa melihatnya di berbagai laman resmi mereka yang menghitung mundur dimulainya flash sale. Sebagaimana dilansir dari bigcommerce.com, batas waktu serta keterbatasan stok barang yang dijual dengan metode ini dipandang dapat memicu hasrat pembelian impulsif.

Flash Sale di Harbolnas 2018

Selain itu, metode ini juga dipandang sangat baik untuk stok-stok barang yang dijual. Karena dengan menggunakan flash sale saat Harbolnas 2018, barang-barang yang sebelumnya belum laku terjual dapat diturunkan harganya dan membuat para konsumen lebih tertarik membelinya. Langkah ini dipandang baik dari perspektif para seller yang tergabung di e-commerce karena dapat mengurangi jumlah produk lama mereka.

[Baca Juga: Shopee Beri Hari Khusus untuk Para Penggiat Fashion]

Pada momen Harbolnas 2018, flash sale juga bisa dimanfaatkan para seller untuk proses pemasaran, khususnya dalam perihal brand awareness. Karena dengan metode ini, produk dari seller yang ikut flash sale akan ditempatkan di bagian homepage dari e-commerce yang jadi tempat mereka bernaung. Dengan cara ini walau Harbolnas 2018 sudah berakhir, para konsumen sudah mengetahui produk para seller. Dan jika memang menyukainya, maka konsumen akan tetap mencari produk tersebut.

Toko ritel mainan Toys Kingdom menyatakan bahwa mereka juga mengikuti Harbolnas 2018 dan menggunakan metode ini melalui e-commerce milik Kawan Lama Group. “Kita mengadakan flash sale di jam-jam tertentu di toyskingdom.co.id dan ruparupa.com. Biasanya kita akan berikan hadiah voucher dan potongan harga sampai 70%,” jelas Promotion and Advertising Manager Toys Kingdom Benita Rosamulia kepada PingPoint.co.id (5/12/2018).

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.