CONG-Bisnis-Mengintip-Konsep-Flash-Sale-di-Harbolnas-2018-Emil.jpg

Bisnis

Mengintip Konsep Flash Sale di Harbolnas 2018

Salah satu metode yang digunakan beragam e-commerce di Indonesia dalam memberikan promo untuk menarik perhatian konsumen adalah melalui flash sale. Mendekati Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2018 dari mulai Shopee, Tokopedia, Elevenia, Lazada Indonesia dan Blibli.com merupakan contoh dari perusahan e-commerce yang memanfaatkan metode ini. Jadi apa sebenarnya flash sale itu? Artikel ini akan mengulasnya.

Pada dasarnya flash sale merupakan diskon atau promosi yang ditawarkan e-commerce kepada para konsumen dalam waktu yang singkat. Biasanya, jumlah produk yang ditawarkan pun terbatas dengan potongan harga yang tinggi dan terkadang jauh dari harga promosi yang biasa ditawarkan secara normal.

[Baca Juga: Sambut Harbolnas 2018, Lazada Siapkan Grand Year End Sale]

Metode ini pun dipergunakan para e-commerce yang ikut dalam kegiatan Harbolnas 2018. Anda bisa melihatnya di berbagai laman resmi mereka yang menghitung mundur dimulainya flash sale. Sebagaimana dilansir dari bigcommerce.com, batas waktu serta keterbatasan stok barang yang dijual dengan metode ini dipandang dapat memicu hasrat pembelian impulsif.

Flash Sale di Harbolnas 2018

Selain itu, metode ini juga dipandang sangat baik untuk stok-stok barang yang dijual. Karena dengan menggunakan flash sale saat Harbolnas 2018, barang-barang yang sebelumnya belum laku terjual dapat diturunkan harganya dan membuat para konsumen lebih tertarik membelinya. Langkah ini dipandang baik dari perspektif para seller yang tergabung di e-commerce karena dapat mengurangi jumlah produk lama mereka.

[Baca Juga: Shopee Beri Hari Khusus untuk Para Penggiat Fashion]

Pada momen Harbolnas 2018, flash sale juga bisa dimanfaatkan para seller untuk proses pemasaran, khususnya dalam perihal brand awareness. Karena dengan metode ini, produk dari seller yang ikut flash sale akan ditempatkan di bagian homepage dari e-commerce yang jadi tempat mereka bernaung. Dengan cara ini walau Harbolnas 2018 sudah berakhir, para konsumen sudah mengetahui produk para seller. Dan jika memang menyukainya, maka konsumen akan tetap mencari produk tersebut.

Toko ritel mainan Toys Kingdom menyatakan bahwa mereka juga mengikuti Harbolnas 2018 dan menggunakan metode ini melalui e-commerce milik Kawan Lama Group. “Kita mengadakan flash sale di jam-jam tertentu di toyskingdom.co.id dan ruparupa.com. Biasanya kita akan berikan hadiah voucher dan potongan harga sampai 70%,” jelas Promotion and Advertising Manager Toys Kingdom Benita Rosamulia kepada PingPoint.co.id (5/12/2018).

Read More

Artikel Lainnya

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

Kesehatan

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

02 December 2020, 16:28

Inggris telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin virus corona Pfizer-BioNTech untuk digunakan secara luas. Sebelumnya, Rusia dan China telah mengeluarkan perizinan vaksin lain untuk penggunaan terbatas.

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures.jpg

Bisnis

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

02 December 2020, 15:36

East Ventures mengumumkan mengucurkan seed funding untuk perusahaan startup yang baru diluncurkan pada Oktober lalu.

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS.jpg

Kesehatan

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS

02 December 2020, 14:08

Baru-baru ini Pemkot Tangerang menggelar kegiatan pendeteksian dini penyakit HIV AIDS untuk warganya.

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Do a.jpg

Berita Kawasan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa

02 December 2020, 13:07

Kang Emil mendoakan Gubernur DKI Jakarta lekas pulih usai Anies Baswedan positif terinfeksi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.