Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring

Kuliner

Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan sajian ikan mentah seperti sashimi dan sushi asal Jepang. Pasalnya, kuliner ini sudah memiliki “tempat” di hati masyarakat Indonesia dan restorannya pun terbilang mudah ditemukan di Nusantara. Namun pernahkah Anda mendengar makanan dengan konsep serupa bernama maatjes herring? Kuliner dari ikan mentah khas Belanda ini merupakan makanan yang paling populer di gelaran acara King’s Day yang diadakan di Kedutaan Besar Belanda.

Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring

Pada dasarnya kuliner ini terbuat dari ikan herring yang terkenal dikonsumsi oleh warga Belanda. Sekadar informasi, ikan berukuran kecil ini biasanya ditangkap para nelayan di area Laut Utara dan Laut Baltik. Biasanya ikan ini dinikmati dengan cara sederhana oleh warga Negeri Bunga Tulip, yakni dibaluri garam dan disimpan selama beberapa hari. Kemudian, ikan herring tersebut dibersihkan dan langsung dikonsumsi bersama bawang merah atau acar.

[Baca Juga: Jajaran Kedubes Belanda Bersosialisasi dengan Awak Media]

Karena kuliner ini tidak populer di Indonesia, para ekspatriat Belanda sulit menemukannya di sini. Jadi tidak heran bila mereka merasakan rindu dengan sajian kuliner ini. Demi mengobati rasa kangen tersebut, pihak Kedutaan Besar Belanda menghadirkan matjes herring di acara King’s day yang digelar pada Selasa (30/4/2019).

“Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kami (warga Belanda-red) tidak pernah memakan ikan herring. Jadi kami sangat bangga dan bahagia bahwa pada King’s Day saat ini, kami mampu dengan bantuan Pemerintah Indonesia membawa ikan herring sebagai makanan nasional di King’s Day,” ucap Ferdinand Lahnstein kepada PingPoint.co.id di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Kuningan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Prince Claus Award Celebration, Rayakan Karya Eka Kurniawan]

Di acara tersebut, matjes herring disajikan dalam bentuk sudah dipotong-potong dengan taburan bawang merah di atasnya. Salah satu ekspatriat asal Belanda yang sempat berbincang dengan PingPoint.co.id, Remco Geervliet menyebut, di negara asalnya matjes herring pada umumnya dikonsumsi utuh setelah kepala dan bagian dalam tubuh ikan herringnya dibersihkan.

“Saya selalu memakannya langsung dengan cara memegang ekornya, dan langsung memasukannya ke mulut. Hal yang paling saya ingat adalah ketika memakan matjes herring bersama ayah saya di pasar pada Minggu pagi. Jadi setiap memakannya, saya langsung terkenang momen itu,” jelas Geervliet di area resepsi King’s Day.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.