Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring

Kuliner

Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan sajian ikan mentah seperti sashimi dan sushi asal Jepang. Pasalnya, kuliner ini sudah memiliki “tempat” di hati masyarakat Indonesia dan restorannya pun terbilang mudah ditemukan di Nusantara. Namun pernahkah Anda mendengar makanan dengan konsep serupa bernama maatjes herring? Kuliner dari ikan mentah khas Belanda ini merupakan makanan yang paling populer di gelaran acara King’s Day yang diadakan di Kedutaan Besar Belanda.

Mengintip Kuliner Khas Belanda, Maatjes Herring

Pada dasarnya kuliner ini terbuat dari ikan herring yang terkenal dikonsumsi oleh warga Belanda. Sekadar informasi, ikan berukuran kecil ini biasanya ditangkap para nelayan di area Laut Utara dan Laut Baltik. Biasanya ikan ini dinikmati dengan cara sederhana oleh warga Negeri Bunga Tulip, yakni dibaluri garam dan disimpan selama beberapa hari. Kemudian, ikan herring tersebut dibersihkan dan langsung dikonsumsi bersama bawang merah atau acar.

[Baca Juga: Jajaran Kedubes Belanda Bersosialisasi dengan Awak Media]

Karena kuliner ini tidak populer di Indonesia, para ekspatriat Belanda sulit menemukannya di sini. Jadi tidak heran bila mereka merasakan rindu dengan sajian kuliner ini. Demi mengobati rasa kangen tersebut, pihak Kedutaan Besar Belanda menghadirkan matjes herring di acara King’s day yang digelar pada Selasa (30/4/2019).

“Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kami (warga Belanda-red) tidak pernah memakan ikan herring. Jadi kami sangat bangga dan bahagia bahwa pada King’s Day saat ini, kami mampu dengan bantuan Pemerintah Indonesia membawa ikan herring sebagai makanan nasional di King’s Day,” ucap Ferdinand Lahnstein kepada PingPoint.co.id di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Kuningan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Prince Claus Award Celebration, Rayakan Karya Eka Kurniawan]

Di acara tersebut, matjes herring disajikan dalam bentuk sudah dipotong-potong dengan taburan bawang merah di atasnya. Salah satu ekspatriat asal Belanda yang sempat berbincang dengan PingPoint.co.id, Remco Geervliet menyebut, di negara asalnya matjes herring pada umumnya dikonsumsi utuh setelah kepala dan bagian dalam tubuh ikan herringnya dibersihkan.

“Saya selalu memakannya langsung dengan cara memegang ekornya, dan langsung memasukannya ke mulut. Hal yang paling saya ingat adalah ketika memakan matjes herring bersama ayah saya di pasar pada Minggu pagi. Jadi setiap memakannya, saya langsung terkenang momen itu,” jelas Geervliet di area resepsi King’s Day.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.