Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam

Bisnis

Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam

Jika Anda termasuk orang yang menggemari memelihara ikan hias atau mempercantik rumah dengan aquascaping maka pergi ke toko penjual akuarium bisa dikatakan merupakan kegiatan yang bisa dikatakan rutin dilakukan. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan Jakarta Selatan, nama Pasar Ikan Hias Radio Dalam pun terbilang tak asing lagi. Mengingat lokasi ini menjadi pusat penjualan ikan hias serta perlengkapan aquascaping di kawasan ini.

PingPoint.co.id sempat menyambangi Pasar Ikan Hias Radio Dalam untuk melihat geliat bisnis yang ada di sini. Saat datang, terlihat jejeran toko-toko di bagian depan pasar ini dengan para pedagangnya yang menawarkan dagangan mereka. Dari mulai ikan cupang, ikan arwana, ikan koi, tanaman untuk aquascaping, hingga perlengkapan penunjang di akuarium.

Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam

Sejumlah pedagang yang ditemui oleh PingPoint.co.id, mengaku mereka sudah berjualan hampir 11 tahun di Pasar Ikan Hias Radio Dalam. Salah satunya adalah Sugiman yang memiliki usaha bernama D’Kios Aquarium di bagian area dalam pasar ini. Kios Sugiman memiliki spesialisasi menjual berbagai jenis ikan koi sekaligus pakannya dan perlengkapan untuk memeliharanya.

[Baca Juga: Plaza Kalibata Hadirkan Pameran dan Kontes Ikan Hias]

“Saya di sini dari tahun 2008, pindahan dari Melawai dan kalau di sana saya sudah jualan dari tahun 1987. (Saat itu) saya digusur dan pindah ke sini. Dulunya makanan ikan saja terus jualan arwana, setelah di sini kan space tempatnya kecil jadinya jualan yang simple ya koi. Dulu juga sempat aquascape tapi kalau di dalam harus banyak lampu tapi di sini dayanya gak kuat cuman 450 watt,” ungkapnya kepada PingPoint.co.id di Pasar Ikan Hias Radio Dalam, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (30/7/2019).

Para penjual di Pasar Ikan Hias Radio Dalam memang mayoritas merupakan pindahan dari kawasan Barito yang pada tahun 2008 dipenuhi pedagang bunga dan ikan hias. Namun karena ada proses revitalisasi di kawasan tersebut, Pemerintah Kota Jakarta Selatan pun melakukan penertiban para pedagang di sana dan mereka direlokasi ke lokasi di belakang Pasar Inpres Radio Dalam. Jadi selain para pedagang ikan hias, Anda juga bisa melihat para pedagang bunga di Pasar Ikan Hias Radio Dalam.

Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam

Pedagang lainnya yang ditemui PingPoint.co.id adalah Abdul Azis yang memiliki usaha kios bernama Azis Aquarium. Kios yang memiliki spesialisasi aquscaping ini berada di jajaran toko paling depan yang tepatnya berada di dekat area parkir kendaraan. Bisa dikatakan usaha Azis ini berada di tempat yang strategis, selain karena berada di bagian depan, tokonya pun mendapatkan banyak paparan sinar matahari yang cocok untuk tanaman aquascaping.

“Saya pedagang tanaman aquscaping dan perawatan aquscaping, ikan, sama kolam. Saya usaha sendiri mulai tahun 2014 tapi saya sudah ikut usaha orang lain dari zaman masih di Barito dari tahun 2002. Pas itu saya sekalian belajar aquascaping,” ucap pria yang akrab disapa Azis itu.

[Baca Juga: Tilik Kelengkapan Kios di Sentra Ikan Hias Raden Inten]

Selama bertahun-tahun berbisnis aquascaping, ia juga kerap membantu konsumen yang ingin terjun ke dunia hobi tersebut dengan memberikan estimasi biaya serta apa saja perlengkapan yang dibutuhkan. “Kalau untuk akuarium yang ukurannya satu meter yang tanamannya bagus bisa sampai Rp2.000.000 sampai Rp3.000.000, itu baru aquscape-nya saja,” ujar Azis.

“Biasanya kalau untuk perawatan sering ganti air seminggu sekali, itu juga tidak terlalu banyak, cukup setengahnya saja. Terus kalau ada tanaman yang kuning atau tua, jangan lupa dipangkas. Kalau sudah mati tanamannya, langsung cabut atau ganti,” tuturnya.

Azis menambahkan, selain menjual perlengkapan aquascaping di Pasar Ikan Hias Radio Dalam, ia juga membuka jasa perawatan aquascaping, khususnya untuk para pemula. Selama sebulan empat kali, ia datang ke rumah pelanggannya untuk melakukan perawatan terhadap tanaman serta perlengkapan aquscaping. “Biayanya berbeda, tapi kalau ukuran kecil sekitar Rp500.000 untuk empat kali datang, itu termasuk garansi penggantian tanaman,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.