Menguji Kesabaran Demi Semangkuk Bakso Adam di Glodok

Kuliner

Menguji Kesabaran Demi Semangkuk Bakso Adam di Glodok

Bakso telah menjadi jajanan yang akrab bagi semua warga Jakarta dan dijamin Anda pasti menemukan penjaja bakso setiap sudut Ibu Kota. Mulai dari anak kecil hingga kalangan dewasa menyukai hidangan daging berbentuk bulat ini, bahkan semangkuk bakso dapat meluruhkan status sosial setiap orang yang menikmatinya.

Begitu banyak bakso dengan rasa lezat yang tersebar di Jakarta, salah satunya ialah Bakso Adam di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Butuh kesabaran dan perjuangan untuk mencicipi semangkuk bakso dengan kuah kaldu gurih yang dijajakan Pak Adam ini. Bukan di kios besar atau restoran dengan penyejuk udara, Bakso Adam berniaga dengan menggunakan gerobak sederhana.

Menguji Kesabaran Demi Semangkuk Bakso Adam di Glodok

Untuk menemukan Bakso Adam pun cukup mudah, Anda cukup sambangi Pasar Glodok di Jalan Pancoran di sore hari dan dipastikan terlihat antrean yang mengular di sekitar gerobak bakso Pak Adam. Menurut pengamatan PingPoint.co.id, Bakso Adam tidak menyediakan mie kuning, taoge maupun sawi. Pak Adam menyajikan bakso ini dengan tetelan yang dipotong dadu dan dimasak terpisah dengan bakso.

Selain itu, dalam seporsi Bakso Adam akan ditemani kwetiau maupun bihun, lalu ditambah dengan daun bawang, taburan bawang goreng, irisan seledri, selanjutnya diguyur kuah sedikit keruh, terakhir ditambah dengan jeruk nipis segar. Pelanggan dapat memilih bakso yang disukai, yakni bakso urat, bakso gepeng, dan bakso halus.

[Baca Juga: Asal Usul Bakso Hingga Bakso Masa Kini]

Bakso halus terasa empuk karena dagingnya tergiling sempurna, tekstur bakso ini persis dengan namanya yaitu halus. Tekstur bakso gepengnya serupa dengan bakso halus, namun bentuknya saja yang lebih pipih. Bagi penggemar berat bakso, pasti akan mengincar bakso urat, karena bakso ini tak hanya terdiri dari daging saja, tapi juga dilengkapi dengan urat, kikil, serta tulang muda yang dicacah.

Jika satu porsi bakso saja kurang lengkap, Pak Adam menyediakan tetelan yang terdiri dari potongan daging, kikil, dan sanding lamur. Tetelan ini dimasak terpisah oleh Pak Adam, sehingga rasanya lebih berbumbu dan tidak amis. Tahu berukuran besar pun tersedia jika pelanggan menginginkannya.

[Baca Juga: Apa Saja Ragam Kuliner di Jakarta Fair Kemayoran 2019?]

Bakso Adam mulai beroperasi sejak pukul 4 sore, meski buka hingga sebelum pukul 8 malam, biasanya dagangan Pak Adam sudah ludes dalam tempo dua jam saja. Selain perlu kesabaran ekstra untuk menikmati bakso ini, ternyata memilih waktu yang tepat untuk menyambangi Bakso Adam pun harus tepat.

Untuk semangkuk bakso, Pak Adam mematoknya dengan harga Rp20.000 dan jika ditambah dengan tetelan maka harganya menjadi Rp25.000. Memang tidak murah jika dibandingkan dengan bakso gerobakan pada umumnya, tapi dengan rasanya yang aduhai, maka harga pun bukan jadi masalah berarti.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.