MENTENG_PENDIDIKAN_MENGULAS SD BEKAS OBAMA BELAJAR DI MENTENG JAKARTA_EMIL_1100 X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Mengulas SD Tempat Obama Belajar di Menteng Jakarta

Dari sekian banyak lembaga pendidikan negeri yang berada di kawasan Menteng Jakarta Pusat, terdapat satu sekolah yang namanya dikenal hingga Negeri Paman Sam. Lembaga pendidikan tersebut bernama Sekolah Dasar Negeri (SDN) Menteng 1 Menteng yang di mana mantan Presiden Amerika Serikat yakni Barack Obama pernah menimba ilmu ketika ia masih kecil.

[Baca Juga: Sekolah Homogen di Kawasan Menteng Jakarta]

Berdasarkan keterangan dari encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, SDN Menteng 01 Jakarta yang berlokasi di Jalan Besuki No.4, Jakarta Pusat ini sebenarnya memiliki nilai sejarah. Pasalnya, sekolah ini sudah berdiri semenjak 1934. Sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak Belanda dan bangsawan Indonesia ini didirikan oleh Carpentier Alting Stichting Nassau School. Lalu Pemerintah Indonesia mengambilalih sekolah tersebut dari Belanda pada 1962.

Namun justru sejarah pada periode 1969 hingga 1971-lah yang membuat sekolah ini banyak disorot media nasional dan internasional. Mengapa periode tersebut? Dikarenakan pada tahun tersebut, Barack Obama mengenyam pendidikan di sekolah itu. Keputusan untuk menyekolahkan Obama kecil di sana sebenarnya berawal saat ibunda Obama yakni Ann Dunham Soetoro tengah mengadakan penelitian di Yogyakarta sekaligus mengajarkan Bahasa Inggris untuk pengusaha Indonesia di Konsulat Amerika Serikat.

Pada buku “Barack Obama in Hawai’I and Indonesia: The Making of a Global President” dijelaskan bahwasanya Ann memilih SDN 1 Menteng karena dipandang memiliki biaya terjangkau dibandingkan sekolah internasional yang ada di Jakarta. Selain itu SDN 1 Menteng juga sudah memiliki reputasi yang baik di kalangan warga Jakarta kala itu.

Keluarga Barack Obama di SDN Menteng 1

Masa kecil Obama di SDN 1 Menteng Jakarta Pusat pun masih bisa dilihat hingga kini jejaknya. Salah satunya adalah melalui plakat berwarna perak yang berada di gapura sekolah dasar tersebut. Di sana tertera wajah mantan Presiden Amerika Serikat tersebut dengan tulisan yang berbunyi “Barack Hussein Obama II, the 44th President of the United States of America, attended this school from 1969-1971.”

[Baca Juga: Sejarah Berdirinya Kawasan Menteng]

Selain itu, masih ada patung yang menggambarkan masa kecil Obama. Sebagaimana dilansir dari tribunnews com, patung yang berlokasi di dekat gerbang masuk SDN 1 Menteng Jakarta Pusat itu memperlihatkan Obama kecil yang sederhana dan hanya menggunakan kaos, celana pendek serta kalung di lehernya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.