PIK_PENDIDIKAN_MENGULAS-SEKOLAH-TZU-CHI-DI-PANTAI-INDAH-KAPUK-JAKARTA_EMIL_1100-X-600-px --01.jpg

Pendidikan

Mengulas Sekolah Tzu Chi di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta terdapat bangunan besar yang menjadi ikon dari PIK. Bangunan bernama Tzu Chi Center itu merupakan gedung yang menjadi “rumah” dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Di bangunan ini juga terdapat lembaga pendidikan yang tidak memandang suku, agama dan golongan. Nama lembaga tersebut adalah Sekolah Tzu Chi.

Sekolah Tzu Chi memiliki semboyan utama yang diterapkan untuk sistem pengajarannya yakni ‘kasih sayang, belas kasih, sukacita dan keikhlasan bersumbangsih’. Sekolah yang diresmikan pada 10 Juli 2011 ini memiliki jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD/primary school), sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (SMP & SMA/secondary school).

Fasilitas sekolah ini pun sangat lengkap di setiap jenjang pendidikannya yang dapat membantu proses belajar mereka di Sekolah Tzu Chi. Dari mulai perpustakaan, ruang komputer, kafetaria sampai gedung olahraga yang dilengkapi stadion dan kolam renang tersedia di Sekolah Tzu Chi.

PIK_PENDIDIKAN_MENGULAS-SEKOLAH-TZU-CHI-DI-PANTAI-INDAH-KAPUK-JAKARTA_EMIL_1100-X-600-px --02.jpg

Berikut ini penjelasan detailnya terkait jenjang pendidikan di sekolah swasta yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk tersebut, sebagaimana dilansir dari tzuchi.sch.id:

  • Taman Kanak-Kanak

Pada jenjang ini, Sekolah Tzu Chi menggunakan pendekatan tematik untuk proses belajar-mengajarnya. Di mana pelajaran digabung dalam satu tema agar anak-anak lebih mudah menyerap pembelajarannya dalam kegiatan yang interaktif. Kurikulum di tingkat ini menggunakan gabungan antara kurikulum nasional dan pendidikan kemanusiaan atau Ren Wen. Buah hati Anda juga akan dikenalkan dua bahasa asing yakni Inggris dan Mandarin sebagai bahasa pengantar serta pelajaran di kelas.

  • Primary School

Serupa dengan kurikulum di tingkat TK, kurikulum di tingkat SD juga menggunakan kombinasi antara Kurikulum Nasional, Cambridge Framework dan Ren Wen. Pada tingkat ini, para siswa SD di Sekolah Tzu Chi diarahkan untuk menguasai kompetensi di lima mata pelajaran utama yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandari, Matematika dan Sains. Di tingkat SD, para siswa Sekolah Tzu Chi akan dikenalkan dengan seni kaligrafi Tiongkok dan kelas upacara minum the.

  • Secondary School

Jenjang pendidikan ini terdiri dari kelas 6 sampai kelas 12 dengan kurikulum yang beragam. Pada kelas 7 sampai 10, para siswa akan mendapatkan kurikulum berbasis International Baccalaureate Middle Years Program yang dipandang akan membantu mereka dalam mengimplementasikan pelajaran di sekolah dengan dunia nyata. Kelas 11 sampai 12 akan mendapatkan kurikulum berbasis International Baccalaureate Diploma Program yang dapat membantu mereka untuk meneruskan jenjang pendidikannya ke berbagai perguruan tinggi, baik di dalam dan luar negeri. Selain itu, para siswa kelas 9 sampai kelas 12 di Sekolah Tzu Chi yang berada di Pantai Indah Kapuk Jakarta ini juga akan mendapatkan persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional.

Read More

Artikel Lainnya

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

Bisnis

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

20 November 2019, 20:00

Gojek, mengajak masyarakat Indonesia mendukung putra-putri kebanggaan tanah air yang berlaga di SEA Games 2019, melalui kampanye #MenangIndonesia.

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Kuliner

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

20 November 2019, 19:00

Ternyata menikmati dan memasak shabu shabu ada tips dan triknya. Menurut chef dari Jepang, ini dia cara yang tepat.

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

Bisnis

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

20 November 2019, 18:00

Digadang-gadang sebagai flagship killer, pihak realme tengah mempersiapkan meluncurkan realme X2 Pro di Indonesia.

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

Kecantikan dan Fashion

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

20 November 2019, 17:00

Pernah bayangkan jika lip cream beraroma kopi? Mizzu dan Fore berkolaborasi untuk ciptakan lip cream dengan hasil velvet yang terinspirasi dari kopi.


Comments


Please Login to leave a comment.