PIK_PENDIDIKAN_MENGULAS-SEKOLAH-TZU-CHI-DI-PANTAI-INDAH-KAPUK-JAKARTA_EMIL_1100-X-600-px --01.jpg

Pendidikan

Mengulas Sekolah Tzu Chi di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta terdapat bangunan besar yang menjadi ikon dari PIK. Bangunan bernama Tzu Chi Center itu merupakan gedung yang menjadi “rumah” dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Di bangunan ini juga terdapat lembaga pendidikan yang tidak memandang suku, agama dan golongan. Nama lembaga tersebut adalah Sekolah Tzu Chi.

Sekolah Tzu Chi memiliki semboyan utama yang diterapkan untuk sistem pengajarannya yakni ‘kasih sayang, belas kasih, sukacita dan keikhlasan bersumbangsih’. Sekolah yang diresmikan pada 10 Juli 2011 ini memiliki jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD/primary school), sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (SMP & SMA/secondary school).

Fasilitas sekolah ini pun sangat lengkap di setiap jenjang pendidikannya yang dapat membantu proses belajar mereka di Sekolah Tzu Chi. Dari mulai perpustakaan, ruang komputer, kafetaria sampai gedung olahraga yang dilengkapi stadion dan kolam renang tersedia di Sekolah Tzu Chi.

PIK_PENDIDIKAN_MENGULAS-SEKOLAH-TZU-CHI-DI-PANTAI-INDAH-KAPUK-JAKARTA_EMIL_1100-X-600-px --02.jpg

Berikut ini penjelasan detailnya terkait jenjang pendidikan di sekolah swasta yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk tersebut, sebagaimana dilansir dari tzuchi.sch.id:

  • Taman Kanak-Kanak

Pada jenjang ini, Sekolah Tzu Chi menggunakan pendekatan tematik untuk proses belajar-mengajarnya. Di mana pelajaran digabung dalam satu tema agar anak-anak lebih mudah menyerap pembelajarannya dalam kegiatan yang interaktif. Kurikulum di tingkat ini menggunakan gabungan antara kurikulum nasional dan pendidikan kemanusiaan atau Ren Wen. Buah hati Anda juga akan dikenalkan dua bahasa asing yakni Inggris dan Mandarin sebagai bahasa pengantar serta pelajaran di kelas.

  • Primary School

Serupa dengan kurikulum di tingkat TK, kurikulum di tingkat SD juga menggunakan kombinasi antara Kurikulum Nasional, Cambridge Framework dan Ren Wen. Pada tingkat ini, para siswa SD di Sekolah Tzu Chi diarahkan untuk menguasai kompetensi di lima mata pelajaran utama yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandari, Matematika dan Sains. Di tingkat SD, para siswa Sekolah Tzu Chi akan dikenalkan dengan seni kaligrafi Tiongkok dan kelas upacara minum the.

  • Secondary School

Jenjang pendidikan ini terdiri dari kelas 6 sampai kelas 12 dengan kurikulum yang beragam. Pada kelas 7 sampai 10, para siswa akan mendapatkan kurikulum berbasis International Baccalaureate Middle Years Program yang dipandang akan membantu mereka dalam mengimplementasikan pelajaran di sekolah dengan dunia nyata. Kelas 11 sampai 12 akan mendapatkan kurikulum berbasis International Baccalaureate Diploma Program yang dapat membantu mereka untuk meneruskan jenjang pendidikannya ke berbagai perguruan tinggi, baik di dalam dan luar negeri. Selain itu, para siswa kelas 9 sampai kelas 12 di Sekolah Tzu Chi yang berada di Pantai Indah Kapuk Jakarta ini juga akan mendapatkan persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.