PIK_PENDIDIKAN_MENGULAS-SEKOLAH-TZU-CHI-DI-PANTAI-INDAH-KAPUK-JAKARTA_EMIL_1100-X-600-px --01.jpg

Pendidikan

Mengulas Sekolah Tzu Chi di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta terdapat bangunan besar yang menjadi ikon dari PIK. Bangunan bernama Tzu Chi Center itu merupakan gedung yang menjadi “rumah” dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Di bangunan ini juga terdapat lembaga pendidikan yang tidak memandang suku, agama dan golongan. Nama lembaga tersebut adalah Sekolah Tzu Chi.

Sekolah Tzu Chi memiliki semboyan utama yang diterapkan untuk sistem pengajarannya yakni ‘kasih sayang, belas kasih, sukacita dan keikhlasan bersumbangsih’. Sekolah yang diresmikan pada 10 Juli 2011 ini memiliki jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD/primary school), sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (SMP & SMA/secondary school).

Fasilitas sekolah ini pun sangat lengkap di setiap jenjang pendidikannya yang dapat membantu proses belajar mereka di Sekolah Tzu Chi. Dari mulai perpustakaan, ruang komputer, kafetaria sampai gedung olahraga yang dilengkapi stadion dan kolam renang tersedia di Sekolah Tzu Chi.

PIK_PENDIDIKAN_MENGULAS-SEKOLAH-TZU-CHI-DI-PANTAI-INDAH-KAPUK-JAKARTA_EMIL_1100-X-600-px --02.jpg

Berikut ini penjelasan detailnya terkait jenjang pendidikan di sekolah swasta yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk tersebut, sebagaimana dilansir dari tzuchi.sch.id:

  • Taman Kanak-Kanak

Pada jenjang ini, Sekolah Tzu Chi menggunakan pendekatan tematik untuk proses belajar-mengajarnya. Di mana pelajaran digabung dalam satu tema agar anak-anak lebih mudah menyerap pembelajarannya dalam kegiatan yang interaktif. Kurikulum di tingkat ini menggunakan gabungan antara kurikulum nasional dan pendidikan kemanusiaan atau Ren Wen. Buah hati Anda juga akan dikenalkan dua bahasa asing yakni Inggris dan Mandarin sebagai bahasa pengantar serta pelajaran di kelas.

  • Primary School

Serupa dengan kurikulum di tingkat TK, kurikulum di tingkat SD juga menggunakan kombinasi antara Kurikulum Nasional, Cambridge Framework dan Ren Wen. Pada tingkat ini, para siswa SD di Sekolah Tzu Chi diarahkan untuk menguasai kompetensi di lima mata pelajaran utama yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandari, Matematika dan Sains. Di tingkat SD, para siswa Sekolah Tzu Chi akan dikenalkan dengan seni kaligrafi Tiongkok dan kelas upacara minum the.

  • Secondary School

Jenjang pendidikan ini terdiri dari kelas 6 sampai kelas 12 dengan kurikulum yang beragam. Pada kelas 7 sampai 10, para siswa akan mendapatkan kurikulum berbasis International Baccalaureate Middle Years Program yang dipandang akan membantu mereka dalam mengimplementasikan pelajaran di sekolah dengan dunia nyata. Kelas 11 sampai 12 akan mendapatkan kurikulum berbasis International Baccalaureate Diploma Program yang dapat membantu mereka untuk meneruskan jenjang pendidikannya ke berbagai perguruan tinggi, baik di dalam dan luar negeri. Selain itu, para siswa kelas 9 sampai kelas 12 di Sekolah Tzu Chi yang berada di Pantai Indah Kapuk Jakarta ini juga akan mendapatkan persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ke-3 PSBB Bandung, Pengendara Sepeda Motor Dilarang Boncengan

Berita Kawasan

Polda Jawa Barat Gelar Operasi Jaran Lodaya, Cek Motor Anda yang Hilang!

05 March 2021, 20:03

Dalam rangka 100 hari kerja Bapak Kapolda gelar operasi jaran lodaya 2021

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

Properti dan Solusi

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

05 March 2021, 19:56

Dompet Duafa dan Camat Sunggal melakukan program bedah 100 rumah yang berada di desa Tegal Sari, Kecamatan Sunggal, Kab. Deli Serdang.

3.png

Berita Kawasan

Hati-hati, Jalan Penghubung Citayam Depok-Bojonggede Bogor Hancur

05 March 2021, 18:17

Kondisi jalan berlubang dan tergenang air di daerah Citayam Depok mengganggu pengguna jalan yang menuju Bojonggede, Bogor.

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

Berita Kawasan

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

05 March 2021, 18:01

Sebanyak 1400 personil Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota mulai menjalani vaksinasi covid-19 di Pusat Kesehatan Polres Jalan Pramuka, Kecamatan Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.


Comments


Please Login to leave a comment.