Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang

Bisnis

Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang

Meskipun disibukkan dengan mengurus rumah dan anak, banyak ibu rumah tangga yang ikut membantu ekonomi keluarga dengan berjualan atau membuat kerajinan tangan. Ada juga sekumpulan ibu-ibu rumah tangga yang bergabung dengan komunitas tertentu untuk menambah penghasilan. Contohnya, para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Komunitas Batik Rusun Pulogebang (KBRP).

Dilansir dari beritajakarta.id (18/2/2020), melalui tangan kreatif para ibu-ibu ini menciptakan produk yang berkualitas sekaligus melestarikan budaya. Dengan aktivitas ini, mereka melestarikan kebudayaan batik tulis dan berpartisipasi memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga.

Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang

Dari sebuah tempat sederhana yang terletak di Blok H, Rusun Pulogebang, Jakarta Timur, belasan anggota komunitas ini menerima banyak pesanan berbagai motif batik tulis dari masyarakat luas sejak empat tahun belakangan.

Ketua KBRP Adelina mengatakan, keberadaan komunitas ini bukan semata untuk melestarikan budaya dan mendulang pundi rupiah semata tapi membantu para ibu-ibu untuk bisa memanfaatkan waktu luang menjadi lebih maksimal.

[Baca Juga: Warga Rusun Marunda Raih Penghasilan dari Batik Marunda]

Lebih lanjut, Wakil Ketua KBRP Ayu menuturkan, komunitas ini seiring berjalan waktu terus berkembang. Yang mulanya hanya bermodalkan canting untuk membuat pola kini sudah mampu memproduksi batik bergambar Monumen Nasional (Monas), bajaj, hingga logo Kota Jakarta dengan panjang 2 x 1,5 meter. “Proses pengerjaannya sekitar seminggu,” ujarnya.

Bicara soal manfaat, Ayu menjelaskan bahwa para anggota komunitas ini telah mampu meraup penghasilan hingga Rp4 juta, jika pemesanan sedang melonjak. Ada pun pemesan terbanyak dan langganannya adalah Jakarta Creative Hub.

[Baca Juga: Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja]

Fakta ini membuatnya dan rekan-rekan yang lain menjadi semakin percaya diri juga semangat untuk merangkul lebih banyak lagi ibu-ibu rumah tangga di kawasan rusun. “Kami setiap harinya memproduksi batik di workshop. Ke depan kami akan terus menambahkan anggota agar para ibu di rusun dapat penghasilan tambahan,” tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.