Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang

Bisnis

Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang

Meskipun disibukkan dengan mengurus rumah dan anak, banyak ibu rumah tangga yang ikut membantu ekonomi keluarga dengan berjualan atau membuat kerajinan tangan. Ada juga sekumpulan ibu-ibu rumah tangga yang bergabung dengan komunitas tertentu untuk menambah penghasilan. Contohnya, para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Komunitas Batik Rusun Pulogebang (KBRP).

Dilansir dari beritajakarta.id (18/2/2020), melalui tangan kreatif para ibu-ibu ini menciptakan produk yang berkualitas sekaligus melestarikan budaya. Dengan aktivitas ini, mereka melestarikan kebudayaan batik tulis dan berpartisipasi memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga.

Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang

Dari sebuah tempat sederhana yang terletak di Blok H, Rusun Pulogebang, Jakarta Timur, belasan anggota komunitas ini menerima banyak pesanan berbagai motif batik tulis dari masyarakat luas sejak empat tahun belakangan.

Ketua KBRP Adelina mengatakan, keberadaan komunitas ini bukan semata untuk melestarikan budaya dan mendulang pundi rupiah semata tapi membantu para ibu-ibu untuk bisa memanfaatkan waktu luang menjadi lebih maksimal.

[Baca Juga: Warga Rusun Marunda Raih Penghasilan dari Batik Marunda]

Lebih lanjut, Wakil Ketua KBRP Ayu menuturkan, komunitas ini seiring berjalan waktu terus berkembang. Yang mulanya hanya bermodalkan canting untuk membuat pola kini sudah mampu memproduksi batik bergambar Monumen Nasional (Monas), bajaj, hingga logo Kota Jakarta dengan panjang 2 x 1,5 meter. “Proses pengerjaannya sekitar seminggu,” ujarnya.

Bicara soal manfaat, Ayu menjelaskan bahwa para anggota komunitas ini telah mampu meraup penghasilan hingga Rp4 juta, jika pemesanan sedang melonjak. Ada pun pemesan terbanyak dan langganannya adalah Jakarta Creative Hub.

[Baca Juga: Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja]

Fakta ini membuatnya dan rekan-rekan yang lain menjadi semakin percaya diri juga semangat untuk merangkul lebih banyak lagi ibu-ibu rumah tangga di kawasan rusun. “Kami setiap harinya memproduksi batik di workshop. Ke depan kami akan terus menambahkan anggota agar para ibu di rusun dapat penghasilan tambahan,” tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.