Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta

Berita Kawasan

Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta

Pangeran Diponegoro merupakan salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia yang tercatat dalam sejarah Tanah Air. Sedikit mengulas balik sejarah Pangeran Diponegoro saat tiba di Batavia pada 8 April 1830, dia menjadi tahanan politik oleh pemerintah Hindia-Belanda. Dia menempati ruang kecil berukuran 120 meter persegi selama 26 hari dan menghabiskan waktu di penjara dengan menulis surat kepada ibu dan putri sulungnya sekaligus berusaha melawan penyakit malaria yang dideritanya.

Kamar yang ditempati Pangeran Diponegoro yang memuat peristiwa sejarah itu pada tanggal 2 April 2019 resmi dibuka untuk publik dalam bentuk pameran edukatif di Museum Sejarah Jakarta, yang berlokasi di Jalan Taman Fatahillah No 1, Jakarta Barat.

[Baca Juga: Kisah Dua Patung di Jalan Sudirman Jakarta Selatan]

Acara peresmian Pameran Tetap Kamar Diponegoro bersamaan dengan Pameran Temporer Jakarta Kota Kosmopoitan pada tanggal 1 April 2019 di Museum Sejarah Jakarta. Kedua pameran tersebut resmi dibuka dalam rangka memperingati 400 tahun Pertemuan Budaya Timur dan Barat dan peringatan ulang tahun Museum Sejarah Jakarta yang ke 45.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Kunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dan membuka acara peresmian kedua pameran tersebut. Pada kesempatan itu, Anies mengapresiasi hadirnya Kamar Diponegoro sebagi ruang terbuka publik yang bisa menjadi destinasi wisata sejarah yang atraktif dan edukatif, serta pengelolaan yang kreatif dan inovatif. Sehingga pengunjung yang datang ke pameran tetap Kamar Diponegoro bisa menanamkan nilai-nilai sejarah dan membangun karakter generasi penerus bangsa yang berbudaya.

[Baca Juga: Biasakan Anak-anak Berkunjung Ke Museum]

Anies mengajak masyarakat di Indonesia untuk mengunjungi Museum Sejarah Jakarta yang telah membuka Kamar Diponegoro sebagai tempat yang bisa dijadikan inspirasi.

"Saya ingin mengajak masyarakat di Indonesia, khususnya di Jakarta, untuk mendatangi tempat ini. Mari jadikan tempat ini sebagai inspirasi. Untuk lebih banyak mengetahui tentang perjuangan Pangeran Diponegoro yang kita tahu merupakan salah satu hulu terpenting yang muaranya adalah kemerdekaan Indonesia," ujar Anies sebagaimana dilansir beritajakarta.id (2/4/2019).

Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta

Kamar bersejarah Diponegoro dibuka untuk masyarakat di Museum Sejarah Jakarta merupakan yang pertama kalinya. Pengunjung Museum Sejarah Jakarta bisa melihat kamar yang sebenarnya digunakan Sang Pahlawan Kemerdekaan Pangeran Diponegoro. Selain itu, pameran ini sesuai dengan aspek historis dan data sejarah yang mendukungnya, serta dilengkapi sejumlah benda bersejarah seperti salinan artefak berkualitas tinggi yang digunakan Diponegoro, salinan gambar pensil Diponegoro yang digambar oleh Adrianus Johannes Bik (seorang Hakim Batavia), salinan surat pribadi Pangeran Diponegoro, tempat sirih, artefak dari era kebangkitan nasional dan lainnya.

[Baca Juga: Malam Ini, Taman Fatahillah Buka hingga Dini Hari]

Dengan dibukanya Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta, Anies juga menyampaikan apresiasinya kepada para pemerhati museum-museum di Jakarta. "Saya secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Peter Carey selaku kurator dan penggiat museum yang sudah membantu proses terbangunnya Kamar Diponegoro ini," ujarnya.

Kurator Kamar Diponegoro Peter Carey mengaku optimistis ruang pameran ini 95 persen sama persis dengan jejak Pangeran Diponegoro saat dipenjara selama 26 hari yang saat ini menjadi Museum Sejarah Jakarta. "Semoga tempat ini bisa dijadikan untuk melihat, merenung dan inspirasi," harapnya. 

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.