Kampung Keramba 33.jpeg

Bisnis

Mengunjungi Wisata Buatan Kampung Keramba 22 Garden City Periuk

Keberadaan fase pandemi dalam kehidupan masyarakat memang terbukti menjadi fase baru dalam mengembangkan berbagai kegiatan inovatif. Memanfaatkan momen adaptasi keadaan ketika itu, berawal dari program ketahanan pangan, kini salah satu kampung di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, disulap menjadi destinasi wisata buatan baru yang layak dikunjungi.

Tepat berlokasi di RW 22 Garden City, Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, tempat yang dulu terkenal sebagai lokasi rawan banjir, kini menarik dikunjungi sebagai kampung yang terkenal dengan budidaya ikan menggunakan metode keramba. Dari sanalah, kini lokasi tersebut semakin dikenal masyarakat luas dengan sebutan ‘Kampung Keramba 22’.

Berbeda dengan destinasi-destinasi lain di Kota Tangerang yang lebih menyediakan fasilitas hiburan, Kampung Keramba 22 mendesain destinasi wisata dengan penawaran yang lebih beragam. Selain menjadi destinasi yang cocok sebagai lokasi singgah di tengah kesibukan aktivitas kota, Kampung Keramba juga menyediakan wisata edukasi sekaligus kuliner dari program yang dikembangkannya.

Melaluinya, Kampung Keramba 22 kini berkembang menjadi destinasi wisata buatan yang berpeluang besar secara ekonomis sebagai pusat usaha pengembangan berbagai budidaya ikan menggunakan metode khas, yakni metode keramba.

“Sejak bulan September 2020, Kampung Wisata Keramba 22 tumbuh secara pesat, yang tadinya hanya berdiri empat keramba, kini menjadi 184 keramba yang diisi berbagai jenis ikan konsumsi. Mulai dari Nila, Lele, Patin, dan Mas.” Ujar Iwan Sanjaya, Ketua Kampung Wisata Keramba 22, ketika ditemui.

Kampung Keramba 22.jpeg

Meski terbilang baru, Kampung Keramba 22 tersebut berkembang secara pesat. Selain sebagai pusat lokasi budidaya, melaluinya kini meramba ke pengolahan berbagai kuliner yang diolah dari hasil budidaya tersebut. Ditambah dengan pembangunan berbagai saung yang berdiri di tengah-tengah keramba yang ada, pengunjung yang datang berkunjung dapat merasakan sensasi kuliner ikan segar sekaligus melihat langsung proses budidaya yang sedang berjalan.

“Kita juga sudah mulai membuka usaha tempat makan. Jadi, kalau ada pertemuan dalam skala kecil atau tamu yang datang ke sini bisa memesan olahan ikan segar dan menikmatinya langsung di saung tengah keramba.” Lanjutnya.

Konsep inovatif tersebut menarik dikunjungi karena terbilang berbeda dengan destinasi-destinasi wisata lokal yang ada di Kota Tangerang. Kini, Kampung Keramba 22 semakin ramai pengunjung yang ingin merasakan pengalaman keasrian lokasi, melihat budidaya secara langsung, atau olahan kuliner khas, yang jarang ditemukan di tempat lain.

Kampung Keramba.jpeg

Selain itu, Kampung Keramba 22 juga sudah mulai mengembangkan promosi destinasi melalui strategi media sosial. Melalui akun resminya, @kampungwisatakeramba22, Kampung Keramba 22 semakin dikenal dan dapat dapat diakses secara lebih mudah dan terbuka bagi siapa pun yang tertarik berkunjung.

“Kita sangat terbuka untuk semua wisatawan, boleh langsung Direct Message (DM) di Instagram @kampungwisatakeramba22 atau datang langsung. Alamat pun sudah kita cantumkan di bio dan bisa cari google.” Pungkasnya.

Sejauh ini Kampung Keramba 22 berkembang dibawah proses pendampingan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang. Sembari perlahan menunggu keadaan kembali normal, Kampung Keramba 22 terus berkembang lewat kerja-kerja kolaborasi yang dilakukan warga setempat.


Read More

Kampung Wisata Keramba 22

Tujuan Wisata

+6281316867660
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.