Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Berita Kawasan

Mengurai Transportasi Pada PSBB Transisi Lewat Pengaturan Aktivitas

Antrian panjang di sejumlah stasiun KRL menghiasi pemandangan Ibu Kota di masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi Fase I pada awal pekan ini (8/6/2020). Sebelumnya, pemerintah telah membuat berbagai langkah antisipasi dalam bidang transportasi publik, seperti rencana pemberlakuan ganjil-genap untuk kendaraan mobil dan motor.

Bersamaan dengan kebijakan tersebut, upaya penambahan kapasitas transportasi umum turut dilakukan. Meski demikian, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno menilai, langkah pengaturan kegiatan masyarakat dapat menjadi opsi untuk mengatasi kekacauan di sektor transportasi pada masa pandemi COVID 19.

Semerawut, Pembatasan Layanan Transjakarta Atasi COVI-19 Banjir Kritik

“Saat ini sumber permasalahan bukan di sektor transportasinya namun pada bagaimana pengaturan kegiatan manusianya. Kebijakan mengelola kegiatan harus ditambahkan untuk membantu mengurangi mobilitas. ” kata Djoko, dalam keterangan tertulisnya yang diterima jurnalis PingPoint (10/6/2020).

Menurut Djoko cara yang dapat dilakukan yakni dengan memadukan pola kerja work from home (WFH) dan work from office (WFO). Selain itu, dapat dilakukan penjadwalan jam kerja, atau menambah kapasitas bus antar jemput di kementerian, lembaga pemerintah dan BUMN dapat dilakukan.

[Baca Juga: Ojol di Kota Bandung Boleh Angkut Penumpang Lagi. Ada Syaratnya?]

“Yang rasional sebenarnya adalah agar bagaimana aktivitas atau kegiatan publik pada masa new normal dapat dikendalikan intensitasnya tidak sama seperti pada masa sebelum pandemi. Hal ini sebenarnya yang menjadi substansi utama dari Keputusan Menteri Kesehatan terkait pedoman untuk masa new normal,” tulisnya

Menurut Djoko, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 juga dapat terlibat untuk mengurai masalah transportasi di masa pandemi. Misalnya dengan meminta Kementerian Penertiban Aparatur Negara menetapkan pola kerja Aparatur Sipil Negara (ASN),. Kemudian Kementerian BUMN menetapkan pola kerja pegawai BUMN dan Kementerian Tenaga Kerja menetapkan pola kerja karyawan perusahaan swasta.

[Baca Juga: Antisipasi COVID 19, Armada Ojol Di Solo Dilengkapi Alat Proteksi]

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif. Dalam kebijakan tersebut, muncul kembali rencana penerapan ganjil genap untuk kendaraan bermotor dengan pengecualian ojek online (ojol) atau ojek daring.

“Rencananya, penerapan kebijakan ganjil genap dengan pengecualian [ojek daring tidak termasuk], tentunya tidak akan bermakna lagi sebagai program pembatasan mobilitas kendaraan pribadi di jalan raya. Pasalnya, populasi sepeda motor sekitar 75 persen dari kendaran bermotor yang ada. Ojek daring tidak termasuk dalam pola transportasi makro (PTM) Kota Jakarta,” jelasnya,


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.