Mengurangi Kecemasan dengan Kegiatan Mencuci Piring

Kesehatan

Mengurangi Kecemasan dengan Kegiatan Mencuci Piring

Mencuci piring ternyata tidak hanya sekedar kegiatan bersih-bersih. Dibalik itu ternyata mencuci piring bisa menjadi cara yang efektif untuk menyegarkan pikiran. Dengan kata lain, mencuci piring juga bisa dianggap sebagai metode untuk melakukan meditasi.

Beberapa tokoh terkenal yang menjadikan kegiatan cuci piring sebagai metode untuk bermeditasi adalah Pendiri Amazon, Jeff Bezos dan Pendiri Microsoft. Bill Gates. Kedua tokoh tersebut mengaku gemar mencuci piring makan sendiri usai menghabiskan hidangan makan malam di rumahnya masing-masing.

[Baca Juga: Jangan Simpan Barang-barang ini di Bawah Tempat Cuci Piring!]

Dilansir dari Business Insider, Bezos mengatakan bahwa mencuci piring adalah hal terseksi yang sering Ia lakukan setiap malam. Hal yang sama juga dilakukan oleh Bill Gates. Menurut penuturan istrinya, Melinda Gates, suaminya sering meluangkan waktu untuk mencuci piring dan pekerjaan rumah tangga lainnya setiap malam.

Lalu, apa hubungannya mencuci piring dengan menyegarkan pikiran? Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Mindfulness, proses mencuci piring ternyata bisa mengurangi dampak kecemasan di dalam diri.

Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Florida State University. Menurut Wall Street Journal seperti dikutip Today, para peneliti tersebut melakukan percobaan kepada 51 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok itu kemudian disuruh untuk mencuci piring dengan proses yang berbeda.

Mengurangi Kecemasan dengan Kegiatan Mencuci Piring

Kelompok pertama diminta untuk fokus pada pentingnya mencuci piring, seperti mampu merasakan aroma cairan pencuci piring yang dipakai, merasakan busa yang digunakan untuk mencuci, merasakan bentuk piring dan sebagainya Sementara kelompok kedua hanya diminta fokus untuk segera menyelesaikan kegiatan mencuci piring.

Meski kedua kelompok melakukan kegiatan yang sama, namun ternyata hasilnya jauh berbeda. Kelompok kedua yang tidak punya tujuan apapun selain agar pekerjaan mereka cepat selesai tidak merasakan perbedaan apapun dari sebelum mencuci piring.

[Baca Juga: Cara Mencuci Buah dan Sayuran dengan Tepat Agar Bebas Pestisida]

Sementara kelompok pertama yang diminta mencuci piring dengan sepenuh hati ternyata mengalami penurunan tingkat perasaan cemas hingga 27 persen. Mereka juga merasa jadi lebih terinspirasi secara mental hingga 25 persen.

"Memegang spons itu bisa menjadi kesempatan untuk fokus pada saat ini, tetapi juga bisa menjadi kesempatan untuk bersantai dan melamun," ungkap hasil penelitian tersebut.

Para pakar kreativitas pun memercayai bahwa mencuci piring mampu merelaksasi pikiran. Hal itu pada akhirnya mampu merangsang otak untuk berinovasi.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.