TEBET-BISNIS-MENGURANGI POLUSI SUARA DENGAN GENAKAN SUARA BUNYI-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Mengurangi Polusi Suara dengan Gunakan Swara Sunyi

Banyaknya jumlah penduduk di Indonesia memengaruhi jumlah acara yang akan terselenggara. Mulai dari acara kecil sekelas resepsi pernikahan atau acara dengan skala besar. Tentunya kegiatan masyarakat yang satu ini menimbulkan peluang usaha yakni usaha sound system. Dalam suatu acara sound system posisinya sangat penting, terlebih lagi jika acaranya didatangi banyak orang.

Untuk dapat menjangkau semua orang, tentunya digunakan sound system yang mumpuni. Namun terkadang penggunaan sound system dapat menganggu di beberapa kondisi. Misalnya Anda menggunakan sound system pada hajatan yang terlaksana di kawasan padat penduduk, walaupun Anda tidak tinggal didekat lokasi hajatan, suaranya bisa mencapai radius 2-3 km. Beberapa orang menyebutkan kalau ini merupakan bagian polusi suara. Maka dari itu, terbentuklah Swara Sunyi.

Apa Itu Swara Sunyi?

Pada dasarnya, Swara Sunyi berangkat dari gerakan untuk mengurangi polusi suara dengan memberikan solusi untuk masyarakat yang ingin melaksanakan acara yang sederhana atau dengan dana minim tanpa harus menyewa jasa sound system yang cukup mahal.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Swara Sunyi akan memberikan Anda pengalaman baru dalam mendengar ketika Anda mengunjungi sebuah acara. Biasanya ketika acara mulai, Anda akan diberikan headphone wireless khusus yang bisa digunakan disepanjang acara, nantinya headphone ini akan memberikan Anda suara yang fokus dan tidak terganggu dengan suara luar. Sehingga para pengunjung bisa lebih fokus tanpa terganggu suara lain.

Suara Sunyi Kegiatan Bebas Polusi Suara

Latar Belakang

“Swara Sunyi sudah mulai sejak tahun 2016,” ucap salah satu Co-Founder Swara Sunyi Manyu saat ditemui PingPoint.co.id Senin (28/11) di kawasan Tebet. Yang menggunakan jasa Swara Sunyi pun sudah cukup banyak dan beragam, Swara Sunyi pernah digunakan oleh acara olahraga seperti yoga, konferensi, talkshow, dan lain sebagainya.

Swara Sunyi membatasi pemakaian alat mereka, hal ini tentu mengurangi acara yang bisa tangani. Hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan alat yang dimiliki Swara Sunyi dan provider mereka. Terkadang jika semua alat milik Swara Sunyi telah digunakan, mereka menyewa tambahan alat ke provider lain. Maka dari itu, Swara Sunyi hanya membatasi penggunaan headphone sebanyak 500 buah.

Uniknya, yang menjalankan bisnis ini di Indonesia hanya Swara Sunyi. “Yang saya tahu, di Indonesia baru kita yang main. Namun kalau provider alatnya sih ada di Indonesia,” ujarnya.

[Baca Juga: Festival Suara Anak Dorong Generasi Muda Terus Kejar Pendidikan]

Menurut Manyu, beberapa kelebihan menggunakan sound system dengan metode ini adalah diantaranya suara lebih terfokus dan tidak tercampur suara dari luar, man power yang digunakan dalam setiap acara sedikit, dan harganya relatif terjangkau. Swara Sunyi bukan hanya menyediakan jasa penyewaan silent sound, mereka juga bisa mengkonsep acara dan menjalankan acara layaknya event organizer.

Manyu menambahkan, untuk menggunakan jasa Swara Sunyi range harga yang dibutuhkan adalah sekitar Rp5 juta-Rp10 juta rupiah tergantung jumlah headphone yang digunakan. Jika Anda berminat dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ini, Anda bisa langsung cek instagram @swarasunyi.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.