PIK_KULINER_MENIKMATI CHINESE FOOD KHAS KAWASAN GLODOK_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kuliner

Menikmati Chinese Food Khas Kawasan Glodok

Kawasan pecinan di Glodok yang juga dikenal dengan nama Glodok Chinatown acap kali didatangi oleh para wisatawan dari luar dan dalam DKI Jakarta. Selain karena nuansa sejarahnya yang kuat, banyak yang di antara mereka juga datang karena berburu kulinernya. Dari mulai Kopi Oey Candranaya sampai Pantjoran Tea House, artikel ini akan mengulas mengenai tempat makan yang menyajikan kuliner khas Chinese food di Glodok.

Mengapa artikel ini memilih Chinese food? Tentu saja, tema ini sangat seirama dengan suasana Glodok yang memiliki pengaruh kuat dari para warganya. Di mana mayoritasnya merupakan warga Tionghoa. Jadi berikut ini rekomendasi tempat makan Chinese food yang ada di kawasan Glodok.

[Baca Juga: Ini 5 Bakmi Lezat di Kawasan Jakarta Barat]

Kopi Oey Candranaya

Walau memiliki kata “kopi” di depan namanya, restoran ini juga memiliki menu makanan Chinese food yang nikmat. Kopi Oey Candranaya berlokasi di Green Central City, Jalan Gajah Mada No.188, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat dan buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 00.00. Mengulas mengenai Kopi Oey Candranaya maka tidak bisa terlepas dari pendirinya yaitu Bondan Oeynarno alias Bondan Winarno yang terkenal dengan ungkapan “Pokoe maknyus!”. Sebagaimana dilansir dari kopitiamoey.com, sebelum wafat, Bondan bertanggung jawab dalam menentukan menu-menu yang disajikan di restorannya harus sesuai dengan tema kopi tiam. Sekadar informasi, kopi tiam merupakan istilah kedai kopi dan sarapan tradisional di Malaysia serta Singapura.

Restoran Kopi Oey Candrana memiliki beragam menu khas peranakan Melayu dan salah satunya adalah masakan khas warga Tionghoa. Dari mulai Nasi Tjaptjai Babah Oey, Ayam Goreng Mentega sampai Ifumie tersedia di sini. Menu Chinese food yang patut Anda coba adalah Mie Kepiting Pontianak dan Nasi Tjaptjai Babah Oey.

Bakmi Gang Mangga

Tempat makan yang satu ini cocok bagi Anda penikmat Chinese food dan mie. Bakmi Gang Mangga berlokasi di Jalan Kemurnian IV No.38B Gang Mangga, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Bakmi Gang Mangga acap kali dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menikmati suasana malam di Glodok Chinatown. Pasalnya, tempat makan ini buka setiap hari dari pukul 17.00 sampai 03.00 (khusus weekend buka sampai subuh). Menu Chinese food yang dihadirkan oleh Bakmi Gang Mangga juga terbilang lengkap. Anda penikmat nasi? Ada Nasi Goreng Pete Lapciong dna Nasi Siram Ayam Cah Kembang Kol yang perlu dicoba. Anda penyuka gurami? Maka Anda patut mencoba menu Gurame Tahu Tausinya.

[Baca Juga: 3 Spot Tempat Kuliner dengan Harga Terjangkau di Neo Soho Mall]

Menu favorit di sini adalah bakminya di mana Anda bisa memilih jenis mie dan pelengkapnya. Biasanya para pelanggannya datang untuk memesan mie kecil dengan topping sioba, ayam dan jamur.

Pantjoran Tea House

Tempat makan yang satu ini memiliki desain interior yang instagramable banget kalau kata-kata “kids jaman now”. Pantjoran Tea House berlokasi di Jalan Pancoran Raya No.4-6 Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Restoran ini buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 21.00. Ketika datang ke Pantjoran Tea House, suasana khas Tionghoa yang berbalut dengan kesan jadul pun langsung menyambut Anda. Dari mulai meja, kursi hingga teko teh yang disajikan terasa membawa Anda kembali ke era Jakarta saat masih memiliki nama Batavia.

Selain suasana yang kental dengan etnis Tionghoa, menu Chinese food yang disajikan di sini pun lengkap dengan rasa yang nikmat. Dari mulai menu sarapan seperti Bubur Pantjoran, Mie Ayam Patekoan sampai makanan berat seperti Nasi Goreng dan Fuyunghai tersedia di sini. Menu favorit di sini adalah Nasi Goreng XO yang ditemani dengan minuman teh merah khas Pantjoran Tea House.

Itulah sejumlah tempat makan di kawasan Glodok yang menyajikan berbagai menu Chinese food. Baik itu Pantjoran Tea House, Bakmi Gang Mangga atau Kopi Oey Candranaya, Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.