ANCOL_KULINER_MENIKMATI KULINER KHAS PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kuliner

Menikmati Kuliner Khas Pulau Seribu

Setiap wilayah di Tanah Air memiliki kuliner khas daerah masing-masing yang menggugah selera. Dari mulai makanan berat hingga camilan, makanan Indonesia kaya akan berbagai rasa yang cocok untuk lidah semua kalangan. Mungkin banyak yang tidak mengetahui, tapi Pulau Seribu ternyata juga memiliki kuliner khas yang enak.

Pulau Seribu merupakan salah satu destinasi favorit warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, wilayah yang berada di Jakarta Utara tersebut memiliki pulau-pulau yang menawarkan keindahan alam dengan udara khas area pantai. Inilah yang menjadi daya tarik utama bagi para pelancong yang sudah lelah dengan pemandangan kota besar. Selain menjadi destinasi wisata untuk suasana pantai dan lautnya, Pulau Seribu juga bisa Anda kunjungi untuk kulinernya. Karena terdapat sejumlah makanan unik yang hanya Anda bisa temukan di Pulau Seribu. Berikut ini makanan-makanan tersebut:

Sate Odol

ANCOL_KULINER_MENIKMATI KULINER KHAS PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-02.jpg

Jangan terkecoh dengan namanya, karena tidak ada odol atau pasta gigi yang digunakan dalam pembuatan sate ini. Sate odol yang juga dikenal dengan nama sate gepuk merupakan kuliner khas Pulau Seribu. Sate ini memiliki bahan dasar ikan tongkol yang sudah dibersihkan dari kulitnya. Kemudian daging tersebut dicampur parutan kelapa bakar dan bumbu yang membuatnya semakin nikmat. Sate odol biasanya dibungkus dengan daun pisang seperti pepes atau otak-otak. Kemudian sate tersebut dipanggang di atas bara api dan ketika matang, rasa yang dihasilkan merupakan campuran manis serta pedas. Selain menjadi makanan favorit warga Pulau Seribu, sate odol juga kerap dinikmati oleh pengunjung yang datang ke sana.

Kue Talam Ikan

ANCOL_KULINER_MENIKMATI KULINER KHAS PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-03.jpg

Kalau untuk makanan yang satu ini lebih cocok disebut sebagai camilan. Kue Talam Ikan adalah makanan ringan khas Pulau Seribu. Namun yang menarik adalah rasa dari kue ini yang bercampur antara manis dan gurih.

Kue talam ikan berbahan dasar dari tepung beras. Kemudian tepung tersebut dimasak hingga teksturnya mengental seperti puding. Lalu saat matang, kue talam tersebut ditaburi abon ikan khas Pulau Seribu. Jika Anda berkunjung ke kawasan tersebut, kue talam ikan merupakan camilan yang perlu Anda coba.

Kue Selingkuh

ANCOL_KULINER_MENIKMATI KULINER KHAS PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-04.jpg

Camilan yang satu ini memiliki nama yang cukup unik dan mudah diingat, yaitu kue selingkuh. Entah dari mana munculnya nama kue ini, namun usut punya usut makanan kecil khas Pulau Seribu ini sudah dikenal selama puluhan tahun di kepulauan tersebut. Karena berada di area kepulauan maka unsur ikan pun sering tidak bisa lepas dari kuliner khas Pulau Seribu. Kue Selingkuh memiliki tekstur serupa dengan lepet. Bahan dasarnya adalah beras yang dicampur dengan santan kelapa. Saat beras tersebut mulai matang, ikan yang sudah ditumbuk dengan bumbu pun dijadikan isiannya. Kemudian beras dengan campuran ikan itu dibungkus dengan daun pisan dan dikukus.

Puk Cue

ANCOL_KULINER_MENIKMATI KULINER KHAS PULAU SERIBU_EMIL_REVISI 01-05.jpg

Jika Palembang memiliki pempek, maka Pulau Seribu memiliki puk cue. Kedua makanan ini memiliki bahan dasar ikan. Namun bedanya, pempek menggunakan ikan tenggiri atau belida, sedangkan puk cue bahan dasar utamanya adalah ikan tongkol. Pembuatan puk cue dimulai dengan tepung sagu yang dicampurkan dengan ikan. Sebelum itu, ikan harus sudah direbus serta dihaluskan terlebih dahulu dan dicampur dengan berbagai bumbu dapur. Saat tepung sagu sudah tercampur dengan daging ikan maka adonan pun mulai terbentuk. Adonan itu lalu dibentuk memanjang atau bulat dan dikukus. Kemudian saat sudah matang, puk cue pun sudah siap digoreng atau dipanggang. Makanan khas Pulau Seribu ini akan semakin lezat ditemani dengan bumbu kacang yang penyajiannya serupa dengan otak-otak.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.