Menikmati Lemang Khas Minang di Kramat Raya

Kuliner

Menikmati Lemang Khas Minang di Kramat Raya

Bagi Anda pecinta kuliner khas Tanah Minang, tidak ada salahnya Anda menyambangi Lokasi Binaan (Lokbin) JP 34 di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Selain terkenal sebagi sentra penjual nasi kapau, di tempat ini kita juga bisa menikmati lemang dengan cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Lemang, umumnya dibuat berbahan dasar ketan dan santan. Keunikannya terletak pada cara memasaknya yang menggunakan bambu dan dibakar dengan teknik tertentu hingga berjam-jam.

[Baca Juga: Menikmati Olahan Daging Sapi di Matraman]

Salah seorang pedagang lemang di JP 34, Empeng (56) menuturkan, dalam satu hari dirinya bisa menjual 15 lonjor lemang berukuran sekitar 30 sentimeter. Lemang tersebut dijualnya seharga Rp 50 ribu per lonjor. "Agar lebih nikmat lemang biasanya disantap bersama dengan tapai yang sudah difermentasi. Makanya lebih sering disebut lemang tapai," ujarnya seperti dilansir dari beritajakarta.id (7/4/2019).

Menikmati Lemang Khas Minang di Kramat Raya

[Baca Juga: Ayo Makan Sepuasnya di RM Indah Jaya Minang Puri]

Menurutnya, omzet penjualan lemang tapai biasanya akan meningkat saat Ramadan karena banyak dinikmati untuk makanan berbuka puasa. "Peningkatannya bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa," terangnya.

Sementara, pedagang lemang lainnya di JP 34, Uun Kurniasih (48) menambahkan, selain dengan tapai, lemang juga sangat nikmat bila disantap dengan opor ayam atau rendang.

[Baca Juga: Berburu Iga Bakar Pedas di Kawasan Bintaro]

"Lemang juga bisa bertambah nikmat kalau disajikan masih hangat. Untuk itu, saya berencana membuat tungku di sini untuk penghangat. Apalagi sebentar lagi bulan puasa yang biasanya ramai pembeli," ungkapnya.

Uun berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang telah memfasilitasi para pengusaha kuliner untuk bisa tumbuh dan berkembang. "Lokbin JP 34 ini sepertinya sudah menjadi ciri khas destinasi kuliner dari Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91 Persen

Kesehatan

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91%

21 September 2020, 16:25

Di Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien OTG yang tidak punya tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Ini berarti tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri mencapai 91,84 persen.

Hasil Patroli Akhir Pekan di Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

Berita Kawasan

Hasil Patroli: Akhir Pekan i Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

21 September 2020, 15:11

Wali Kota Bima Arya dan tim menyisir sejumlah restoran dan kafe di sepanjang Jalan KH Abdulah Bin Nuh (Yasmin), Semplak, Cilendek hingga Gunung Batu di Kota Bogor.

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

Hobi dan Hiburan

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

21 September 2020, 14:10

Pelopor streaming online Netflix Inc, yang memimpin perolehan dengan rekor 160 nominasi, memperoleh 21 penghargaan.

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

Bisnis

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

21 September 2020, 13:27

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapatkan penghargaan ICSB Presidential Award dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.