MENIKMATI SUASANA ASRI DI TAMAN WILADATIKA

Berita Kawasan

Menikmati Suasana Asri di Taman Wiladatika Cibubur

Lahan terbuka hijau kerap menjadi incaran para warga Jakarta dan sekitarnya yang sudah penat dengan kesibukan dan rutinitas sehari-hari di Ibu Kota. Sehingga sudah tidak aneh bila pada akhir pekan banyak keluarga yang bermain di taman-taman, salah satu lokasinya adalah di Taman Wiladatika Cibubur.

Usut punya usut, walau menggunakan nama Cibubur, lokasi wisata ini sebenarnya masuk ke area Depok. Pasalnya, alamat lengkap dari Taman Wiladatika Cibubur berlokasi di Jalan Jambore Nomor 2, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. Pembangunan Taman Wiladatika sebenarnya sangat berkaitan erat dengan pramuka.

Tujuan awal pembangunan taman ini untuk publik guna mengumpulkan dana yang akan difungsikan untuk mendanai kegiatan pramuka. Wiladatika yang memiliki kepanjangan Widya Mandala Krida Bakti Pramuka diresmikan pada 29 Junis 1980 oleh mantan Presiden Indonesia kedua Republik Indonesia Soeharto.

Berbicara mengenai pramuka, Presiden Joko Widodo juga pernah datang ke Taman Wiladatika Cibubur pada 14 Agustus 2016 untuk membuka acara Jambore Nasional ke-10. Acara yang digelar selama tujuh hari itu diikuti oleh puluhan ribu peserta yang berasal dari para anggota pramuka di seluruh provinsi Tanah Air.

Secara demografi, taman wisata ini memiliki luas 15 hektare dan termasuk berada di area yang strategis karena berada tidak jauh dari pintu tol Jagorawi. Sehingga hal ini memudahkan Anda yang datang ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun bila Anda memilih menggunakan angkutan umum maka Anda bisa pergi ke Terminal Kampung Rambutan.

Dengan menaiki angkutan umum jalur 121 atau K44, Anda akan diantar hingga Tugu Tunas Kelapa di area Bumi Perkemahan Pramuka. Setelah itu, Anda tinggal melanjutkan dengan berjalan beberapa menit untuk sampai ke Taman Wiladatika.

Untuk masuk ke taman ini, cukup membeli tiket masuk Rp8.000 per orang dan Rp4.000 untuk anggota Pramuka. Saat masuk ke taman ini, Anda akan langsung disambut dengan warna hijau yang asri dari tanaman yang tumbuh subur di sana serta bunga-bunga yang menghiasi area dekat air mancur. Lokasi ini kerap digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto bersama keluarga atau orang yang dikasihi bahkan untuk berpose swafoto yang kelak akan mereka unggah ke media sosial.

Berjalan lebih dalam lagi maka suasana teduh akan langsung menghampiri Anda. Beragam pohon yang sudah berusia tua menimbulkan kesan rasa adem dan udara segar. Di bawah pohon-pohon itu juga disediakan kursi yang terbuat dari batu jika Anda ingin istirahat sejenak sebelum kembali berkeliling di taman tersebut.

Taman Wiladatika juga menjadi lokasi yang dipilih oleh warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk berpiknik. Dengan membawa beragam hidangan dan tikar, mereka melepas lelah serta bersenda gurau dengan anggota keluarga demi melupakan sejenak rasa lelah akan rutinitas sehari-sehari.

Di sini juga tersedia beragam fasilitas bermain yang dapat Anda sewa seperti sepeda, becak mini, perahu air. Ingin berenang? Taman Wiladatika juga memiliki kolam renang dengan biaya masuk Rp25 ribu per orang. Normalnya, taman ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00.

Pada Mei 2018 lalu, Taman Wiladatika sempat menjadi lokasi penyelenggaraan Festival of Light. Saat itu beragam lampion dengan cahaya indah menghiasi tempat wisata tersebut dan mengajak warga Jakarta dan sekitarnya untuk merasakan suasana malam yang meriah di sana.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  7 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  9 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  8 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  6 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.