DEPOK_PROPERTI_MENILAI INVESTASI PROPERTI DI DEPOK_ICHWAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Menilai Investasi Properti di Depok

Ruang gerak pertumbuhan properti di Jakarta sudah semakin sempit mengingat jumlah ketersediaan lahan yang semakin terbatas. Perkembangan properti kemudian mengarah ke selatan Jakarta seperti Kota Depok Jawa Barat dan Serpong di Tangerang Selatan. Jika diperhatikan beberapa tahun terakhir ini, pertumbuhan properti di Depok berkembang cukup pesat.

Pertumbuhan properti di Depok tidak lepas dari semakin terbentuknya infrastruktur baru yang ada atau akan melewatinya. Sebut saja proyek Jalan Tol Depok – Antasari (Desari) yang telah diresmikan akhir September 2018. Tol Desari akan dibangun dalam dua tahap, yakni seksi I sepanjang 12 km. Tol seksi I ini membentang dari jalan Pangeran Antasari di Jakarta Selatan hingga ke Sawangan, Depok.

Tol ini juga terhubung dengan tol Jagorawi, yang membentang hingga ke Jakarta Utara ataupun ke Jakarta Selatan hingga Tangerang. Sementara seksi II akan menghubungkan Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, Beji. Sementara itu, seksi III akan menghubungkan Kukusan-Cinangka. Ruas tol ini akan terhubung juga dengan tol Lingkar Luar Jakata (JORR II).

Perkembangan infrastruktur ini diyakini dapat mengangkat kembali pamor “Kota Belimbing” yang sempat meredup. Infrastruktur tol ini akan membuat wilayah berjuluk “Kota Belimbing” ini semakin strategis. Lokasi seperti ini yang akan menjadi bahan pertimbangan, bahkan incaran para investor pengembang untuk membangun proyek propertinya.

Berdasarkan data Rumah.com Property Index Indonesia Q1 2018, kenaikan median harga properti di wilayah ini mencapai 8,1 persen dalam tiga bulan terakhir (Maret-Juli 2018). Sementara secara tahunan, kenaikannya mencapai 12 persen.

Melihat kondisi ini, pengembang tentu tidak kehabisan peluang. Kawasan Sawangan, Depok yang dilintasi akses antarkota dan antarprovinsi sukses menarik sejumlah pengembang besar untuk mendirikan proyek di sini. Salah satunya, Wika Realty yang mengembangkan proyek hunian Tamansari Puri Bali di atas tanah seluas 24,5 hektare.

Wika Realty menawarkan rumah dengan konsep satu lantai dengan beberapa tipe. Mulai dari tipe yang paling kecil dengan ukuran tipe 45/120 hingga yang paling besar tipe 75/259. Mengutip rumah.com (7/9/2018), harga unit-unit itu dipasarkan pun beragam, mulai dari Rp1,016 miliar hingga Rp2,184 miliar.

Sementara itu Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Depok menilai di banyak wilayah di Depok yang berpotensi untuk dilakukan pembangunan properti. Potensi properti di Depok ini semakin berkembang terutama pasca Tol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi 1 beroperasi. Ruas ini menghubungkan Jagorawi – Cimanggis sepanjang 3,7 kilometer. Sementara Seksi II sepanjang 5,5 kilometer dengan rute Cimanggis – Kukusan bisa dilintasi dalam waktu dekat.

Akses yang kian memadai itu turut memicu munculnya berbagai properti baru di area Depok seperti Cimanggis. Salah satunya yang diluncurkan adalah Cimanggis City besutan PT Permata Sakti Mandiri yang menyasar pada segmen pasar kalangan menengah. Apartemen dua tower ini menawarkan beberapa tipe hunian seperti tipe studio dan tipe 2 bedroom.

Mengenai seberapa besar nilai investasi properti di Depok yang bisa didapat, Agus Susilo selaku Direktur Utama Cimanggis City seperti dikutip dari laman yang sama menjelaskan jumlah investor menjadi dominan dalam penjualan Cimanggis City. “40 persen merupakan end user, pembeli kebanyakan datang dari sekitar Depok dan Jakarta Selatan. Saat ini 50 persen unit di tower pertama sudah terjual bersih, target serah terima kami lakukan akhir 2019,” katanya.

Baginya, tolok ukur investasi berupa kenaikan harga sebesar 45 persen dalam waktu satu tahun terbilang bagus apalagi untuk area yang masuk kategori sunrise property. Di mana umumnya Return of Investment (RoI) sekitar 10-20 persen sudah bisa dikatakan ideal.

Akan tetapi investor pun bisa mengharapkan RoI lebih tinggi lagi. Sebab investasi apartemen di Depok adalah jangka panjang, bisa lebih dari 5 tahun, sehingga bisa memakai patokan imbal hasil obligasi pemerintah dengan jangka waktu menengah dan jangka panjang.

Read More

Artikel Lainnya

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Berita Kawasan

Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta

20 September 2019, 18:00  |  4 Views

Aksi Global Climate Strikes yang digagas Greta Thunberg diikuti pula oleh sejumlah anak-anak muda di Indonesia. Siapakah dia?

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

Bisnis

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

20 September 2019, 17:00  |  10 Views

Sony Eco Shopping Bag Design Contest menjadi salah satu langkah untuk upaya memelihara lingkungan hidup. Seorang mahasiswa di Jakarta berhasil memenangkan kontes yang diadakan Sony Indonesia tersebut.

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

Bisnis

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

20 September 2019, 16:00  |  13 Views

Sebagaimana bentuk kepedulian DBS Foundation terhadap wirausaha sosial di Indonesia, SE Bootcamp kembali hadir.

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

20 September 2019, 15:00  |  8 Views

Usai diresmikan Rawa Binong bahkan direncanakan menjadi pusat oleh-oleh dan cenderamata Kabupaten Bekasi. Sudah pernah ke sana?


Comments


Please Login to leave a comment.