Menilik Asal Usul Nama Kembangan Jakarta Barat.jpg

Berita Kawasan

Mengenal Lebih Jauh Wilayah Kembangan Jakarta Barat

Kota Adminitrasi Jakarta Barat merupakan salah satu dari lima kota adminitrasi di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Secara adminitratif, Jakarta Barat terbagi menjadi delapan kecamatan dengan 56 kelurahan.

Wilayah Kembangan menjadi pusat pemerintahan sekaligus kecamatan di Kota Adminitrasi Jakarta Barat. Kecamatan Kembangan sendiri memiliki enam kelurahan, di antaranya Kelurahan Joglo, Srengseng, Meruya Selatan, Meruya Utra, Kembangan Utara, dan Kembangan Selatan.

Hingga saat ini, kawasan Kembangan terus mengalami perkembangan. Hal itu terlihat dari banyaknya pembangunan, mulai dari komplek perumahan, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga sekolah dan lain sebagainya yang terjadi di wilayah seluas 2.419 hektare ini.

Menurut data statistik 2004, peruntukan luas tanah tersebut terdiri dari perumahan 1.290,91 hektare, industri 8,73 hektare, perkantoran 116,08 hektare, taman 36,75 hektare, pertanian 114,39 hektare, lahan tidur 643,43 hektare, dan lain-lain 208, 71 hektare.

[Baca Juga: Bisnis Coworking Space Merambah Kawasan Puri Kembangan]

Dibalik pesatnya geliat perkembangan di wilayah Kembangan, Jakarta Barat, tidak banyak yang tahu asal-usul sejarah penamaan Kembangan. Melansir dari jakarta.bisnis.com (19/7/2016), Kembangan adalah kawasan perkampungan yang mempunyai sejarah panjang yang tidak lepas dari kota Jakarta tempo doeloe.

Berkiblat pada Zaenuddin HM dalam bukunya 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012, menjelaskan mengenai asal-usul nama Kembangan. Dalam buku tersebut terdapat dua versi dalam penamaan Kembangan.

Kembang atau Pencak Silat ?

Pada versi pertama, dikatakan berasal dari keadaan alamnya yang pada masa lampau merupakan perkebunan kembang atau bunga, seperti kembang mawar, kembang pihong, kembang melati, dan kembang anggrek.

Membayangkan pada masa itu, penduduk utamanya adalah orang-orang Betawi yang umumnya bertani sebagai mata pencaharian. Banyaknya lahan pohon kembang menjadi latar belakang tersendiri bagi masyarakat untuk menyebut wilayah tersebut dengan kata Kembangan, yang terbiasa dalam penyebutan dari kata Kembang-an.

Sedangkan versi kedua, menyebutkan bahwa Kembangan berasal dari jenis atau gaya seni pencak silat Betawi yang menjadi tradisi di wilayah tersebut. Kembangan pencak namanya, yakni latihan tata gerakan silat berhadapan dengan seorang lawan atau sajian pentas berupa peragaan gerak terdiri atas jurus pukul, langkah, kembangan atau ornamen dalam kesenian pencak silat.

[Baca Juga: Dari Kantor Walikota Hingga Hutan Kota, 10 RTH di Kembangan]

Dalam kembangan pencak juga terdapat beberapa tari-tarian sebagai seni gerak yang biasanya diiringi permainan rebana, seperti rebana biang dan blengo. Dari situ, seni pencak silat di Kembangan berkembangan dengan pesat. Hingga akhirnya, masyarakat di sana memberikan nama daerah di Jakarta Barat ini dengan nama Kembangan.

Demikian asa-usul penamaan Kembangan yang berasal dari buku setebal 377 halaman berjudul 212 Asa-Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM. Sesuai dengan namanya, Kembangaan terus berkembang. Namun diharapkan, dengan terjadinya perkembangan tidak membuat masyarakatnya melupakan sejarah dan selalu melestarikan serta menjadi nama baik wilayah Kembangan.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.