Menilik Asal Usul Nama Kembangan Jakarta Barat.jpg

Berita Kawasan

Mengenal Lebih Jauh Wilayah Kembangan Jakarta Barat

Kota Adminitrasi Jakarta Barat merupakan salah satu dari lima kota adminitrasi di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Secara adminitratif, Jakarta Barat terbagi menjadi delapan kecamatan dengan 56 kelurahan.

Wilayah Kembangan menjadi pusat pemerintahan sekaligus kecamatan di Kota Adminitrasi Jakarta Barat. Kecamatan Kembangan sendiri memiliki enam kelurahan, di antaranya Kelurahan Joglo, Srengseng, Meruya Selatan, Meruya Utra, Kembangan Utara, dan Kembangan Selatan.

Hingga saat ini, kawasan Kembangan terus mengalami perkembangan. Hal itu terlihat dari banyaknya pembangunan, mulai dari komplek perumahan, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga sekolah dan lain sebagainya yang terjadi di wilayah seluas 2.419 hektare ini.

Menurut data statistik 2004, peruntukan luas tanah tersebut terdiri dari perumahan 1.290,91 hektare, industri 8,73 hektare, perkantoran 116,08 hektare, taman 36,75 hektare, pertanian 114,39 hektare, lahan tidur 643,43 hektare, dan lain-lain 208, 71 hektare.

[Baca Juga: Bisnis Coworking Space Merambah Kawasan Puri Kembangan]

Dibalik pesatnya geliat perkembangan di wilayah Kembangan, Jakarta Barat, tidak banyak yang tahu asal-usul sejarah penamaan Kembangan. Melansir dari jakarta.bisnis.com (19/7/2016), Kembangan adalah kawasan perkampungan yang mempunyai sejarah panjang yang tidak lepas dari kota Jakarta tempo doeloe.

Berkiblat pada Zaenuddin HM dalam bukunya 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012, menjelaskan mengenai asal-usul nama Kembangan. Dalam buku tersebut terdapat dua versi dalam penamaan Kembangan.

Kembang atau Pencak Silat ?

Pada versi pertama, dikatakan berasal dari keadaan alamnya yang pada masa lampau merupakan perkebunan kembang atau bunga, seperti kembang mawar, kembang pihong, kembang melati, dan kembang anggrek.

Membayangkan pada masa itu, penduduk utamanya adalah orang-orang Betawi yang umumnya bertani sebagai mata pencaharian. Banyaknya lahan pohon kembang menjadi latar belakang tersendiri bagi masyarakat untuk menyebut wilayah tersebut dengan kata Kembangan, yang terbiasa dalam penyebutan dari kata Kembang-an.

Sedangkan versi kedua, menyebutkan bahwa Kembangan berasal dari jenis atau gaya seni pencak silat Betawi yang menjadi tradisi di wilayah tersebut. Kembangan pencak namanya, yakni latihan tata gerakan silat berhadapan dengan seorang lawan atau sajian pentas berupa peragaan gerak terdiri atas jurus pukul, langkah, kembangan atau ornamen dalam kesenian pencak silat.

[Baca Juga: Dari Kantor Walikota Hingga Hutan Kota, 10 RTH di Kembangan]

Dalam kembangan pencak juga terdapat beberapa tari-tarian sebagai seni gerak yang biasanya diiringi permainan rebana, seperti rebana biang dan blengo. Dari situ, seni pencak silat di Kembangan berkembangan dengan pesat. Hingga akhirnya, masyarakat di sana memberikan nama daerah di Jakarta Barat ini dengan nama Kembangan.

Demikian asa-usul penamaan Kembangan yang berasal dari buku setebal 377 halaman berjudul 212 Asa-Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM. Sesuai dengan namanya, Kembangaan terus berkembang. Namun diharapkan, dengan terjadinya perkembangan tidak membuat masyarakatnya melupakan sejarah dan selalu melestarikan serta menjadi nama baik wilayah Kembangan.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.