Persiapan Jakarta MRT 1.jpg

Berita Kawasan

Menilik Kesiapan MRT Jakarta Sebelum Beroperasi Komersil

PT. Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan memulai operasi komersialnya pada tanggal 24-31 Maret 2019. Namun sebelumya, masyarakat bisa ikut serta dalam uji coba penuh MRT yang dijadwalkan mulai 26 Februari 2019 mendatang.

Hal itu seperti yang disampaikan Direktur Utama PT. MRT Jakarta William Sabandar dalam acara Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta di Kantor Pusat PT. MRT Jakarta, Wisma Nusantara, Jakarta Pusat.

William menyampaikan, hal terbaru dari proyek MRT ini adalah per 25 Januari 2019 perkembangan kontruksi sipil telah mencapai 98.59 persen dengan jalur layang 98.43 persen dan jalur bawah tanah 98.74 persen.

“Saat ini kami sedang melakukan integrated testing and commissinoning dengan delapan rangkaian kereta dan selang waktu 10 menit untuk pengetesan sistem mode operasi normal, yaitu ketepatan jadwal dan operasional pintu tepi peron (platform screen door),” kata William seperti dikutip jakartamrt.co.id (30/1/2019).

Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta

Pada 26 Februari 2019, pihaknya akan memulai uji coba penuh (full trial run) sekaligus simulasi kondisi kedaruratan (emergency operation training) pada 27 Februari hingga 11 Maret 2019. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat dapat ikut serta dalam uji coba penuh MRT.

Dalam acara tersebut turut hadir Direktur Konstruksi Silvia Halim, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Muhammad Effendi, dan Direktur Pengembangan dan Dukungan Bisnis Ghamal Peris.

Terkait perkembangan konstruksi, Direktur Konstruksi Silvia Halim mengatakan, fokus pekerjaan direktorat yang dipimpinnya mempercepat penyelesaian pintu masuk (entrance) stasiun, termasuk kanopi entrance.

[Baca Juga: Warga Bisa Siap-siap Coba Kereta MRT Jakarta Pada Februari]

“Nantinya juga pagar-pagar yang selama ini menutup area proyek akan dibuka satu per satu agar masyarakat bisa melihat langsung area sepanjang koridor fase satu ini,” kata Silvia.

Sedangkan Direktur Operasi dan Pemeliharaan Muhammad Effendi menyampaikan, kesiapan oreasi telah mencapai 86.43 persen yang terdiri dari kesiapan institusi 87.53 persen dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) 85.25 persen.

“Saat ini tim masinis, Operation Command Center (OCC), dan pihak pemeliharaan kami sedang mengikuti uji sertifikasi dari Direktoran Jenderal Perkeretaapian (DJKA). Kami juga menyiapakan 71 masinis yang terdiri dari 17 instruktur masinis dan 54 masinis muda yang usianya rata-rata 23 tahun,” ucap Effendi.

Direktorat Pengembangan dan Dukungan Bisnis Ghamal Peris juga memaparkan tentang aspek hak penamaan stasiun MRT Jakarta. Ada empat stasiun yang sudah mencantumkan nama mitra dan telah membeli hak penamaan di stasiun MRT Jakarta, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Istora, dan Sisingamangaraja.

[Baca Juga: 5 Keuntungan Bisnis Akibat Dampak TOD Kawasan Cibubur]

“Kami sedang dalam proses untuk membuat lagi hak penamaan di empat stasiun MRT Jakarta, yaitu Stasiun Senayan, Bendungan Hilir, Blok M dan Lebak Bulus. Kami juga telah mendapatkan 15 mitra retail yang telah bergabung di 10 stasiun MRT Jakarta. Saat ini sedang proses penambahan 8 mitra retail baru untuk tiga stasiun, yaitu Stasiun Haji, Blok A, dan Sisingamangaraja,” jelas Ghamal.

Ghamal juga mengatakan bahwa penumpang dapat menggunakan kartu kereta yang diterbitkan MRT Jakarta dan kartu yang dikeluarkan bank mitra MRT Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary.jpg

Bisnis

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary

11 August 2022, 15:09

Bagi Anda yang berencana liburan, baik ke dalam dan luar negeri, maka bisa memanfaatkan berbagai potongan harga serta deal dari tiket.com dalam momen perayaan Ann11versary.

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 202 2.jpg

Pendidikan

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 2022

11 August 2022, 11:13

Jelang HUT RI ke-77, Pemkot Jakarta Utara menggelar Festival Literasi Merah Putih Ceria di Koja Trade Mall untuk edukasi literasi bagi anak-anak.


Comments


Please Login to leave a comment.