Persiapan Jakarta MRT 1.jpg

Berita Kawasan

Menilik Kesiapan MRT Jakarta Sebelum Beroperasi Komersil

PT. Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan memulai operasi komersialnya pada tanggal 24-31 Maret 2019. Namun sebelumya, masyarakat bisa ikut serta dalam uji coba penuh MRT yang dijadwalkan mulai 26 Februari 2019 mendatang.

Hal itu seperti yang disampaikan Direktur Utama PT. MRT Jakarta William Sabandar dalam acara Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta di Kantor Pusat PT. MRT Jakarta, Wisma Nusantara, Jakarta Pusat.

William menyampaikan, hal terbaru dari proyek MRT ini adalah per 25 Januari 2019 perkembangan kontruksi sipil telah mencapai 98.59 persen dengan jalur layang 98.43 persen dan jalur bawah tanah 98.74 persen.

“Saat ini kami sedang melakukan integrated testing and commissinoning dengan delapan rangkaian kereta dan selang waktu 10 menit untuk pengetesan sistem mode operasi normal, yaitu ketepatan jadwal dan operasional pintu tepi peron (platform screen door),” kata William seperti dikutip jakartamrt.co.id (30/1/2019).

Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta

Pada 26 Februari 2019, pihaknya akan memulai uji coba penuh (full trial run) sekaligus simulasi kondisi kedaruratan (emergency operation training) pada 27 Februari hingga 11 Maret 2019. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat dapat ikut serta dalam uji coba penuh MRT.

Dalam acara tersebut turut hadir Direktur Konstruksi Silvia Halim, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Muhammad Effendi, dan Direktur Pengembangan dan Dukungan Bisnis Ghamal Peris.

Terkait perkembangan konstruksi, Direktur Konstruksi Silvia Halim mengatakan, fokus pekerjaan direktorat yang dipimpinnya mempercepat penyelesaian pintu masuk (entrance) stasiun, termasuk kanopi entrance.

[Baca Juga: Warga Bisa Siap-siap Coba Kereta MRT Jakarta Pada Februari]

“Nantinya juga pagar-pagar yang selama ini menutup area proyek akan dibuka satu per satu agar masyarakat bisa melihat langsung area sepanjang koridor fase satu ini,” kata Silvia.

Sedangkan Direktur Operasi dan Pemeliharaan Muhammad Effendi menyampaikan, kesiapan oreasi telah mencapai 86.43 persen yang terdiri dari kesiapan institusi 87.53 persen dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) 85.25 persen.

“Saat ini tim masinis, Operation Command Center (OCC), dan pihak pemeliharaan kami sedang mengikuti uji sertifikasi dari Direktoran Jenderal Perkeretaapian (DJKA). Kami juga menyiapakan 71 masinis yang terdiri dari 17 instruktur masinis dan 54 masinis muda yang usianya rata-rata 23 tahun,” ucap Effendi.

Direktorat Pengembangan dan Dukungan Bisnis Ghamal Peris juga memaparkan tentang aspek hak penamaan stasiun MRT Jakarta. Ada empat stasiun yang sudah mencantumkan nama mitra dan telah membeli hak penamaan di stasiun MRT Jakarta, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Istora, dan Sisingamangaraja.

[Baca Juga: 5 Keuntungan Bisnis Akibat Dampak TOD Kawasan Cibubur]

“Kami sedang dalam proses untuk membuat lagi hak penamaan di empat stasiun MRT Jakarta, yaitu Stasiun Senayan, Bendungan Hilir, Blok M dan Lebak Bulus. Kami juga telah mendapatkan 15 mitra retail yang telah bergabung di 10 stasiun MRT Jakarta. Saat ini sedang proses penambahan 8 mitra retail baru untuk tiga stasiun, yaitu Stasiun Haji, Blok A, dan Sisingamangaraja,” jelas Ghamal.

Ghamal juga mengatakan bahwa penumpang dapat menggunakan kartu kereta yang diterbitkan MRT Jakarta dan kartu yang dikeluarkan bank mitra MRT Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.


Comments


Please Login to leave a comment.