Depok-Kawasan-Menilik-Komunitas-FISIP-UI-Peduli-Hewan-Emil.jpg

Berita Kawasan

Menilik Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

Saat Anda menginjakkan kaki ke kompleks bangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia kampus Depok maka ada satu pemandangan yang unik. Sebab Anda dapat melihat kucing-kucing yang berkeliaran namun mereka memiliki tubuh yang sehat. Namun tahukah Anda ada sekelompok orang bergerak secara sukarela memastikan keadaan kucing-kucing liar di UI Depok tersebut sehat?

Nama komunitas itu adalah FISIP UI Peduli Hewan yang sudah mulai beraktivitas semenjak Juli 2017. Komunitas ini terdiri dari dosen, mahasiswa, karyawan dan alumni FISIP UI Depok yang memang memiliki passion untuk membantu hewan-hewan yang terlantar, khususnya yang berada di lingkungan kampus.

Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

“Jumlah anggota kurang dari lebih 10 orang dengan tingkat keterlibatan yang berbeda. Akan tetapi kami melihat potensi perluasan partisipasi melihat banyaknya mahasiwa dan dosen yang sayang hewan, terutama kucing,” jelas anggota FISIP UI Peduli Hewan sekaligus Dosen Sosiologi FISIP UI Meuthia Ganie Rochman kepada PingPoint.co.id (28/11/2018).

Kucing yang Dirawat Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

Keberadaan komunitas ini sebenarnya bisa ditarik benang merahnya dengan kabar yang sempat viral beberapa tahun lalu. Tepatnya ketika Garda Satwa Indonesia yang menuliskan posting-an mengenai Rektor Universitas Indonesia terkait pembersihan kucing dan anjing tanpa pemilik yang berada di UI Depok. Kebijakan ini pun menuai kecaman keras dari para netizen, khususnya para pecinta hewan.

[Baca Juga: Pejaten Shelter, “Surga” Kecil untuk Hewan Peliharaan yang Terlantar]

Komunitas ini juga mendorong agar kucing-kucing yang berada di sekitar area kampus tidak diusir oleh pihak FISIP UI. “Pihak fakultas punya concern terhadap keberadaan hewan yang dapat menganggu aspek kesehatan dan kebersihan. Namun (mereka) terbuka untuk dialog dan inisiatif dari komunitas.

Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

Karena itulah selain memberi makan kucing-kucing yang ada di area FISIP UI Depok, komunitas ini juga melakukan sterilisasi dan membuka program adopsi. Langkah ini dilakukan guna untuk mencegah terjadinya over-population kucing-kucing yang ada di sana. Para anggota komunitas ini juga kerap mengobati kucing-kucing sakit atau yang terluka.

[Baca Juga: Tertarik Punya Bisnis Pet Shop? Ini Tips untuk Memulainya]

Untuk pendanaan, komunitas di UI Depok ini biasanya menggunakan sumbangan sukarela dari para anggota yang digunakan untuk membeli makanan serta berobat kucing-kucing. Selain itu, FISIP UI Peduli Hewan acap kali mengadakan kegiatan untuk penggalangan dana demi membantu “sahabat berkaki empat” mereka.

“Kita membuka kampanye di situs Kita Bisa, saat itu kita juga keliling minta sumbangan dana ketika acara FISIP Homecoming Day, lalu juga ada sumbangan dari para donatur. (Mereka) biasanya follower di Instagram, mahasiswa atau teman/keluarga dari para anggota komunitas kita,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.