Depok-Kawasan-Menilik-Komunitas-FISIP-UI-Peduli-Hewan-Emil.jpg

Berita Kawasan

Menilik Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

Saat Anda menginjakkan kaki ke kompleks bangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia kampus Depok maka ada satu pemandangan yang unik. Sebab Anda dapat melihat kucing-kucing yang berkeliaran namun mereka memiliki tubuh yang sehat. Namun tahukah Anda ada sekelompok orang bergerak secara sukarela memastikan keadaan kucing-kucing liar di UI Depok tersebut sehat?

Nama komunitas itu adalah FISIP UI Peduli Hewan yang sudah mulai beraktivitas semenjak Juli 2017. Komunitas ini terdiri dari dosen, mahasiswa, karyawan dan alumni FISIP UI Depok yang memang memiliki passion untuk membantu hewan-hewan yang terlantar, khususnya yang berada di lingkungan kampus.

Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

“Jumlah anggota kurang dari lebih 10 orang dengan tingkat keterlibatan yang berbeda. Akan tetapi kami melihat potensi perluasan partisipasi melihat banyaknya mahasiwa dan dosen yang sayang hewan, terutama kucing,” jelas anggota FISIP UI Peduli Hewan sekaligus Dosen Sosiologi FISIP UI Meuthia Ganie Rochman kepada PingPoint.co.id (28/11/2018).

Kucing yang Dirawat Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

Keberadaan komunitas ini sebenarnya bisa ditarik benang merahnya dengan kabar yang sempat viral beberapa tahun lalu. Tepatnya ketika Garda Satwa Indonesia yang menuliskan posting-an mengenai Rektor Universitas Indonesia terkait pembersihan kucing dan anjing tanpa pemilik yang berada di UI Depok. Kebijakan ini pun menuai kecaman keras dari para netizen, khususnya para pecinta hewan.

[Baca Juga: Pejaten Shelter, “Surga” Kecil untuk Hewan Peliharaan yang Terlantar]

Komunitas ini juga mendorong agar kucing-kucing yang berada di sekitar area kampus tidak diusir oleh pihak FISIP UI. “Pihak fakultas punya concern terhadap keberadaan hewan yang dapat menganggu aspek kesehatan dan kebersihan. Namun (mereka) terbuka untuk dialog dan inisiatif dari komunitas.

Komunitas FISIP UI Peduli Hewan

Karena itulah selain memberi makan kucing-kucing yang ada di area FISIP UI Depok, komunitas ini juga melakukan sterilisasi dan membuka program adopsi. Langkah ini dilakukan guna untuk mencegah terjadinya over-population kucing-kucing yang ada di sana. Para anggota komunitas ini juga kerap mengobati kucing-kucing sakit atau yang terluka.

[Baca Juga: Tertarik Punya Bisnis Pet Shop? Ini Tips untuk Memulainya]

Untuk pendanaan, komunitas di UI Depok ini biasanya menggunakan sumbangan sukarela dari para anggota yang digunakan untuk membeli makanan serta berobat kucing-kucing. Selain itu, FISIP UI Peduli Hewan acap kali mengadakan kegiatan untuk penggalangan dana demi membantu “sahabat berkaki empat” mereka.

“Kita membuka kampanye di situs Kita Bisa, saat itu kita juga keliling minta sumbangan dana ketika acara FISIP Homecoming Day, lalu juga ada sumbangan dari para donatur. (Mereka) biasanya follower di Instagram, mahasiswa atau teman/keluarga dari para anggota komunitas kita,” tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kesehatan

Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

25 January 2020, 10:00

Sebagai bentuk tindakan preventif penyebaran coronavirus, Kemenkes menyiapkan 135 thermoscanner di seluruh pintu masuk Indonesia.

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

Berita Kawasan

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

24 January 2020, 18:00

Dari awal pendiriannya, Kinosaurus menyimpan visi tersendiri yang sudah tercatat di benak para pendirinya. Apa sajakah itu?

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

24 January 2020, 17:00

Fasilitas integrasi ini akan dilengkapi area komersial seperti restoran, kedai kopi, toilet, mushola, akses difabel berupa lift, dan akses eskalator untuk umum.

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya

24 January 2020, 16:00

Coronavirus dengan mudah menyerang saluran pernapasan yang menyebabkan beragam penyakit pernapasan.


Comments


Please Login to leave a comment.