PEJATEN_KAWASAN_MENILIK KOMUNITAS YANG MENJAGA KELESTARIAN SEPEDA TUA DI INDONESIA_1100 X 600 px_EMIL-01.jpg

Berita Kawasan

Menilik Komunitas Penjaga Kelestarian Sepeda Tua di Indonesia

Rasa cinta terhadap barang antik acap kali membuat Anda memiliki dorongan untuk menjaga kelestarian barang tersebut. Hal inilah yang terkadang menjadi “magnet” dan membuat Anda bertemu dengan sesama pecinta barang antik yang akhirnya mengarah kepada tergabungnya dalam komunitas. Tampaknya inilah gambaran singkat dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia yang memiliki kantor pusat di kawasan Cilandak Jakarta Selatan.

Komunitas Sepeda Tua Indonesia atau yang disingkat KOSTI sebenarnya berawal dari berbagai paguyuban yang tersebar di Indonesia yang memiliki satu passion yakni menjaga kelestarian sepeda tua. Dari mulai KOBA di Jakarta, PASKAS di Surabaya dan komunitas lainnya di berbagai daerah yang di mana pada umumnya para anggotanya terdiri dari para kolektor sepeda tua.

PEJATEN_KAWASAN_MENILIK KOMUNITAS YANG MENJAGA KELESTARIAN SEPEDA TUA DI INDONESIA_1100 X 600 px_EMIL-03.jpg

Sebagaimana penjelasan di kosti.ir.id, berdirinya KOSTI yang berkantor pusat di Cilandak Jakarta Selatan ini sebenarnya berakar di event Temu Onthleis Nasional di Yogyakarta pada 2007 yang memunculkan ide untuk membentuk komunitas yang menaungi semua penggemar sepeda tua di Nusantara. Setelah melalui proses yang terus berjalan, KOSTI pun akhirnya berdiri dan saat ini anggotanya diperkirakan telah mencapai jutaan orang.

Karena menjadi wadah bagi komunitas-komunitas pecinta sepeda tua yang tersebar di Nusantara, KOSTI acap kali terlibat dengan beragam event, baik di tingkat nasional hingga internasional. Seperti pada 2017 ketika KOSTI mengirimkan anggotanya untuk melakukan program lawatan ke komunitas pecinta sepeda tua di Rusia.

PEJATEN_KAWASAN_MENILIK KOMUNITAS YANG MENJAGA KELESTARIAN SEPEDA TUA DI INDONESIA_1100 X 600 px_EMIL-02.jpg

Selain itu di tingkat lokal, pada Maret 2018 silam, sekira 200 anggota KOSTI melakukan kegiatan gowes sepeda ontel dari titik nol kilometer Jalan Anyer-Panarukan, Serang menuju Bali. Jarak sekitar 1.500 kilometer itu mereka tempuh guna menyambut perhelatan kongres tahunan International Veteran Cycle Association atau IVCA di Bali pada awal April 2018 yang dihadiri oleh para pecinta sepeda tua dari Indonesia dan 50 negara sahabat.

Itulah sekilas mengenai komunitas yang terus melestarikan eksistensi dari sepeda tua yang ada di Indonesia. Bila Anda tertarik untuk melihat seluk beluk dari KOSTI, serta berbagai informasi mengenai sepeda tua, Anda bisa langsung mendatangi kantor pusat dari komunitas ini yang berlokasi di Jalan Jeruk Purut Raya No.16A, Jalan Letjen. TB. Simatupang, Cilandak Jakarta Selatan.

Read More

Artikel Lainnya

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

Berita Kawasan

Slank Akan Rayakan Ulang Tahun ke-36 di Padang Savana

15 November 2019, 21:00

Padang Savana Puru Kambera yang nantinya akan digunakan sebagai venue akan disulap layaknya festival woodstock.

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

Kuliner

Ramai Restoran AYCE, Ini yang Buat Hanamasa Eksis Sejak 1987

15 November 2019, 20:00

Hanamasa merupakan salah satu restoran All You Can Eat yang pertama hadir di Indonesia tapi masih bisa bertahan hingga sekarang.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

Berita Kawasan

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

15 November 2019, 19:00

Wisata di kota metropolitan identik dengan pusat perbelanjaan, restoran mewah, hotel atau teater canggih. Namun, bagaimana dengan wisata edukasi bermuatan budaya?

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

Pendidikan

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

15 November 2019, 18:00

Tangisan bayi memiliki arti yang berbeda-beda sesuai bunyinya, agar dapat memahaminya dengan baik dengan aplikasi ini.


Comments


Please Login to leave a comment.