Menilik Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Menilik Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya dilakukan umat muslim saja untuk berpuasa Ramadan, tapi juga hampir setiap orang bisa berpuasa. Puasa didefinisiakn sebagai pantangan dari semua atau beberapa makanan atau minuman dalam jangka waktu tertentu.

Secara umum, puasa dilakukan 24-72 jam. Di sisi lain, puasa intermiten melibatkan siklus antara periode makan dan puasa, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari sekaligus. Berpuasa juga telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

Menukil dari laman Ciputra Hospital (14/3/2019), berikut ini manfaat kesehatan dari puasa yang didukung hasil penelitian.

1. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menemukan puasa dapat memperbaiki kontrol gula darah. Hal ini sangat berguna bagi orang berisiko diabetes. Penelitian pada 10 penderita diabetes tipe dua menunjukan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

2. Melawan Proses Radang

Peradangan akut adalah proses imun normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi, sedangkan peradangan kronis dapat memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan. Penelitian menunjukan bahwa proses peradangan mungkin terlibat dalam berkembangnya kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan rheumatpid arthritis. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.

[Baca Juga: Ini Bahaya Meminum Kopi Saat Puasa dan Perut Kosong]

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah studi kecil mengungkapkan bahwa puasa delapan minggu secara bergantian hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida masing-masing sebesar 25 persen dan 32 persen.

Studi lain pada 110 orang dewasa yang gemuk menunjukan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta kadar trigliseda darah, kolesterol total dan LDL.

Selain itu, satu penelitian pada 4.629 orang menemukan kaitan antara puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang lebih rendah secara signifikan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Meskipun sebagain besar penelitian terbatas pada hewan, beberapa studi telah menemukan bahwa puasa dapat memiliki efek yang giat pada kesehatan otak. Sebuah studi pada tikus menunjukan bahwa penerapan puasa intermiten selama 11 bulan meningkatkan fungsi otak dan struktur otak. Penelitian pada hewan lain telah melaporkan bahwa puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel-sel syaraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

[Baca Juga: Apa itu Siwak dan Manfaatnya Bagi Kesegaran Napas Saat Berpuasa]

Oleh karena puasa juga dapat membantu meredakan peradangan, hal ini dapat membantu mencegah gangguan neurodegenerative. Secara khusus, penelitian pada hewan menunjukan bahwa puasa dapat melindungi dan memperbaiki beberapa kondisi penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson’s.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.